Ini Parpol Raih Kursi Pimpinan DPRD Medan

Editor: dicky irawan author photo


Agiodeli.id - Ini partai politik (Parpol) raih kursi pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Medan. Ini Parpol raih kursi pimpinan DPRD Medan berdasarkan hasil rekapitulasi KPU Medan yang ditutup, Selasa (12/3/2024).

Berdasarkan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Parpol peraih kursi terbesar akan menduduki posisi Ketua disusul Parpol berikutnya peraih suara terbesar kedua, ketiga dan keempat akan menduduki posisi Wakil Ketua.

Ketua KPU Medan, Mutia Atiqah, dalam pengumumannya menyebutkan PDI Perjuangan tampil sebagai jawara Pemilu 2024 dengan meraih 204.222 suara. Posisi kedua diraih Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memperoleh 177.701 suara. 

Atas Raihan suara itu, PKS di pastikan memperoleh 8 kursi di DPRD Kota Medan. Jumlah kursi itu meningkat di bandingkan Pemilu 2019 yang memperoleh 7 kursi.

Kemudian Partai Gerindra meraih 164.371 suara. Atas raihan suara itu, Partai Gerindra memperoleh 6 kursi atau turun di bandingkan dengan Pemilu 2019 yang memperoleh 10 kursi. Selanjutnya Partai Golkar dengan raihan sebanyak 138.529 suara. 

Atas perolehan suara itu, Partai Golkar mendapatkan 6 kursi di DPRD Kota Medan atau bertambah 2 kursi di bandingkan Pemilu 2019 yang memperoleh 4 kursi.

Dari keterangan di atas, dapat di pastikan posisi Ketua akan diisi oleh PDI Perjuangan, sedangkan posisi Wakil Ketua akan diisi oleh PKS, Partai Gerindra dan Partai Golkar. (red)

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com