Gelar Mubes Pertama di Jakarta, PAPPSI Disarankan Menjadi Organisasi Perjuangan

Editor: Redaksi AgioDeli.id author photo
Mubes i PAPPSI


AgioDeli.id – Musyawarah Besar (Mubes) I Parsadaan Alumni Pelajar Padangsidimpuan dan Sekitarnya (PÀPPSI) di Jakarta, Ahad (11/6/2023) menetapkan Dr. Hapendi Harahap sebagai Ketua Umum PAPPSI yang terpilih secara aklamasi.

Mubes I tersebut digelar di Gedung Bisma, Aula Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri, Kementerian Dalam Negeri, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat.

Tidak hanya lebiih dari 70 anggota yang hadir, pada Mubes I PAPPSI itu hadir pula sejumlah tokoh yang berasal dari Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) Sumatera Utara, dan undangan dari berbagai elemen masyarakat.

Selain penetapan Dr. Hapendi sebagai Ketua Umum periode 2023-2025, pada Mubes I tersebut dirumuskan pula Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD ART) dan  Program Kerja.

Dalam kata sambutannya Hapendi Harahap mengatakan, seperti yang tertuang dalam Mukadimah AD ART PAPPSI, pihaknya merasa ikut bertanggung jawab dalam pembangunan, pemberdayaan dan mencerdaskan kehidupan masyarakat. Tanggung jawab tersebut khususnya dalam membentuk insan cerdas dan beretika, berakhlak yang baik dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Sebagai alumni pelajar yang berasal dari Tabagsel yang terhimpun dalam PAPPSL, mari kita berperan aktif dalam mengisi pembangunan dan pemberdayaan dengan mengembangkan ilmu dan pengetahuan, teknologi, dan seni, mencerdaskan kehidupan masyarakat di wilayah Tabagsel," kata Dr Hapendi yang juga berprofesi notaris yang menjabat Ketua Umum Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT).

Hapendi Harahap merasa bersyukur dan berterimakasih atas dukungan dan kehadiran tokoh-tokoh Tabagsel. Tokoh-tokoh tersebut kata dia, ikut memberikan pesan dan wejangan sebagai masukan program kerja PAPPSI ke depan.

Tokoh-tokoh yang dimaksud yakni Prof. Dr. H. Bomer Pasaribu, S.H., S.E., M.S. (Mantan Dubes dan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi), Komjen. Pol. (Purn.) Drs. H. Saud Usman Nasution, S.H., M.H., M.M. (Mantan Kepala BNPT), Mayjend TNI. Purn Riswandi Siregar,  Ir. Tawar Pulungan, Muslimin Siregar MM, Haris Harahap,  M. Saleh Purba, Mara Hasian Harahap, dll.

Sementara itu, Prof. Bomer Pasaribu mengatakan sebagai organisasi yang baru terbentuk, PAPPSI mempunyai tugas dan tanggungjawab yang besar dalam mendorong maju dan berkembangnya wilayah Tabagsel. Karena itu, Bomer menyarankan agar PAPPSI memilih jalur yang berbeda dengan organisasi parsadaan sejenis lainnya.

"Maka saya sarankan agar PAPPSI menjadi organisasi perjuangan. Perjuangan di bidang politik, ekonomi, sosial budaya, kemasyarakatan dan industri kreatif. Sebagai organisasi perjuangan PAPPSI harus ambil bagian dalam memperjuangkan terbentuknya Provinsi Sumatera Tenggara, Universitas Graha Nusantara (UGN) menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN), membentuk Perguruan Timggi Vokasi dan memperjuangkan beberapa tokoh asal Tabagsel menjadi Pahlawan Nasional seperti Willem Iskandar, Todung Mulya Harahap, dll," kata Bomer.

Kata Bomer, sebagai tokoh senior Tabagsel dirinya merasa penting hadir dalam Mubes l PAPPSI ini.

"Saya paksakan datang ke acara Mubes Pappsi. Saya ingin mendorong adik-adik kita agar berjuang membantu orang-orang asal Tabagsel untuk menjadi menteri, anggota DPR, dan pejabat tinggi lainnya. Bersilaturahim memang penting. Tapi memperjuangkan banyak hal tak kalah pentingnya. Saya memberikan semangat dan akan mendukung PAPPSI sedaya mampu saya," paparnya.

Seperti diketahui PAPPSI dideklarasikan pada Minggu, 19 Maret 2023. Para Pendiri dan Penggagas PAPPSI ada 18 orang. Mereka adalah Dr. Afriadi Sjahbana Hasibuan, MPA, MCom (Ec), Ir. Ade Dermawan, MM, Dr. Hapendi Harahap, S.H., SpN., M.H, Muhammad Kahfi Siregar, S.Sos, M.Si, Dr.(C) Yusniar Ritonga, SKM., MPH, Ir. Zulkarnaen Nasution, Fajaruddin Lubis, S.E, M.P, Marazuki Nasution, SPt, dr. Salman Paris Harahap, Sp.PD, Dr. Kiman Siregar, STP, M.Si, Drs. Diapari Sibatangkayu Harahap, M.Si, Siti Nondang Siregar, Ir. Ali Muda Siregar, Zubaedah Hafni Nasution, Yusanty Anwar, Marahot Harahap, Drs. Rajab Siregar, MM, Nelwan Harahap.(AMAL)

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com