Nikmati Destinasi Uji Nyali di Desa Buluh Duri Sergai

Editor: AgioDeli.id author photo

Arung Jeram Sungai Bahbolon
Track Arung Jeram Sungai Bahbolon, Desa Buluh Duri, Kecamatan Sipispis, Kabupaten Sergai, Sumatera Uatara. Destinasi uji nyali ini menjadikan Desa Buluh Duri masuk 50 Desa Wisata Terbaik versi ADWI Kemenparekraf RI.

AgioDeli.ID –
Desa Buluh Duri, Sergai, kini menghiasi catatan di laman kemenparekraf.go.id. Ada destinasi uji nyali di sini!

Desa Buluh Duri masuk daftar 50 besar desa wisata oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatir (Kemenparekraf).

Bahkan, lantaran destinasi uji nyali yang dimilikinya, Desa Buluh Duri pun menyabet Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Mengapa disebut destinasi uji nyali?

Yap, disebut destinasi uji nyali lantaran adrenalin dipastikan terpompa hebat saat mencoba menikmatinya.

Desa Buluh Duri masuk wilayah administratif Kecamatan Sipispis, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara.

Arung Jeram Sipispis


Selain Desa Buluh Duri, terdapat 19 desa lainnya di Sipispis. Kesemuanya adalah Desa Naga Raja, Nagur Pane, Marubun, Mariah Nagur, Marjanji, Rimbun, Tinokkah, Pispis, Baja Dolok, Sibarau, Silau Padang, Simalas, Parlambean, Damak Urat, Serba Nanti, Gunung Sitolu, Bartong, Gunung Pane, dan juga Desa Sipispis.

Wilayah Kecamatan Sipispis cukup luas dan jumlah penduduknya terbilang sangat banyak. Daerah ini mayoritas dihuni Etnis Simalungun, serta beberapa etnis lain seperti Jawa dan Batak Toba.

Pada periode seleksi desa wisata se-Indonesia, Kemenparekraf menjadikan Desa Buluh Duri di Kecamatan Sipispis sebagai salah satu dari 3.500 desa yang akan dinilai potensinya.

Laman kemenparekraf.go.id mendefenisikan Desa Buluh Duri sebagai desa berdayatarik wisata. Ini lantaran alur Sungai Bahbolon-nya yang menyajikan track rafting (arung) jeram.



Indah di pandang mata, namun butuh adrenalin tinggi untuk mampu menikmati langsungtrack rafting di Sungai Bahbolon.

Karena itu, Track Rafting Sungai Bahbolon tercatat sebagai salah satu track alam paling menantang bagi atlet-atlet rafting.

Keindahan menakjubkan di alur Sungai Bahbolon akan terekspose bila wisatawan berani mengarunginya.

Meski dipastikan bikin berdebar, namun track rafting Sungai Bahbolon cukup aman. Untuk wisatawan, tersedia peralatan rafting berstandar internasional dan pemandu yang expert.

Ditetapkannya Desa Buluh Duri sebagai salah satu dari 50 Desa Wisata Terbaik se-Indonesia dalam ajang ADWI 2022, menjadi momen istimewa bagi masyarakat Sergai, terkhusus masyarakat setempat.

Betapa tidak, penyerahan tanda pengakuan terhdap Desa Buluh Duri sebagai satu dari 50 desa wisata terbaik pada Kamis, 23 Juni 2022, dilakukan Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno langsung di lokasi wisata alam Sungai Bahbolon.

ADWI 2022 diterima Bupati H. Darma Wijaya dan Wakil Bupati H. Adlin Umar Yusri Tambunan, S.T., M.SP.



Bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sergai, ADWI 2022 merupakan wujud pengakuan luar biasa dari Pemerintah Pusat atas program “Wisata Maju Terus” yang dicanangkan.

Akhirnya, pada perhelatan ADWI 2022 di Jakarta, 30 Oktober 2022, Desa Buluh Duri menyabet predikat Juara Desa Wisata Terfavorit.

Wabup Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan yang hadir langsung dalam acara tersebut menyampaikan rasa bangganya.

Dia menjelaskan, predikat prestisius ini merupakan kali kdua yang diraih Desa Wisata Buluh Duri dalam kompetisi ADWI.

“Tahun 2021, Desa Buluh Duri masuk 300 besar. Lalu, di edisi 2022, berhasil menembus 50 terbaik nasional. Bahkan, dapat penghargaan di 2 kategori, yakni menjadi Juara Desa Wisata Terfavorit serta Runner-Up Desa Wisata Kategori Digital dan Kreatif,” ungkapnya.

“Ini menjadi motivasi bagi seluruh pihak terkait untuk semakin berbenah dan meningkatkan kualitas desa wisata ini,” tambahnya, sumringah.

Momen ini menurutnya suatu kehormatan bagi Kabupaten Sergai. Ia meyakini, Desa Buluh Duri dengan destinasi Arung Jeram Bahbolon-nya akan semakin baik lagi ke depan.

Perlahan, sebutnya, infrastruktur pendukung akan terus dibenahi. Sarana prasarana serta SDM mumpuni juga akan dipenuhi.

“Sebuah kebanggan tentunya bagi kita semua, khususnya masyarakat Sergai atas capaian ini. Keindahan alam Desa Buluh Duri saat melakukan arung jeram memang layak diacungi jempol,” ungkapnya.

“Satu per satu sudah kami benahi. Terkhusus untuk tahun ini sudah dibuat perda tentang pengembangan pariwisata yang khusus berbicara tentang sarana transportasi ke objek-objek wisata di Sergai,” sebutnya pula.

Tak lupa Adlin Tambunan juga mengucapkan terima kasih kepada Menparekraf dan jajaran. Terkhusus juga lagi seluruh lapisan masyarakat Sergai, yang sudah mendukung penuh wisata alam arung jeram atau rafting Bahbolon di Desa Buluh Duri.

“Luar biasa dukungan yang diberikan oleh publik. Tercatat ada sebanyak 140.547 vote yang didapat Desa Wisata Buluh Duri hingga menjadikannya paling favorit dalam ajang ADWI 2022,” paparnya.

Ia berharap, apa yang telah diraih dapat dipertahankan, bahkan ditingkatkan. “Sehingga, visi Maju Terus: Mandiri, Sejahtera, dan Religius, pada akhirnya bisa terwujud,” tandasnya.



Selain arung jeram, Desa Buluh Duri juga menyuguhkan keindahan panorama alam kepada para pengunjung. Salah satunya adalah Air Terjun Bahgula yang tingginya hampir 25 meter, dinding batu berlumut setinggi hampir 30 meter yang tak ubahnya green canyon, serta magic wall berupa dinding batu besar yang menjulang tinggi dan membentuk ukiran alami dari tetesan air.

Kemudian ada Batu Boru Manjile yang menjadi situs sejarah di aliran Sungai Bah Bolon. Situs ini merupakan peninggalan Kerajaan Bajalingge, persis berada di bibir sungai.

Ada juga batu katak yang bentuknya menyerupai katak.

Sungai Bah Bolon juga memiliki karakteristik berupa bebatuan dangkal dengan grade 2-3 sepanjang 16 kilometer, serta memiliki jeram yang cukup banyak.

Karena itu, wisata jeram di Sungai Bah Bolon aman untuk dinikmati, termasuk bagi pecinta rafting pemula.

Pemkab Sergai berharap, destinasi alami di Sungai Bahbolon ini nantinya bisa melahirkan atlet-atlet rafting potensial di Tanah Bertuah Negeri Beradat.

Begitulah, betapa wahana arung jeram alami di Sungai Bahbolon ternyata tidak hanya sekadar destinasi uji nyali. Tetapi, destinasi yang mampu mengharumkan nama Kabupaten Sergai di kancah nasional, bahkan mungkin suatu saat di kancah internasional. ***

 

Pengolahan data dan penyajian informasi ini merupakan hasil kerjasama AgioDeli.ID dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Serdang Bedagai, penulis: Sari Mahdini.

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com