Terpilih Lagi, Ijeck Pimpin IKA UISU 2022-2027, Pemerhati Sosial Sebut Mekanismenya Patut Dicontoh

Editor: AgioDeli.id author photo

IKA UISU
H. Musa Rajekshah

AgioDeli.ID
Aura intelektual sangat menonjol dalam Musyawarah Nasional (Munas) Ke-2 Ikatan Keluarga Alumni Universitas Islam Sumatera Utara (IKA UISU), Sabtu (03/12/2022), yang kembali mengamanatkan H. Musa Rajekshah, S.Sos., M.Hum sebagai Ketua IKA UISU Periode 2022-2027.

“Patut dicontoh. Mekanismenya sangat rapih, sehingga aura intelektual di arena Munas IKA UISU itu sangat menonjol,” ungkap pemerhati sosial, Idrus Djunaidi kepada wartawan di Medan, seusai penyelenggaraan Munas Ke-2 IKA UISU.

Idrus mengaku memiliki ketertarikan kuat untuk mengamati dari dekat pelaksanaan Munas IKA UISU yang berlangsung di Lantai 3 Gedung Auditorium Kampus UISU, Jalan SM Raja, Medan tersebut. Sebab, UISU sendiri merupakan universitas tertua di luar Pulau Jawa yang selama puluhan tahun menjadi kebanggaan warga Sumatera Utara.

“Terlepas dari keikutsertaan sejumlah tokoh, saya sangat tertarik mengamati dari dekat penyelenggaraan munas tersebut. Jujur, bagi saya, kesempatan melihat langsung dari dekat mekanisme Munas IKA UISU merupakan sesuatu. UISU merupakan pondasi dalam penciptaan kaum intelektual di Sumatera Utara ini, khususnya intelektual Islam,” beber sosok yang juga dikenal sebagai jurnalis senior pertelevisian ini.

Mekanisme pemilihan Ketua IKA UISU Periode 2022-2027 dalam munas kali ini dipimpin oleh Ade Rosda, S.E. selaku Ketua Steering Committee (SC/Panitia Acara). Pengakuan terhadap penyelenggaraan munas ini ditunjukkan Ketua Umum Pengurus Yayasan UISU, Prof. Ismet Danial Nasution, drg, PhD, Sp.Pros(K), FICD; Ketua Pembina Yayasan UISU, T. Hamdy Oesman Delikhan Al Hajj; dan Rektor UISU, Dr. H. Yanhar Jamaluddin, M.A.P. dengan kehadiran langsung dalam acara pembukaan.

“Setelah membuka acara munas, pihak Yayasan UISU maupun Rektorat langsung meninggalkan arena. Itu menunjukkan netralitas mereka. Mereka menyerahkan sepenuhnya pemilihan Ketua IKA UISU melalui mekanisme yang sudah disusun SC sesuai dengan statuta IKA UISU,” tamah Idrus.

Akhirnya, Musa Rajekshah terpilih kembali sebagai Ketua IKA UISU Periode 2022-2027. Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) yang akrab disapa Ijeck ini sebelumnya telah mengakhiri masa jabatannya sebagai Ketua IKA UISU Periode 2017-2022.

Pada acara penutupan, Ketua Pembina Yayasan UISU, Tengku Oesman Delikhan Al Haj gelar Raja Muda Deli dan Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, M.A.P. kembali menunjukkan pengakuannya atas penyelenggaraan munas dengan memberi ucapan selamat kepada Ketua IKA UISU terpilih, H. Musa Rajekshah.

“Jika saja organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan dapat menjadikan Munas Ke-2 IKA UISU ini sebagai patron penyelenggaraan musyawarah, saya kira akan menjadi pola pendidikan yang positif bagi generasi muda ke depan,” tukas Idrus.

Meski begitu, sosok yang juga aktif di berbagai organisasi ini tak menampik adanya riak yang mewarnai perjalanan awal Munas Ke-2 IKA UISU. Dia melihat masih ada segelintir intelektual jebolan UISU yang ternyata tidak memahami tata cara penyelenggaraan pemilihan.

“Yang mereka langgar tata tertib. Padahal itu standar yang harus dipenuhi agar mereka bisa mendapatkan haknya untuk memilih dan dipilih. Mereka tidak paham bagaimana agar mandat yang mereka bawa diakui legalitasnya oleh SC!” seru Idrus.

Idrus mendengar, panitia menolak mandat yang dibawa segelintir orang untuk mendaftarkan diri sebagai peserta munas. Ditolak lantaran mandat tersebut tidak sesuai dengan tata tertib yang telah ditetapkan panitia. Mandat itu ditandatangani ketua dan wakil sekretaris. Harusnya, ketua dan sekretaris.

 “Harusnya kan diteken ketua dan sekretaris dari IKA fakultas mana mereka diutus. Saya dengar, yang neken ketua dan wakil sekretaris. Panitia menolak, sebab mereka tidak bisa memperkuat dalil mengapa itu terjadi. Terlebih, sekretarisnya ada di arena munas,” sebut Idrus.

Rasa bangga menjadi bagian dari penyelenggaraan Munas Ke-2 IKA UISU ditunjukkan Ketua IKA Fakultas Pendidikan Agama Islam (PAI) UISU, Drs. H. Yulizar Parlagutan Lubis. Secara terpisah, juga seusai munas, dia berharap kualitas tata cara penyelenggaraan munas IKA UISU bisa terus dipertahankan di masa-masa mendatang.

"Harapan kami sebagai alumni UISU semoga sinergitas antara alumni dengan pihak kampus terus terjalin dengan baik. Kepemimpinan Ketua Ijeck selama ini sudah menunjukkan program yang baik. Perluasan kepengurusan daerah, kekompakan, keharmonisan, kerjasama dengan yayasan, rektorat, fakultas. Semoga sinergitas ini lebih kuat ke depannya," pungkas Yulizar. (indra)

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com