Membangun Sergai Lewat Infrastruktur Terintegrasi: Jalan Mulus, Ekonomi Bagus

Editor: AgioDeli.id author photo

Warga Kabupaten Sergai, Sumatera Utara antusias menyaksikan jalan utama di desa mereka dibangun mulus. Pembangunan infrastruktur terintegrasi merupakan program perioritas Bupati Sergai Darma Wijaya dan Wakil Bupati Adlin Tambunan untuk mendorong peningkatan perekonomian masyarakat.

AgioDeli.ID
Pembangunan infrastruktur terintegrasi di Serdang Bedagai (Sergai) merupakan salah satu program perioritas Bupati H Darma Wijaya dan Wakil Bupati H Adlin Umar Yusri Tambunan. Keduanya sepakat: Jalan Mulus, Ekonomi Bagus.

Jalan Mulus, Ekonomi Bagus  pun menjadi jargon pembangunan yang diusung pasangan pemimpin berlabel “Dambaan” tersebut. Itu menggambarkan pentingnya membangun Kabupaten Sergai lewat infrastruktur terintegrasi.

Infrastruktur terintegrasi mereka yakini akan menopang produktivitas masyarakat. Pada akhirnya, perekonomian masyarakat bertumbuh positif.

Ditemui Senin, 20 Maret 2023, saat peresmian pembangunan ruas jalan kabupaten di Kecamatan Perbaungan, Darma Wijaya menjelaskan di tahun 2021 penyebaran pembangunan infrastruktur di Sergai baru mencapai 52 persen.

Dirinya yang ketika itu baru dipercaya masyarakat memimpin Kabupaten Segai bersama Wabup Adlin Tambunan, langsung mengemas langkah konkret dengan menjadikan pembangunan infrastruktur sebagai prioritas kerja yang tertuang dalam SAPDA atau Sapta Dambaan (7 program unggulan).

Jika ruas jalan di sebuah daerah punya kualitas bagus, baik Darma Wijaya maupun Adlin Tambunan yakin akan ada banyak pengaruh positif di tengah masyarakat.

Bupati Darma Wijaya memandu Wakil Bupati Adlin Tambunan menggunting pita tanda peresmian pembangunan jalan di Kabupaten Sergai. Infrastruktur terintegrasi dirancang kedua pimpinan Dambaan ini dalam memajukan ekonomi masyarakat.

Peningkatan kualitas jalan memiliki efek domino luar biasa karena akan berefek langsung terhadap sektor-sektor utama di suatu daerah. Yang pertama, tentu saja mobilitas atau pergerakan masyarakat akan semakin mudah dan lancar.

Infrastruktur jalan yang baik dapat meningkatkan aksesibilitas dan konektivitas antara berbagai wilayah, sehingga memudahkan mobilitas orang dan barang.

Dengan infrastruktur jalan yang baik, masyarakat dapat melakukan perjalanan dengan lebih cepat, nyaman, dan aman. Sehingga, dapat menghemat waktu dan biaya transportasi.

Selain itu, infrastruktur jalan yang baik juga dapat meningkatkan efisiensi logistik dan distribusi barang. Sehingga, dapat meningkatkan daya saing produk daerah.

Dengan adanya infrastruktur jalan yang baik, dapat memudahkan transportasi barang dari produsen ke konsumen atau distribusi cepat dan aman.

Selain urusan logistik, infrastruktur jalan yang baik juga dapat memberikan manfaat dalam hal meningkatkan aksesibilitas terhadap berbagai layanan dan fasilitas publik, seperti rumah sakit, sekolah, pasar, dan lain-lain.

Adanya infrastruktur yang terintegrasi baik, masyarakat dapat dengan mudah mengakses layanan dan fasilitas tersebut, tanpa harus menghadapi kendala dan kesulitan dalam transportasi.

Dengan demikian, pembangunan infrastruktur dipandang sangat penting untuk meningkatkan aksesibilitas terhadap layanan dan fasilitas publik serta mempercepat pertumbuhan ekonomi.

Oleh karena itu, kedua pemimpin Sergai menekankan agar aparatur pemerintah memberikan perhatian dan alokasi dana yang cukup untuk membangun dan merawat infrastruktur di Tanah Bertuah Negeri Beradat.

Kondisi jalan mulus seusai pelaksanaan pembangunan infrastruktur terintegrasi tahun 2023 di Kabupaten Sergai, Sumatera Utara.

Jalan yang bagus berkontribusi signifikan terhadap peningkatan sektor pariwisata di sebuah daerah. Hal ini dikarenakan jalan yang baik akan memudahkan aksesibilitas wisatawan terhadap berbagai destinasi wisata di Kabupaten Sergai, Provinsi Sumatera Utara.

Dengan akses yang mudah, wisatawan akan merasa lebih nyaman dan terdorong untuk berkunjung. Jalan yang baik juga dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan wisatawan. Wisatawan merasa lebih aman dan tenang berkendara di jalan mulus.

Tak hanya itu. Jalan yang baik juga dapat meningkatkan citra daerah sebagai destinasi wisata yang terpercaya dan berkualitas.

Setelah merasa nyaman, wisatawan diyakini akan sekarela mempromosikan destinasi wisata yang dikunjunginya kepada orang lain, terutama teman-teman mereka.

Capaian itulah yang dirancang Bupati dan Wakil Bupati Sergai dengan program pembangunan terintegrasi. Infrastruktur yang tak sekadar dibangun, tetapi sekaligus dapat mendorong bertumbuhnya sektor ekonomi, salah satunya industri wisata.

“Pembangunan infrastruktur menjadi fokus utama kami yang tercantum dalam SAPDA, terutama pada poin Infrastruktur yang Terintegrasi. Alhamdullilah, dari data terbaru yang kami punya, tahun ini pembangunan sudah mencapai angka 78 persen,” ungkap Bupati.

Tak hanya jalan, pembangunan infrastruktur terintegrasi di Kabupaten Sergai juga menyasar pada jembatan. Pasangan Bupati Darma Wijaya dan Wakil Bupati Adlin Tambunan menargetkan penyebaran pembangunan jalan di Sergai mencapai 100 persen di penutup masa jabatan mereka tahun 2024 mendatang.

Darma Wijaya kemudian mengajak seluruh elemen masyarakat mendukung Pemkab Sergai untuk mencapai target 85 persen penyebaran pembangunan infrastruktur di tahun ini. Selanjutnya, 100 persen di penutup masa kepemimpinan pasangan Dambaan tahun 2024 mendatang.

“Infrastruktur ini sifatnya sangat vital dan strategis. Itulah yang membuat kami yakin jika jalan mulus, ekonomi bagus. Kalau fasilitas jalan baik, maka mobilitas warga juga makin mudah,” ujarnya.

“Distribusi barang semakin terjangkau. Dan, dalam jangka panjang juga akan berpengaruh terhadap nilai properti milik masyarakat karena mampu mendongkrak harga,” tukasnya pula.

Tak hanya jalan, pada Musyawarah Rencana Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kabupaten Sergai tahun 2024, yang digelar di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Selasa, 21 Maret 2023, Darma Wijaya menyampaikan pihaknya juga melaksanakan pembangunan infrastruktur lainnya.

Ia menyebut sudah dilaksanakan pembangunan 74 unit jembatan. Lewat pembangunan ini, sebanyak 60,97 persen jembatan di Sergai sudah dalam kondisi baik.

Kemudian, pembangunan jalan usaha tani sepanjang 8.407,14 meter. Sehingga total jalan usaha tani yang sudah dibangun mencapai 10.088,14 meter.

Lalu, pembangunan 994 unit rumah tidak layak huni menjadi layak huni. Dengan demikian, saat ini total rumah tidak layak huni yang sudah dibangun mencapai 2.617 unit atau 92,32 persen.

Kesuksesan pembangunan infrastruktur terintegrasi di Kabupaten Serdang Bedagai yang meningkat di bawah kepemimpinan Pasangan Dambaan telah memberikan manfaat besar bagi masyarakat.

Dengan adanya infrastruktur yang baik, aktivitas transportasi menjadi lebih lancar, perekonomian masyarakat semakin meningkat, dan kehidupan sosial-ekonomi di Kabupaten Sergai semakin membaik.***

Masyarakat Kabupaten Sergai, Sumatera Utara, menikmati jalan mulus dalam beraktivitas. Infrastruktur terintegrasi mendorong tumbuhnya ekonomi masyarakat lantaran memperlancar proses distribusi barang dan jasa.

Pengolahan data dan penyajian informasi ini merupakan hasil kerjasama AgioDeli.ID dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Serdang Bedagai, penulis: Sari Mahdini.

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com