Saatnya Puasa Ayyamul Bidh di Pertengahan Bulan

Editor: AgioDeli.id author photo


AgioDeli.ID –
Puasa Ayyamul Bidh merupakan puasa sunnah yang dianjurkan bagi umat Muslim pada pertengahan bulan.

NU Online melansir, Ayyamul Bidh berarti hari-hari cerah, tepatnya hari yang dalam malamnya disinari oleh bulan purnama. Simak tata cara dan niat puasa Ayyamul Bidh berikut.

Sebagaimana telah disebutkan di atas, puasa Ayyamul Bidh dikerjakan setiap pertengahan bulan sebanyak tiga hari. Tepatnya, tanggal 13, 14, dan 15 di setiap bulan Hijriyah. Lantas, seperti apa bacaan niat puasa Ayyamul Bidh?

Di bulan Dzulqa’dah 1443 H ini, puasa Ayyamul Bidh jatuh pada hari Senin, Selasa, Rabu tanggal 13, 14 dan 15 Juni 2022. Artinya masih ada dua hari lagi untuk mengerjakan puasa sunnah ini.

Sesuai dengan hadits yang diriwayatkan Ibnu Abbas, puasa pada saat Ayyamul Bidh dihukumi sunnah muakkad, yang artinya amalan yang sangat dianjurkan.

"Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra, ia berkata: ‘Rasulullah saw sering tidak makan (berpuasa) pada hari-hari yang malamnya cerah (Ayyamul Bidh) baik di rumah maupun dalam bepergian’." (HR an-Nasa’i dengan sanad hasan).

Lantas bagaimana niat puasa Ayyamul Bidh? Ketahui, puasa ini dimulai dengan niat Nawaytu shauma Ayyâmil Bîdl Lillâhi Ta’âlâ.

Artinya: “Saya niat puasa Ayyamul Bidl (hari-hari yang malamnya cerah), karena Allah Taala. (indra)

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com