Gebyar Pendidikan Kota Medan 2023, Ribuan Pelajar Unjuk Kreativitas

Editor: AgioDeli.id author photo

Gebyar Pendidikan Kota Medan 2023, Minggu, 30 Juli 2023 di Lapangan Benteng, Medan, Sumatera Utara. Ribuan pelajar unjuk kreativitas untuk transformasi pengetahuan. Foto: Dinas Kominfo Kota Medan

AgioDeli.ID
Ribuan siswa PAUD/TK, SD dan SMP dari seluruh kecamatan di Kota Medan, Sumatera Utara, tampil memeriahkan Gebyar Pendidikan 2023, Minggu, 30 Juli 2023.

Pemerintah Kota (Pemko) Medan menggelar Gebyar Pendidikan 2023 di Lapangan Benteng. Siswa-siswa yang menjadi pengisi kegiatan mempertunjukkan keterampilan dan kreativitas.

Kegiatan yang berlangsung seharian ini dibuka oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution, diwakili Aspem Muhammad Sofyan. Hadir Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan Laksamana Putra Siregar, Unsur Forkopimda Kota Medan dan segenap Pimpinan Perangkat Daerah di lingkungan Pemko Medan serta stakeholder pendidikan.

Gebyar Pendidikan ini diawali dengan penampilan Atraksi marching band dan Parade Busana daerah yang dibawakan oleh Pelajar SD dan SMP. Selanjutnya, siswa PAUD/TK menampilkan keahliannya dalam bermain alat musik angklung, sedikitnya 200 siswa ikut memainkan alat musik tersebut.

Selanjutnya Gebyar Pendidikan 2023 juga disemarakkan dengan Tarian Kolosal Multietnis yang dibawakan 3.150 pelajar PAUD/TK SD dan SMP se-Kota Medan. Selain itu, penampilan Panduan Suara binaan Ketua TP PKK Kota Medan Ny Kahiyang Ayu Bobby Nasution juga ikut meriahkan.

Wali Kota Medan Bobby Nasution dalam sambutan yang dibacakan Aspem mengatakan pendidikan yang baik merupakan kata kunci dalam membangun sebuah bangsa, termasuk untuk membangun Indonesia.

Oleh karena itu, lanjut dia, komitmen seluruh pihak harus mampu digerakkan untuk bisa bersama-sama berjuang memajukan pendidikan di tanah air.

"Kreativitas dan inovasi dalam proses belajar mengajar para guru sangat menentukan dalam keberhasilan mereka melakukan transfer ilmu pengetahuan dan teknologi kepada siswa," jelasnya.

Menurut Aspem, Gebyar Pendidikan ini dapat digelar berkesinambungan guna memperoleh gambaran menyeluruh tentang beragam kondisi di lapangan dan meningkatkan keterampilan dan kreativitas pelajar.

"Kondisi riil di lapangan tidak bisa didapatkan secara instan tanpa adanya acara seperti Gebyar Pendidikan. Selain itu masukkan dari masyarakat terkait kegiatan ini juga menjadi sumber informasi bagi Pemko Medan untuk senantiasa berinovasi dan menciptakan perubahan demi kemajuan kota Medan dari Sektor Pendidikan," sebutnya.

Aspem menambahkan, Wali Kota Medan Bobby Nasution sampai saat ini telah banyak memberikan bantuan kepada masyarakat melalui Dinas Pendidikan, seperti pemberian bantuan yang bertujuan untuk kesejahteraan guru, kemudian beasiswa bagi pelajar miskin di tingkat SD dan SMP, serta bantuan perlengkapan sekolah berupa komputer.

"Pak Bobby Nasution juga memberikan bantuan seragam sekolah untuk pelajar miskin, bantuan sepatu untuk guru, bantuin buku gambar untuk PAUD dan bantuan mobiler berupa peralatan meja kursi untuk sekolah. Keseluruhan bantuan ini diberikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Medan," ungkapnya.

Sementara itu Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan Laksamana Putra Siregar mengungkapkan, Gebyar Pendidikan pertama kali digelar pada 2022 lalu.

“Karena antusiasme peserta didik sangat tinggi, maka di tahun 2023 ini kita gelar kembali. Even ini bisa menjadi sarana mengeksplorasi kreativitas, baik itu peserta didik, guru, kepala sekolah maupun stakeholder pendidikan,” pungkasnya. (*)

 

Penulis: Donny

Editor: Indra Gunawan

Email: indragunawanku@gmail.com

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com