Tiga Calon Rektor UISU Jalani Fit and Proper Test, Libatkan 2 Profesor Penguji Independen

Editor: AgioDeli.id author photo

Rektor UISU Masa Jabatan 2023-2027
Kiri-Kanan: Dr. Marzuki, S.H., M.Hum.; Dr. Safrida, S.E., M.Si.; Ketua Umum Pengurus Yayasan UISU Prof. H. Ismet Danial Nasution, drg., Ph.D., Sp.Pros(k)., FICD.; Ketua LLDikti Wilayah I Sumut Prof. Drs. Saiful Anwar Matondang M.A, Ph.D.; Prof. Dr. H. Hasyim Purba, S.H., M.Hum.; Prof. Dr. Ir. Hari Purnomo, M.T., IPU Asean Eng. (UII Jogjakarta); danDr. H. Yanhar Jamaluddin, M.A.P. foto bersama sebelum Tim Seleksi Calon Rektor UISU Masa Jabatan 2023-2027 membuka sidang fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan), Sabtu, 15 April 2023. (foto: dokumen Humas Yayasan UISU)

AgioDeli.ID
Tiga calon rektor UISU (Universitas Islam Sumatera Utara) menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Kampus UISU Jalan SM Raja, Medan, Sabtu, 15 April 2023.

Ketiga calon rektor UISU masa jabatan 2023-2027 tersebut adalah Dr. Marzuki, S.H., M.Hum., Dr. Safrida, S.E., M.Si. dan Dr. H. Yanhar Jamaluddin, M.A.P.

Marzuki dan Safrida saat ini menjabat dekan. Marzuki di Fakultas Hukum, sedangkan Safrida di Fakultas Ekonomi. Yanhar sendiri diketahui merupakan Rektor UISU maja jabatan 2019-2023.

Sebelum mengikuti fit and proper test, ketiga calon rektor UISU masa jabatan 2023-2027 tersebut sudah dinyatakan memenuhi persyaratan administratif oleh panitia penjaringan.

Berkas pencalonan mereka juga sudah mendapat penilaian dari Senat UISU. Hasil penilaian Senat UISU inilah yang nantinya akan dikompilasi dengan hasil fit and proper test.

Fit and proper test dilakukan oleh tim bentukan Pengurus Yayasan UISU, yang menyertakan dua tenaga ahli independen. Tim ini dipimpin oleh Prof. Dr. H. Hasyim Purba, S.H., M.Hum., perwakilan dari Pengurus Yayasan UISU.

Sementara itu, tenaga ahli independen yang turut menjadi penguji adalah Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) Wilayah I Sumut, Prof. Drs. Saiful Anwar Matondang M.A, Ph.D. dan Prof. Dr. Ir. Hari Purnomo, M.T., IPU Asean Eng. dari Universitas Islam Indonesia (UII) Jogjakarta.

Ketua Umum Pengurus Yayasan UISU, Prof. H. Ismet Danial Nasution, drg., Ph.D., Sp.Pros(k)., FICD. mengapresiasi kesediaan tiga civitas akademik UISU dalam mengikuti seleksi calon rektor UISU masa jabatan 2023-2027.

“Atas nama Pengurus Yayasan UISU, saya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada ketiga calon rektor. Karena, ini menunjukkan suatu pengabdian terhadap UISU,” ungkap sosok bergelar Datuk Cendikia Dharmalaksana Raja ini.

“Syukur Alhamdulillah, yang artinya secara sederhana ada tiga putra-putri terbaik kita di UISU, yang sudah punya niat untuk mengabdikan dirinya lebih besar lagi melalui jabatan rektor,” sambungnya.

Selanjutnya, Prof. Ismet mempersilakan Tim Seleksi untuk membuka persidangan dalam rangka fit and proper test calon rektor UISU masa jabatan 2023-2027.

Dalam kesempatan sebelum membuka persidangan, Prof. Hasyim selaku Ketua Tim Seleksi menjelaskan bahwa masing-masing calon rektor akan diuji dalam waktu satu jam, secara bergantian dan tertutup.

“Mekanismenya, nanti dalam fit and proper ini satu-persatu calon akan dipanggil sesuai urutan alphabet atau abjad nama,” ujarnya.

Mengenai alokasi waktu satu jam untuk masing-masing calon, Prof. Hasyim mengurai 10 untuk presentasi. Selebihnya, atau sekitar 50 menit, akan dimanfaatkan untuk tanya jawab.

Sedangkan mengenai materi pokok dalam fit and proper test tersebut, lanjut dia, salah satunya adalah mengenai kepemimpinan (leadership).

Kemudian, “Penghayatan atau pemahaman tentang regulasi di bidang pendidikan tinggi. Juga program kerja atau inovasi-inovasi yang ditawarkan (masing-masing kandidat).”

Sejauh mana masing-masing kandidat dapat menggambarkan pola akselerasi atau kerjasama yang terbaik dengan semua elemen dalam membangun UISU, menurut Prof. Hasyim juga akan menjadi penilaian pihaknya.

Hal lain yang tak kalah penting, lanjut dia, adalah tawaran problem solving atas problematika yang mungkin terjadi dalam perkembangan terkini di UISU.

Fit and proper test dirampungkan hari itu juga dan hasilnya langsung diserahkan kepada Pengurus Yayasan UISU. Sesuai rencana, Pengurus Yayasan UISU akan mengumumkannya pada Senin, 17 April 2023. (*)

 

Penulis: Indra Gunawan

E-Mail: indragunawanku@gmail.com

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com