PUD Pasar Kampanyekan Transaksi Non-Tunai

Editor: AgioDeli.id author photo

Dirut PUD Pasar Suwarno
Dirut PUD Pasar, Suwarno (kanan) mengajak jajaran pejabat Bank Indonesia berkeliling Pasar Sukaramai, usai mengkampanyekan transaksi non-tunai menggunakan QRIS kepada para pedagang. FOTO: ISTIMEWA

AgioDeli.ID
Transaksi aman dan efisien menjadi fokus Dirut PUD Pasar Kota Medan, Suwarno. Sosok ini pun giat mengkampanyekan transaksi non-tunai di pasar-pasar tradisional.

Teranyar, kampanye transaksi non-tunai dilakukan Suwarno di Pasar Sukaramai, Kamis (10/11/2022). Kegiatan ini bertajuk Belanja Bijak dengan QRIS: Pengendalian Inflasi Menjelang HBKN Natal dan Tahun Baru 2023.

Dalam kegiatan yang juga dibarengi edukasi keuangan digital ini turut menghadirkan Area Head Bank Mandiri Kota Medan Bapak M Afriazi, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumut Azka Subhan, Dirkeu/Adm PUD Pasar Medan Fernando Napitupulu, dan Dirbang/SDM Imam Abdul Hadi.

Berdasarkan arahan Wali Kota Medan Bobby Nasution, tutur Suwarno, pemanfaatan digitalisasi harus dirasakan pedagang. Karenanya, Suwarno menyampaikan terima kasih kepada Bank Indonesia Perwakilan Sumut dan pihak perbankan lainnya atas kolaborasi yang dibangun dalam mengembangkan digitalisasi transaksi.

Sejauh ini, lanjut Suwarno, pihaknya melalui para kepala pasar terus mensosialisasikan dan mengedukasi para pedagang agar mulai membiasakan pembayaran non-tunai dengan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard).

"Pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia tentunya untuk mempermudah proses transaksi, mempercepat, dan terjaga keamanannya. Kalau dulu dompet  ketinggalan kita kebingungan karena uang di situ, nah sekarang ini kan berbeda: kalau HP ketinggalan kita cemas, karena di situ ada juga akun yang kita pakai untuk pembayaran non-tunai," sebut Suwarno.

Sementara itu Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumut  Azka Subhan menyampaikan, tidak mudah meyakinkan masyarakat untuk menggunakan pembayaran non-tunai. Sebab, ini merupakan sesuatu yang baru.

Akan tetapi, kata Azka, Bank Indonesia siap berkolaborasi salah satunya dengan PUD Pasar untuk terus mengenalkan metode pembayaran ini kepada masyarakat.

"Kami berharap transaksi non-tunai dapat lebih meningkat di masyarakat maupun pedagang. Di kesempatan ini pula kami mengingatkan agar belanja bijak menjelang hari besar untuk mengendalikan inflasi," tandas Azka. (indra)

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com