Bupati Deli Serdang: Nuzulul Qur'an Peristiwa Penting, Babak Baru Sejarah Peradaban Manusia

Editor: Redaksi AgioDeli.id author photo
nuzulul quran


AgioDeli - Nuzulul Qur’an merupakan peristiwa sangat penting bagi umat Muslim, yang menandai sebuah babak baru dalam sejarah peradaban manusia.

Peristiwa bagi orang-orang bertakwa yang mendapatkan hidayah, petunjuk untuk keluar dari zaman gelap gulita menuju zaman terang benderang.

"Sejak turunnya pertama kali, Al Qur’an menjadi inspirasi, pedoman mulia yang membawa kepada kemajuan kehidupan manusia di seluruh dunia," kata Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan dalam pidatonya pada Peringatan Nuzulul Qur'an 1444 Hijriyah Kabupaten Deli Serdang di halaman Masjid Raya Syuhada, Lingkungan II, Kelurahan Galang Kota, Kecamatan Galang, Jumat (7/4/2023).

Melalui Peringatan Nuzulul Qur'an yang mengangkat tema, "Jadikan Nuzulul Qur'an Sebagai Momentum untuk Membangun Generasi Yang Cinta Al Qur'an dan Mewujudkan Deli Serdang yang Maju, Sejahtera, Religius dan Rukun Dalam Kebhinekaan" tersebut, Bupati mengajak seluruh masyarakat, khususnya umat Islam untuk selalu melaksanakan perintah Allah sesuai dengan Al Qur’an demi kemajuan umat, masyarakat dan bangsa yang harus terus dibangun dengan mengembangkan ilmu pengetahuan dan memperkuat budaya membaca. Sehingga nantinya akan melahirkan generasi yang cinta dengan Al Qur’an.

Maka dari itu, Peringatan Nuzulul Qur’an tersebut harus benar-benar dimaknai sebagai peningkatan kualitas iman kepada Allah SWT dan menjadi bentuk ketakwaan serta wujud kecintaan dalam beribadah terutama di bulan suci Ramadan.

"Semoga melalui kegiatan-kegiatan keagamaan seperti ini semakin menjadikan kita sebagai insan yang bertakwa. Mari, bersama-sama membuktikan kita benar-benar mengemban perintah Allah SWT dengan semakin meningkatkan ibadah yang berdasarkan Al Qur’an, sehingga tercipta kemaslahatan, kedamaian dan kemajuan di antara kita semua," ungkap Bupati.

Penyelenggaraan Nuzulul Qur'an Kabupaten Deli Serdang di Kecamatan Galang, menurut Bupati, didasari beberapa pertimbangan, antara lain karena memahami masyarakat Galang dikenal sebagai masyarakat yang Islami dan Qur'ani.

Masjid Syuhada yang menjadi lokasi penyelenggaraan Nuzulul Qur'an, sambung Bupati, juga bukan hanya menjadi ikon Kecamatan Galang, tapi juga Kabupaten Deli Serdang. Mengingat, lokasi Kecamatan Galang yang berbatasan dengan kabupaten lainnya. 

"Kita berharap, setiap orang yang masuk ke Deli Serdang dari manapun akan menemukan lambang Islami, yaitu masjid di Galang, masjid di Kota Lubuk Pakam dan nantinya akan dibangun masjid-masjid lain," harap Bupati.

Di kesempatan yang sama, tokoh masyarakat Galang yang juga Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Galang, H Ramlan SPdI menyampaikan apresiasinya kepada Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan, atas dipilihnya Masjid Syuhada, Kecamatan Galang, sebagai lokasi pelaksanaan Nuzulul Qur'an Kabupaten Deli Serdang, pada Ramadan 1444 Hijriyah tahun ini.

"Masjid ini merupakan amanah Pak Bupati kepada masyarakat Galang, tentunya kami di sini mempunyai tanggungjawab moral secara Islami. InsyaAllah, masjid yang telah dibangun Pemkab Deli Serdang ini akan kami jaga, merawatnya dan memakmurkannya," ucapnya. 

Acara tersebut ditutup dengan tausyiah yang disampaikan Ustadz M Ali Hasibuan MPdI yang menceritakan tentang mencontoh sifat dan akhlak Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari dan salat Maghrib berjamaah. 

Hadir pula di acara itu, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Deli Serdang, Ny Hj Yunita Ashari Tambunan; Wakil Ketua TP PKK Deli Serdang, Ny Hj Sri Pepeni Yusuf Siregar; Dandim 0204/DS, Letkol Czi Yoga Febrianto SH MSi; anggota DPRD Deli Serdang, Dra Hj. Wastianna Harahap; Kasubsi Intelijen Kejari Deli Serdang, Eddy Sanjaya SH MH; Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Deli Serdang, H Timur Tumanggor Ssos MAP; para staf ahli, asisten, pimpinan organisasi perangkat daerah; camat se-Deli Serdang, Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Deli Serdang, H Waluyo; Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Deli Serdang, H Surya Putra; Penceramah, Ustadz M Ali Hasibuan MPdi, Camat Galang, M Faisal Nasution SSTP MAP beserta Muspika; kepala desa/lurah se-Kecamatan Galang, pimpinan organisasi kemasyarakatan (Ormas) Islam, dan lainnya.(AMAL)

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com