Polling Tandingan Pilkada Deliserdang 2024, Ketua DPRD: Mau Lebaran, Maaf-maafan Saja

Editor: AgioDeli.id author photo

Wakil Bupati Deliserdang HM Ali Yusuf Siregar (kiri) dan Ketua PPP Deliserdang Misnan Aljawi. FOTO: ISTIMEWA

AgioDeli.ID
Setelah muncul polling tentang siapa sosok paling berpengaruh di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Deliserdang 2024 di laman pollingkita.com, kini muncul pula polling tandingan di website suaradeliserdang.id.

Ada yang beda. Polling pertama yang diduga dibuat organisasi mahasiswa menampilkan 12 tokoh. Sementara polling di suaradeliserdang.id, yang disebut-sebut dioperatori internal pemerintah daerah setempat, menampilkan 13 tokoh.

Ke-12 tokoh di pollingkita.com adalah Mulyanta Sembiring, Siswo Adi Suwito, Hendra Cipta, Bayu Sumantri Agung, Misnan Aljawi, Rakhmadsyah, Mikhael TP Purba, Darwin Zein, Zakky Shahri, M Ali Yusuf Siregar, Tengku Ahmad Thala'a, dan Anita Lubis. 

Sedangkan 13 nama pada polling suaradeliserdang.id antara lain HM Ali Yusuf Siregar, Adlin Umar Yusri Tambunan, Darwin Zein, Citra Efendi Capah, Zakky Shahri, Bayu Sumantri Agung, Misnan Aljawi, T Ahmad Tala'a, Mikhael TP Purba, Thomas Darwin Sembiring, Anita Lubis, Sa'adah Lubis dan Mbelin Brahmana Sembiring.

Persamaan dari kedua polling tersebut terletak pada hasilnya. Hingga Sabtu (30/4/2022), pukul 15.05 WIB, kedua polling itu memunculkan nama Misnan Aljawi, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Deliserdang di urutan teratas.

Di pollingkita.com, dengan 2.050 responden, Misnan meraih suara 724 suara atau 35,3 persen, diikuti politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Rakhmadsyah dengan 404 suara (19,7 persen), HM Ali Yusuf Siregar yang notabene Wakil Bupati (Wabup) Deliserdang hanya menempati urutan ketiga dengan raihan 341 suara (16,6 persen).

Di posisi keempat, Mulyanta Sembiring, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Deliserdang dengan 149 suara (7,3 persen). Selanjutnya, politisi Partai Golkar Deliserdang Mikhael TP Purba 128 suara (6,2 persen).

Untuk posisi keenam, ada politisi Golkar Deliserdang lainnya, T Ahmad Thala'a 79 suara (3,9 persen), anggota Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Deliserdang, Bayu Sumantri Agung 70 suara (3,54 persen), Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Deliserdang, Darwin Zein hanya memperoleh 47 suara (2,3 persen).

Berikutnya, anggota DPRD Sumut dari daerah pemilihan Deliserdang, Hendra Cipta 45 suara (2,2 persen), Ketua DPRD Deliserdang yang juga politisi Partai Gerindra, Zakky Shahri 27 suara (1,3 persen), Ketua Demokrat Deliserdang yang juga anggota DPRD Sumut, Anita Lubis 20 suara (1 persen), dan terakhir atau posisi buncit diduduki anggota DPRD Deliserdang, Siswo Adi Suwito dengan 16 suara (0,8 persen).

Sementara itu, pada hasil polling tandingan di website suaradeliserdang.id, Misnan Aljawi kembali menjadi urutan pertama dengan 1.043 suara atau 30 persen.

Jumlah tersebut unggul jauh dari pesaing-pesaingnya, Wabup Deliserdang, HM Ali Yusuf Siregar hanya mampu menorehkan 756 suara atau 22 persen. Kemudian, Ketua DPRD Deliserdang Zakky Shahri menduduki posisi ketiga dengan 696 suara atau 20 persen, Sekda Darwin Zein 324 suara (9 persen), Asisten I Pemkab Deliserdang, Citra Efendi Capah 265 suara (8 persen), Mbelin Brahmana Sembiring 175 suara (5 persen).

Berikutnya, politikus PPP Deliserdang yang juga anggota DPRD Deliserdang Saadah Lubis mendapat 55 suara (2 persen), Bayu Sumantri Agung 42 suara (1 peresen), Adlin Umar Yusri Tambunan yang merupakan anak Bupati Deliserdang, Ashari Tambunan dan sekarang menjabat sebagai Wakil Bupati Serdangbedagai (Sergai), hanya mampu merengkuh 33 suara (1 persen).

Selanjutnya, Ahmad Tala'a 27 suara (1 persen), Anita Lubis 25 suara (1 persen), Mikhael TP Purba 24 suara (1 persen), Thomas Darwin Sembiring 24 suara (1 persen).

 

Wuih, Keren...

Ketua DPRD Deliserdang, Zakky Shahri yang dikonfirmasi via WhatsApp soal kemunculan namanya di dua polling tersebut masih enggan berkomentar.

"Gak usah dulu bicara itu kita. Mau lebaran, maaf-maafan," jawab Zakky.

Ketika dikirim tangkapan layar hasil polling tandingan dari website suaradeliserdang.id, Zakky seketika membalas. "Wuih, keren Pak Misnan. Memang pantas beliau mimpin Deliserdang untuk ke depannya," tulis Zakky dalam balasan pesan WhatsApp.

Sayang, nomor pribadi Wabup Deliserdang HM Ali Yusuf Siregar yang dua kali dihubungi secara langsung ternyata tak aktif. Upaya konfirmasi terus dilakukan dengan mencoba meminta bantuan ajudannya, Taufik.  Namun, hasilnya tetap nihil. Pesan permintaan konfirmasi tak digubris. Tidak ada balasan sama sekali.

Terpisah, Ketua DPC PPP Deliserdang yang juga Ketua Fraksi PPP DPRD Deliserdang, Misnan Aljawi mengaku tak mengetahui sama sekali siapa pembuat polling. Baik polling pertama, maupun kedua.

"Saya gak tahu ada muncul polling kedua, dan gak tahu siapa yang membuat polling itu. Saya tahunya dikirim salah seorang wartawan, yang mengatakan ada poliing baru. Dan nama saya juga masuk dalam polling itu," aku Misnan.

Bahkan, kandidat doktor dari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) ini menyarankan agar tak perlu pusing-pusing memikirkan polling tersebut. Terlebih, saat ini sudah jelang Idul Fitri.

"Ngapain buat polling baru lagi, buat pusing jelang lebaran. Saya gak ada menyebarkan ke mana-mana, saya serahkan ke masyarakat saja. Kalau masyarakat pilih saya, ya itu hak mereka. Tidak bisa dilarang. Kita gak ada minta ke masyarakat untuk divote nama saya. Terima kasih dan apresiasi kepada masyarakat yang telah memilih saya dalam polling itu," ungkapnya.

Jika memang hasil polling itu menempatkan dirinya di posisi teratas, bisa jadi masyarakat mempercayakannya untuk maju pada Pilkada Deliserdang 2024 mendatang.

Namun, Misnan menegaskan saat ini dirinya tidak memikirkan hal itu. Yang menjadi fokusnya adalah menaikan tingkat kepercayaan masyarakat kepada PPP, dengan begitu suara PPP di Deliserdang akan meningkat. (ari)

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com