Paralimpiade Deli Serdang Diikuti 4 Kabupaten/Kota, Pertandingkan 10 Cabor

Editor: Redaksi AgioDeli.id author photo

Olahraga Paralimpiade
Atlet penyandang disabilitas mengikuti Paralimpiade tingkat Deli Serdang tahun 2023.


AgioDeli.ID - Ajang olahraga bagi atlet penyandang disabilitas akan mempertandingkan 10 cabang olahraga (cabor). Event olahraga National Paralympic Committe (NPC) atau Komite Paralimpiade Nasional Kabupaten Deli Serdang Tahun 2023 yang diselenggarakan sejak, Selasa (8/3/2023) sampai Kamis (9/3/2023) di Gelanggang Olahraga (GOR) Lubuk Pakam, 

Ke-10 cabor tersebut, Tenis Meja, Judo, Angkat Berat, Panahan, Tenis Lapangan, Catur, Bocia, Lawn Bowls, Atletik, dan Bulu Tangkis.

 Para atlet yang bertanding berasal dari empat kabupaten/kota, yakni Deli Serdang selaku tuan rumah, Tebing Tinggi, Medan dan Binjai.

 "Event ini memiliki tujuan dan sasaran untuk membina, menggali, mengembangkan dan meningkatkan kemampuan prestasi para atlet di berbagai bidang olahraga. Memupuk persatuan dan kesatuan masyarakat Kabupaten Deli Serdang serta menjaring dan menyambut atlet-atlet berprestasi dari Deli Serdang, untuk nantinya berlaga mewakili cabang olahraganya di tingkat provinsi maupun nasional bahkan internasional," ucap Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar ketika membuka kegiatan itu.

 Di samping itu, sambung Wabup, selain untuk mencari atlet berprestasi juga berbagai upaya untuk mengangkat harkat dan martabat para penyandang disabilitas.

"Melalui pembinaan olahraga inilah kita bisa menaikan harkat dan martabat, karena itu jadikanlah pekan olahraga kabupaten ini sebagai wahana untuk membuktikan dengan kekurangan yang ada, para atlet difabel bisa berkompetisi baik di tingkat kabupaten, provinsi hingga nasional," ucap Wabup.

Dengan pendampingan dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Deli Serdang diharapkan para penyandang disabilitas bisa berprestasi maksimal, sehingga nantinya dapat bersandar pada kelebihannya masing-masing.

"Saya berpesan agar menjadikan NPC ini sebagai momentum pemersatu dalam mempererat kebersamaan menjaga dan menyambung rasa persaudaraan. Kepada para dewan juri dan wasit, laksanakan tugas dan tanggung jawab dengan tegas serta menjunjung tinggi sportivitas tanpa ada unsur memihak. Lakukan penilaian secara objektif dan adil agar para atlet ini menghasilkan dan merupakan atlet yang terbaik dan benar-benar memiliki kualitas di cabang olahraganya masing-masing," pungkas Wabup.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas (Kadis) Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Budporapar) Deli Serdang, H Khoirum Rijal ST MAP menyampaikan diselenggarakannya NPC tersebut adalah sebagai sarana unjuk prestasi sekaligus penjaringan atlet disabilitas yang dibina di wilayah Deli Serdang untuk menuju ke Pekan Olahraga Provinsi (Porprov), pada Mei 2023 mendatang.

 "Untuk usia, hanya atlet putra yang mengikuti. Atlet NPC asal Deli Serdang telah berhasil mengharumkan nama Indonesia baik di tingkat nasional maupun internasional dengan meraih medali pada event di Papua tahun 2021 lalu, dengan meraih sembilan medali emas, empat perak, enam perunggu. Dan untuk emas yang terbanyak dari atlet Sumatera Utara itu tahun 2023, kita dapat satu medali emas itu pelari putra," tutur Khorium.

 Hadir di kegiatan itu, Ketua NPC Deli Serdang, Muh Khairil; Danramil 06/LP, Kapt Inf Poniman; Kabag Log Polresta Deli Serdang, Kompol Sudarianto; Ketua KONI Deli Serdang, Khairulah Siregar SAg; Camat Lubuk Pakam, Drs Syahdin Setia Budi Pane; dan lainnya.(AMAL)

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com