Hasilkan Peserta Berprestasi, Pemkab Sergai Dukung Pelaksanaan MTQH dan FSQ

Editor: AgioDeli.id author photo

Tilawatil Quran
Bupati Sergai H. Darma Wijaya dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sergai menabuh bedug tanda dibukanya MTQH dan FSQ 2023.

AgioDeli.ID
Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) mendukung penuh pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran dan Hadis (MTQH) serta Festival Seni dan Qasidah (FSQ).

Pemkab Sergai meyakini, MTQH dan FSQ akan membentuk insan beriman, yang pada akhirnya dapat berperan positif dalam pembangunan.

Pemkab Sergai pun bertekad untuk terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan MTQH dan FSQ mengingat even keagamaan ini terbukti mampu menghasilkan peserta berprestasi hingga tingkat internasional.

Diketahui, MTQ merupakan perlombaan membaca, memahami, dan menghafal Al-Quran. Tetapi, manfaat MTQ bagi kehidupan seorang Muslim jauh lebih besar dibanding nilai perlombaannya.

Para ulama sepakat berpendapat, MTQ dapat meningkatkan kecintaan seseorang terhadap Al-Quran. Dengan aktif mengikuti MTQ, seseorang akan lebih tertarik dan mencintai Al-Quran sebagai kitab suci yang penuh hikmah dan kebenaran.

Tilawatil Quran
Penyerahan piala dilakukan Bupati Sergai H. Darma Wijaya untuk kecamatan peraih juara umum MTQH dan FSQ Kabupaten Sergai 2023.


Pada tahap lanjut, kecintaan terhadap Al-Quran akan memperkuat keimanan seseorang dan menjaga kesucian hati. Dengan demikian, tindak-tanduk dan perilaku sesorang dipastikan selalu positif.

Pemkab Sergai di bawah kepimpinan Bupati H. Darma Wijaya dan Wakil Bupati H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST., MSP., telah menggariskan bahwa aspek religi harus dikedepankan dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan.

Kabupaten Sergai berjuluk Tanah Bertuah Negeri Beradat. Hal ini bersesuaian dengan visi kepemimpinan H. Darma Wijaya dan H. Adlin Umar Yusri Tambunan, yakni menjadikan Kabupaten Sergai sebagai daerah yang tidak hanya mandiri dan sejahtera, tetapi juga religius.

Penegakan aspek religi diwujudkan dengan berbagai kebijakan. Beberapa di antaranya, Gerakan Amal Saleh (GAS) dan Gerakan Aksi Kasih (GAK).

Kedua program ini menyasar kepada para perangkat keagamaan seperti bilal mayit dan guru mengaji bagi umat Islam, serta guru sekolah minggu bagi masyarakat Kristiani. Kedua gerakan tersebut memanfaatkan kontribusi materi dari seluruh ASN (aparatur sipil negara) di lingkungan Pemkab Sergai.

Tak hanya itu, Pemkab Sergai juga sudah menjalankan begitu banyak kebijakan yang menjamin implementasi semangat religius.

Tilawatil Quran
Kafilah Sergai saat mengikuti MTQ Tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2022 lalu.


Untuk terus menggelorakan semangat religious, Bupati dan Wakil Bupati Sergai rutin bersafari dari satu masjid ke masjid lainnya dalam menunaikan Salat Jumat. Targetnya, kedua sosok pemimpin ini bisa mendatangi setiap masjid yang tersebar di seluruh penjuru Kabupaten Sergai.

Di sekolah-sekolah, dipersiapkan program ekstrakurikuler untuk siswa yang belum bisa mengaji Al-Quran. Tentu, program ini memanfaatkan waktu di luar jam pelajaran.

Sedangkan ekstrakurikuler untuk siswa yang sudah bisa mengaji, kualifikasinya akan ditingkatkan. Mereka dipersiapkan menjadi calon qori masa depan.

Upaya membentuk insan beriman demi masa depan Sergai, dilakukan ketat sejak anak-anak menjalani pendidikan usia dini hingga selesai pendidikan dasar Sembilan tahun.

Tenaga pendidik di sekolah-sekolah, mempersiapkan sarana dan mekanisme pelaksanaan salaw wajib berjamaah. Juga diatur salat Dhuha secara bergantian agar tidak mengganggu proses belajar.

Agar cakap saat mendapat kesempatan menunaikan rukun Islam ke-5, yakni berhaji. Maka dilaksanakan pula kegiatan ekstrakurikuler manasik haji di area Masjid Agung. Program ini melibatkan anak-anak mulai tingkat PAUD, SD, hingga SMP.

Tilawatil Quran
Bupati Sergai H. Darma Wijaya dan Wakil Bupati H. Adlin Umar Yusri Tambaunan beserta unsur Forkopimda Sergai menunjukkan tropi Juara Umum MTQH dan FSQ Sergai 2023.

 

Pengembangan MTQ Menjadi MTQH

Jika di daerah lain yang lazim diselenggarakan adalah Musabaqah Tilawatil Quran, maka Pemkab Sergai mengembangkannya menjadi Musabaqah Tilawatil Quran dan Hadis.

Pengembangan program musabaqah tersebut dilatari saran partisipatif ulama yang kemudian diimplementasikan Pemkba Sergai. Tujuannya, untuk lebih memasyarakatkan hadis-hadis Rasulullah SAW.

Hadis yang merupakan tuntunan dari Rasulullah Muhammad SAW dapat dianalogikan sebagai petunjuk teknis bagi umat Islam dalam memahami kandungan Al-Quran.

Kemudian, sering pelaksanaan MTQH juga digelar Festival Seni dan Qasidah (FSQ). Dan, pada2023 ini, pelaksanaan MTQH tingkat Kabupaten Sergai sudah memasuki edisi XIX.

Pada 2023 ini, total perserta MTQH Kabupaten Sergai mencapai 558 orang. Mereka berasal dari 17 kecamatan se-Kabupaten Sergai.

Adapun cabang-cabang yang diperlombakan dalam MTQH adalah Seni Baca Al-Quran, Qiraat Quran, Hafalan Quran, Tafsir Al-Quran, Fahmil Quran, Syarh Quran, Seni Kaligrafi, Karya Tulis Ilmiah tentang Al-Quran dan Hafalan Hadis dan Kafilah FSQ.

Untuk FSQ sendiri diikuti 345 peserta, dengan cabang yang diperlombakan antara lain; Kasidah Klasik, Bintang Vokalis Gambus dan Pop Religi.

Wakil Bupati Sergai Adlin Tambunan dalam kesempatan pembukaan menyampaikan bahwa kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan kemampuan seni baca Al- Quran, sekaligus meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan kandungan Al-Quran serta hadis.

Kegiatan tesebut juga ditujukan untuk pengembangan seni budaya Islam, yang diharapkan dapat meningkatkan ketakwaan umat Islam kepada Allah SWT.

Di kesempatan itu, Wakil Bupati juga mengimbau para peserta, official, dan dewan hakim untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan menjaga stamina. Sehingga, seluruh tahapan lomba dapat terlaksana baik.

Kegiatan yang berlangsung 21-25 Februari 2023 itu diselenggarakan di dua tempat berbeda. Untuk MTQH keseluruhan tahapan dipusatkan di Masjid Agung. Sedangkan untuk FSQ dilaksanakan di Halaman Kompleks PPQ Al-Washliyah Firdaus.

Tilawatil Quran
MTQH dan FSQ Kabupaten Sergai 2023 juga menyiapkan hadiah berupa uang tunai hingga Rp30 juta.
 

Prestasi

Terpisah, Bupati Sergai H. Darma Wijaya menjelaskan bahwa MTQH dan FSQ bisa melahirkan generasi Islam berprestasi. Ajang ini juga ditujukan untuk mencari bibit-bibit berkualitas yang nantinya akan menjadi duta Kabupaten Sergai pada perhelatan di tingkat provinsi maupun nasional.

“Selain untuk mengasah, menguji dan mengukur kemampuan putra-putri Sergai, peserta kegiatan ini juga diharapkan dapat meraih prestasi baik dan memiliki kualitas untuk dikirim menjadi duta Kabupaten Sergai pada penyelenggaraan tingkat provinsi maupun nasional. Sehingga, dapat mengharumkan nama kabupaten yang kita cintai ini,” ucapnya.

Keseriusan Pemkab Sergai terhadap pelaksanaan kegiatan ini dibuktikan dengan dukungan materi dan imateril bagi para peserta. Contohnya, Pemkab Sergai memberi fasilitas perjalanan umroh dan haji bagi para peserta yang meraih prestasi.

Prestasi Kabupaten Sergai dalam ajang serupa di level provinsi tergolong tidak main-main. Untuk FSQ, misalnya, Sergai menjadi juara umum selama 4 tahun berturut di level provinsi, termasuk pada 2022 lalu.

Yang tak kalah membanggakan, salah satu anak Sergai juga telah mengukir prestasi di ajang internasional. Dia adalah Erin Zelia Nawawi, warga Desa Pematang Sijonam, Kecamatan Perbaungan.

Gadis berusia 14 tahun itu berhasil menyabet Juara I Cabang Tilawah Anak-Anak Puteri pada Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Tijan An-Nur Ke-11, yang diselenggarakan 8-17 Februari 2023 di Qatar, Timur Tengah.

Erin berhasil lolos dan menjadi salah satu dari 4 perwakilan Indonesia dalam ajang MTQ Internasional di Qatar. Ia sebelumnya membawa harum nama Sergai pada MTQ XXXVIII Provinsi Sumut dengan meraih Juara I. Selanjutnya, dia meraih Juara II pada MTQ Nasional XXIX tahun 2022.

Prestasi demi prestasi yang ditorehkan anak-anak Sergai tak dapat dipungkiri memantik optimisme akan manfaat positif MTQH dan FSQ. Karenanya, Pemkab Sergai bertekad untuk terus mendukung even keagamaan itu agar kualitas pelaksanaannya di tahun-tahun mendatang bisa semakin meningkat. ***


Pengolahan data dan penyajian informasi ini merupakan hasil kerjasama AgioDeli.ID dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Serdang Bedagai, penulis: Sari Mahdini.

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com