Pakar Ekonomi Siasati Peningkatan Bisnis WBP Bersama Bank Sumut

Editor: Donny author photo

Pameran hasil kerajnan Warga Binaan Permasyarakan Rutan Klas I Tanjung Gusta

AgioDeli.id
- Dalam meningkatkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), diperlukan dukungan dari perbankan. Agar geliat perekonomian semakin tumbuh dan berkembang. 

Salah satu peran perbankan untuk meningkatkan pertumbuhan perekonomian UMKM adalah dengan dukungan pemasaran di Media Sosial, diketahui bahwa saat ini dunia digital dapat membantu peran positif pemasaran Produk UMKM. 

Pemimpin Divisi Ritel Bank Sumut Erwin Zaini mengatakan peran UMKM sangat membantu pertumbuhan perekonomian, sehingga Bank Sumut telah menyiapkan program pembiayaan untuk para pelaku UMKM. 

"Bank Sumut menggandeng pelaku UMKM untuk medorong peningkatan  perekonomian seperti kerajinan di Warga Pembinaan Permasyarakatan (WBP) yang akan menjadi perhatian khusus pelaku UMKM," katanya dalam acara Meet and Greet Media Bank Sumut di Medan Jumat, 10 November 2023. 

Acara bertema "Mendukung UMKM Lokal Lewat Pemasaran dan Promosi di Media" itu diprakarsai Forum Wartawan Bank (FWB) dihadiri wartawan media cetak, online dan pegiat sosial media yang ada di Kota Medan. 

Dalam kegiatan workshop ini, pihak Bank Sumut melihat langsung kerajinan Warga Binaan Permasyarakatan Rutan Kelas 1 Tanjung Gusta seperti sandal, tas, handycraft dan lainnya di Lobby Hotel Ibies Kota Medan. 

"Jadi Bank Sumut menyediakan pembiayaan terlibat dalam rantai pasok usaha, perluasan akses pemasaran dan pengembangan UMKM Naik Kelas," jelas Erwin. 

Pengamat ekonomi Gunawan Benjamin  sebagai pembicara menyebutkan dalam memasuki tahun 2023, sejumlah program andalan pemerintah dalam mendongkrak daya beli seperti berbagai bentuk bantuan sosial digencarkan saat ini. 

"Geliat ekonomi yang  membaik dipicu oleh intervensi pemerintah dalam mendorong belanja masyarakat," ungkap Gunawan. 

Menurutnya, skenario terbaik saat ini perlu adanya edukasi dari pihak Bank Sumut untuk pelaku UMKM saat menyikapi kebijakan pemerintah dalam menjaga stabilitas ekonomi dalam bentuk pameran industri kreatif terutama pemasaran melalui media online, media sosial untuk UMKM. 

Staff Subseksi Bimbingan Kegiatan Kerja Rutan Kelas I Tanjung Gusta Elis Chirstovel Situmorang bersama rombongan yang hadir dalam rangkaian acara FWB di Hotel Ibies tersebut berterima kasih telah di undang di acara itu. 

Elis berharap undangan dari FWB terkait peningkatan bisnis pelaku UMKM terkhusus perhatiannya kepada WBP sejalan dengan intruksi dari Kepala Rutan Kelas I Rutan Tanjung Gusta Nimrot Sihotang A.md, I.P, S.H, M.H untuk  membina WBP agar mereka yang telah menyelesaikan masa hukumnya mendapatkan keterampilan lebih untuk meningkatkan perekonomian keluarganya. 

"Warga binaan Permasyarakatan di Rutan Kelas I Tanjung Gusta dilatih keterampilannya berdasarkan bidang yang mereka miliki, seperti membuat sandal, menjahit, mebel, pavling blok, pertanian, perikanan, mesin dan lainnya, apalagi ini pertama bagi kami bisa bergandengan dengan Bank Sumut agar bisa bekerja sama kedepannya," ujarnya. 

Ketua Forum Wartawan Bank (FWB) Khairunnisak Lubis berharap agar Bank Sumut terus memberikan pelayanan yang terbaik dan tetap tumbuh positif dalam perekonomian di Sumut 

"Semoga koordinasi antara Bank Sumut dan FWB FWB tetap berjalan dengan baik, dan ke depan terap solid," kata Nisa, panggilan akrabnya. (Habib Yasin)

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com