Darma Wijaya Dorong Mahasiswa Jadi Entrepreneur

Editor: AgioDeli.id author photo

Wali Kota Medan Bobby Nasution
Bupati Sergai H. Darma Wijaya bersama Wali Kota Medan Bobi Nasution saat menjadi narasumber dalam kegiatan Medan Youth Entrepreneur di Unimed. FOTO ISTIMEWA

AqioDeli.
ID – Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Darma Wijaya mendukung sekaligus mendorong mahasiswa menjadi entrepreneur. Artinya, setelah lulus kuliah tak lagi terjebak mindset mencari kerja, melainkan bisa menciptakan lapangan pekerjaan.

Pemimpin Tanah Bertuah Negeri Beradat ini mengutarakan hal tersebut saat didapuk menjadi narasumber dalam kegiatan Medan Youth Entrepreneur di Gedung Digital Library Universitas Negeri Medan (Unimed), Senin (19/12/2022) sore. Kegiatan yang digagas BEM Nusantara (BEM-Nus) ini juga dirangkai dengan pelantikan pengurus BEM-Nus Sumatera Utara periode 2022-2023.

"Mengubah mindset dari pencari kerja ke pencipta lapangan kerja memang butuh niat dan tekad kuat. Masih muda pasti banyak ide-ide yang bisa dikembangkan dan didiskusikan untuk dijadikan peluang usaha. Jangan takut gagal. Itu biasa," katanya.

Di hadapan ratusan mahasiswa lintas universitas itu, pria yang akrab disapa Wiwiek ini berbagi pengalaman masa mudanya saat masih menjadi penggalas (baca: pengepul hasil pertanian) dan menekuni berbagai bidang usaha.

"Saya dulunya penggalas. Semua saya jualin. Saya juga gembala kambing, lembu. Sebagian pemuda saat ini mungkin malu untuk jadi seperti itu. Tapi, sebenarnya dengan label mahasiswa pola kerjanya bisa diubah. Pola-pola modern bisa dikembangkan. Harusnya itu jadi nilai plus mahasiswa ," tambahnya.

Ia pun mengajak mahasiswa untuk tidak lagi fokus mencari kerja ketika lulus dari bangku perkuliahan. Melainkan, menemukan peluang untuk berwirausaha.

"Kalau mindsetnya pas lulus nanti langsung cari kerja, coba diubah dengan menciptakan lapangan kerja. Jangan terjebak untuk menjadi honorer atau menanti menjadi pegawai tanpa melakukan sesuatu apapun yang sebenarnya bisa digali dari potensi diri," pungkasnya.

Kegiatan tersebut turut menghadirkan narasumber lain seperti Wali Kota Medan Bobby Nasution, Kapolda Sumatera Utara yang diwakili oleh Direktur Intelkam Polda Sumut dan Ketua Senat Unimed. (sarimahdini)

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com