Ketua KNPI Langkat Rizky Yunanda Sitepu: Gerakan Pemajuan Kebudayaan adalah Bingkai Perekat NKRI

Editor: AgioDeli.id author photo

Ketua KNPI Langkat Rizky Yunanda Sitepu
Budayawan Tengku Zainuddin (kiri) dan Ketua KNPI Langkat Rizky Yunanda Sitepu dalam sebuah diskusi di Desa Sei Limbat, Kecamatan Selesai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Selasa, 7 Februari 2023. Di kesempatan ini, Rizky mengutarakan keinginannya membangun gerakan pemajuan kebudayaan yang melibatkan KNPI sebagai perekat NKRI. FOTO: AgioDeli.ID/Donny 

AgioDeli.ID –
Kebudayaan perekat NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Ketua KNPI Langkat Rizky Yunanda Sitepu pun meyakini pemajuan kebudayaan menjadi sangat penting dilakukan semua elemen.

“Tak sekadar wadah bagi pemuda berkreasi, KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) memiliki fungsi pokok sebagai perekat NKRI. Untuk itu, kita memilih pemajuan kebudayaan sebagai karya dalam bingkai NKRI,” ujar Ketua KNPI Langkat Rizky Yunanda Sitepu dalam perbincangan Selasa, 7 Februari 2023.

Agar on the track sebagai perekat NKRI, Ketua KNPI Langkat Rizky Yunanda Sitepu menggandeng kalangan aktivis kebudayaan dalam menggagas dan merancang gerakan pemajuan kebudayaan di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

“Kita bersyukur niatan membangun gerakan pemajuan kebudayaan mendapat respons aktivis kebudayaan,” sebut politisi muda Partai Golkar ini, seusai berdiskusi dengan Budayawan Tengku Zainuddin di Desa Sei Limbat, Kecamatan Selesai, Kabupaten Langkat.

Saat ini, Rizky juga menjabat Wakil Walikota Binjai. Namun, dia berharap bisa mengukir karya fundamental di tanah kelahirannya, Desa Sei Limbat.

Dia bahkan menginginkan action cepat. Karenanya, dia meminta kesediaan Tengku Zainuddin memimpin riset di Desa Sei Limbat dan menyertakan seluruh fungsionaris maupun member KNPI di Kecamatan Selesai untuk membantu.

Di kesempatan sama, Tengku Zainuddin mengutarakan dirinya sangat respect dengan sosok muda yang paham bahwa perencanaan pembangunan harus berlandaskan kajian budaya.

“Meski masih tergolong sangat muda, harus diakui Ketua KNPI Langkat ini memahami betul amanat Undang-Undang Nomor 5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan,” ungkap Budayawan yang akrab disapa Tengku ini.

“Dia paham, rencana pembangunan harus dilandasi kajian kebudayaan agar mencapai hasil yang tepat sasaran dan berkeadilan,” tambahnya.

Tengku pun menghormati keinginan Rizky untuk memulai pencanangan karya fundamental dari tanah kelahirannya.

“Dia ingin Desa Sei Limbat mengorbit secara nasional, setidaknya lebih dulu di lingkup Sumatera Utara. Dalam diskusi tadi, Rizky juga berjanji akan melibatkan Delia, kakaknya. Ini amat bagus. Semakin banyak yang berpartisipasi, maka semakin banyak potensi yang bisa diberdayakan,” tukas Tengku.

Diketahui, Rizky memiliki seorang kakak perempuan yang saat ini duduk di Fraksi Partai Golkar DPR RI. Dia adalah Delia Pratiwi Br Sitepu, S.H.

Tentang Desa Sei Limbat, Tengku mengatakan salah satu desa di Langkat Hulu yang memiliki potensi menjadi desa kebudayaan.

“Dalam riset nanti, lebih dulu akan diinventarisir objek pemajuan kebudayaan (OPK) untuk dapat menemukan potensi-potensi kebudayaan bersifat unggul di Desa Sei Limbat,” jelas Tengku.

Untuk mengakselerasi gerakan pemajuan kebudayaan ini, Tengku mengaku akan menyerahkan sepenuhnya komunikasi dengan para pihak kepada KNPI Langkat.

“Tugas saya melakukan riset. Tentu ini harus dijaga agar memenuhi standar, sebagaimana pokok-pokok pikiran kebudayaan daerah,” pungkasnya.

Mengingat Rizky memiliki pengharapan gerakan ini segera berjalan, Tengku mengatakan telah menyusun kerangka dasar.

Cita-cita Ketua KNPI Langkat Rizky Yunanda Sitepu dalam upaya pemajuan kebudayaan, menurut Tengku nantinya akan terimplementasi dalam bentuk produk yang mampu menjadi perekat NKRI. (donny)

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com