Kelas Teater Etnomusikologi FIB USU Tampilkan PBL Pementasan Teater dan Musikalisasi Puisi

Editor: B Warsito author photo
Teater
Penampilan mahasiswa kelas teater Etnomusikologi, Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Universitas Sumatera Utara (Sumut) melakukan pementasan di Pendopo FIB USU, pada Selasa, 11 Juni 2024 malam. 





Agiodeli.id - Mahasiswa Kelas Teater Etnomusikologi, Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Universitas Sumatera Utara (Sumut) melakukan pementasan di Pendopo FIB USU, pada Selasa, 11 Juni 2024 malam. 


Pementasan itu merupakan penerapan metode pembelajaran Project Based Learning (PBL) di Ujian Akhir Semester (UAS) tahun ajaran  2023/2024, Program Studi (Prodi) Etnomusikologi FIB USU. 


“PBL adalah metode pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa. Dosen berperan sebagai fasilitator. Di mata kuliah ini, saya mendorong mereka menghasilkan luaran pementasan karya,” terang Ahmad Arief Tarigan selaku dosen pengampu, Senin, 17 Juni 2024.


Arief menambahkan, pertunjukan teater ini adalah bentuk apresiasi mahasiswa Etnomusikologi FIB USU terhadap sastra lisan Sumatera Utara.


“Mereka (mahasiswa-red) menggarap karya yang bersumber dari folklore (cerita rakyat-red) Sumatera Utara. Mereka mengapresiasi  sastra daerah lewat pertunjukan teater. Dalam teori penciptaan seni ini sering juga disebut alih wahana, yakni peralihan media dari sastra lisan ke seni pertunjukan teater,” imbuh Arief.


Arief pun mengucapkan terima kasih kepada Wakil Dekan II FIB, Ketua dan Sekretaris Program Studi Etnomusikologi FIB USU karena telah fasilitasi pementasan UAS ini.

Koordinator kelas mahasiswa, Pepri Silaban mengatakan, bahwa dari empat karya yang dipentaskan, tiga di antaranya bersumber cerita rakyat Sumatera Utara.


“Cerita yang kami bawa berjudul Sigale-gale, Sirait Na Bolon, Sampuraga: Maila Marina, dan Pergaulan Bebas. Ini pengalaman berharga dalam proses pembelajaran kami,” ungkap Pepri.


Selain pementasan teater, ada juga pementasan musikalisasi puisi berbahasa Karo berjudul “Berkat” karya Tariganu Pincala.


Dalam pementasan yang disaksikan seratusan penonton ini, para mahasiswa tampak mempersembahkan perpaduan seni peran, seni tari, musik tradisi, tata panggung dan cahaya secara apik. Turut pula hadir di kegiatan tersebut WD II FIB USU Dra Heristina Dewi MPd, Kaprodi Etnomusikologi FIB USU Dra Rithaony Hutajulu MA, dan Sekprodi  Etnomusikologi FIB USU Hubari Gulo SSn MSn.(B Warsito)



Share:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com