Yuk Melancong ke Sergai! Nikmati Arung Jeram, Destinasi Religi dan Ragam Wisata Bahari

Editor: AgioDeli.id author photo

Destinasi Wisata Bahari
Pulau Berhala, salah satu pulau terluar di Indonesia, kini menjadi destinasi wisata bahari unggulan di Kabupaten Sergai.

AgioDeli.ID
Ada track arung jeram skala nasional, ada juga destinasi religi dan ragam wisata bahari. Yuk melancong ke Sergai!

Sergai merupakan singkatan dari Serdang Bedagai, sebuah kabupaten di Sumatera Utara. Arung jeram, destinasi religi dan wisata bahari merupakan daya tarik kabupaten hasil pemekaran Deliserdang ini.

Kabupaten Sergai mekar dari Deliserdang berdasarkan UU RI Nomor 36/2003, tanggal 18 Desember 2003, tentang Pembentukan Kabupaten Samosir dan Kabupaten Serdang Bedagai pada masa pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri.

Kabupaten berjuluk Tanah Bertuah Negeri Beradat ini beribukotakan Sei Rampah. Pusat pemerintahannya mudah diakses, lantaran berada di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum).

Pantai Cermin dan Pantai Sialang Buah, merupakan destinasi wisata bahari yang sudah tak asing bagi warga Sumatera Utara dan beberapa provinsi tetangga.

Belakangan, Pulau Berhala yang merupakan salah satu pulau terluar Indonesia, menjadi destinasi skala nasional dari kekayaan bahari Kabupaten Sergai.

Masjid Agung Sergai
Miniatur Ka'bah di Kompleks Masjid Agung Sergai.


Sergai juga memiliki sejumlah destinasi wisata religi. Sebut saja miniatur Ka’bah di Kompleks Masjid Agung Sergai. Ada juga Pura Bali.

Untuk kuliner ada Kampung Tahu. Letaknya di Desa Dolok Manampang, Kecamatan Dolok Masihul.

Desa ini merupakan sentra produksi beragam panganan berbahan dasar tahu.

Wisata kuliner lainnya terdapat di Desa Pasar Bengkel, Kecamatan Perbaungan. Ini merupakan sentra kerajinan makanan maupun kerajinan produk-produk berbahan alam.

Di Desa Pasar Bengkel ini lah oleh-oleh khas Sergai bisa didapat. Salah satunya, dodol dengan berbagai varian rasa.

Tak hanya dodol, beragam cemilan seperti keripik maupun kerupuk bisa dibeli. Juga beragam hasil kerajinan tangan yang menarik dan sangat pantas dijadikan oleh-oleh.

Wisata Religi Sergai
Pura Bali di Pegajahan, Kabupaten Sergai.


Sergai juga punya destinasi wisata alam. Levelnya bahkan internasional. Yakni, Air Terjun Sampuran Widuri di Kecamatan Dolok Mewaran dan track arung jeram Sungai Bah Bolon di Desa Buluh Duri, Kecamatan Sipispis.

Destinasi olahraga air yang menguji adrenalin ini disbut Ancol Arung Jeram. Destinasi ini dilengkapi pemandian alam Batu Nongol.

Terbaru! Ada wisata “Kuala Bali Farm” di Desa Kuala Bali, Kecamatan Serbajadi. Tempat ini dijuluki agrowisata bernuansa alam yang baru diresmikan Bupati Darma Wijaya pada Oktober 2022 lalu.

Agrowisata ini menyediakan beragam buah populer, seperti durian berbagai varian, alpukat, manggis, kelapa pandan wangi, rambutan, jambu, dan masih banyak lagi.

Tak hanya berbagai macam buah-buahan, berbagai wahana permainan juga tersedia. Ada track ATV (all terrain vehicle), kolam renang keluarga, serta naik odong-odong untuk keliling arena agro.

Di tempat itu juga tersedia fasilitas karaoke keluarga dan fasilitas belajar berternak ikan gurame.

Di lokasi ini, pengunjung bisa menikmati kuliner nusantara di Resto Kwala Bali Farm.

Hmm, bisa dibayangkan, seru sekali pastinya!

Pulau Berhala di Sergai
Menara pantau di Pulau Berhala, Sergai. 


Fakta yang tak dapat dipungkiri hingga saat ini, destinasi wisata bahari masih menjadi primadona di Kabupaten Sergai.

Cukup objek pantai populer di Sergai yang kerap dikunjungi wisatawan lokal maupun dari luar.

Tak hanya ramai di hari libur nasional, di hari-hari biasa pun pantai-pantai Sergai kerap menjadi tujuan wisatawan.

 

Ragam Wisata Pantai

Adapun beragam destinasi wisata pantai yang dimiliki Kabupaten Sergai antara lain Pantai Pondok Permai, Wong Rame, Bali Lestari, Pantai Cermin Thame Park, Kuala Putri, Sri Mersing dan Gudang Garam. Keseluruhannya berlokasi di Kecamatan Pantai Cermin.

Kemudian, ada pula Pantai Matang Matik, Nipah, Romatis, Cemara Kembar, Mangrove, dan Pantai Klang di Kecamatan Perbaungan.

Pantai Sialang Buah dan Sentang di Kecamatan Teluk Mengkudu, serta Pantai Merdeka di Kecamatan Tanjung Beringin.

Pantai Sri Mersing
Pantai Sri Mersing, Sergai.


Pemkab Sergai terus berkonsentrasi dalam mengembangkan pariwisata daerah. Memberi perhatian untuk mewujudkan “Wisata Maju Terus” betul-betul intensif dilakukan.

Upaya tersebut membuahkan hasil manis, terbukti Desa Buluh Duri di Kecamatan Sipispis meraih penghargaan dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Bukan “kaleng-kaleng”, ADWI merupakan label anugerah dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Kemenparekraf pada akhir Oktober 2022 lalu menyematkan dua kategori ADWI bagi Sergai. Pertama sebagai juara Desa Wisata Terfavorit, serta yang kedua lantaran menjadi Runner-Up Desa Wisata Kategori Digital dan Kreatif.

“Kabupaten Sergai juga terkenal dengan keberagaman daya tarik dan potensi wisata, yang jika dikembangkan menyeluruh dan terpadu akan menjadi aset. Mampu menarik kunjungan para pelancong,” kata Bupati Darma Wijaya saat meresmikan Kuala Bali Farm, Oktober 2022 lalu.

Oleh-oleh khas Sergai
Produk kerajinan tangan tradisional di Sergai.


Pengembangan industri pariwisata dengan tagline “Wisata Maju Terus” merupakan bagian dari SAPDA (Sapta Dambaan). SAPDA sendiri merupakan program unggulan yang dicanangkan Bupati Darma Wijaya dan Wakil Bupati Adlin Umar Yusri Tambunan.

Pemkab Sergai berupaya maksimal mengembangkan seluruh potensi wisata, baik itu bahari, budaya, religi, desa wisata, dan juga agrowisata.

Jika ingin mendatangkan banyak wisatawan, pesan Bupati Darma Wijaya, maka potensi-potensi yang ada perlu lebih dimaksimalkan dan dikemas lebih baik lagi.

Selain itu, seluruh elemen di Sergai harus mampu menanamkan citra baik daerah. Harapannya, seluruh wisatawan mendapatkan kesan baik dan membuatnya ingin kembali berwisata di Sergai.

“ Jika pariwisata dan perekonomian bisa seiring sejalan, tentu akan berdampak pada perekonomian. Sektor pariwisata juga sebagai penggerak ekonomi harus tetap mengedepankan kearifan lokal yang pada akhirnya mampu mendorong pembangunan daerah dan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Bupati.

Bupati yang santai dengan sapaan Bang Wiwiek ini menyimpulkan destinasi wisata di Sergai dengan tiga kata: terbaik, terbaru, kekinian.

Jadi tunggu apalagi, yuk ramai-ramai berwisata ke Sergai! ***

 

Pengolahan data dan penyajian informasi ini merupakan hasil kerjasama AgioDeli.ID dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Serdang Bedagai, penulis: Sari Mahdini.

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com