Pansus Nilai Perlu Terobosan Genjot PAD Kota Medan

Editor: dicky irawan author photo


Agiodeli.id - Panitia Khusus (Pansus) menilai perlu terobosan untuk genjot capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kota Medan

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Pansus Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj), Wong Chun Sen, pada rapat pembahasan LPKj Wali Kota Medan TA 2023 bersama Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Medan, Senin (25/3/2024).

Rapat pembahasan dipimpin Ketua Pansus, Ilhamsyah bersama Wakil Ketua Wong Chun Sen serta sejumlah anggota, di antaranya Dame Duma Sai Hutagalung, Margaret, Syaiful Ramadhan, Jaya Arjuna dan Abdullah Roni.

Wong juga meminta Bapenda supaya melakukan koordinasi dan kolaborasi untuk sinkronisasi objek pajak secara online. “Kita tetap mendorong Bapenda untuk mengoptimalkan perolehan capaian PAD,” kata Wong.

Sementara, Dame Duma Sari Hutagalung, meminta agar keluhan masyarakat terkait kenaikkan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) menjadi atensi Bapenda. Sebab, anggota dewan banyak menerima keluhan masyarakat soal kenaikkan PBB tersebut.

Sedangkan, Ilhamsyah, menyampaikan pada prinsipnya DPRD tetap mendukung Bapenda dalam upaya peningkatan PAD. Namun, di sisi lain perlu mempertimbangkan keluhan wajib pajak. “Seperti tim evaluasi penurunan nilai bangunan. Karena lama kelamaan nilai suatu bangunan pasti menurun,” katanya.

Sebelumnya Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Medan, Endar Sutan Lubis, menyampaikan penetapan Pajak Bumi Bangunan (PBB) saat ini telah sesuai dengan ketentuan. Bahkan, sebelum penetapan nilai PBB terlebih dahulu di lakukan kajian secara akurat dan komprehensif.

“Acuan kita dalam menetapkan PBB berdasarkan Zona Nilai Tanah (ZNT) dan NJOP. Terjadinya peningkatan nilai PBB, di karenakan adanya kajian baru dan validasi ulang yang sudah lama tidak di lakukan,” jelas Endar. (dicky)

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com