Terobos Air Sejauh 1,5 Km, Dirut PUD Pasar Medan Temui Pedagang

Editor: AgioDeli.id author photo

Banjir di Medan
Dirut PUD Pasar Kota Medan, Suwarno, S.E. menemui pedagang Pasar Titi Papan yang mencoba menyelamatkan barang-barangnya dari genangan air. FOTO: ISTIMEWA 

AgioDeli.ID
Untuk menemui dan memberi semangat kepada para pedagang, Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Umum Daerah (PUD) Pasar Kota Medan, Suwarno, S.E. rela menerobos banjir dengan berjalan kaki sejauh 1,5 Km.

Hal itu dilakukan Suwarno bersama Kepala Cabang (Kacab) III PUD Pasar Kota Medan, Mahyudin Ginting, Sabtu (19/11/2022) pagi. Keduanya berupaya meninjau kondisi Pasar Titi Papan di Jalan KL. Yos Sudarso, Medan, sekaligus menemui para pedang di pasar tradisional tersebut.

Tingginya intensitas hujan selama hampir 9 jam yang merata mengguyur Kota Medan sejak Jumat (18/11/2022) petang, mengakibatkan banjir di sejumlah kawasan. Tak terkecuali kawasan-kawasan pasar tradisional yang dikelola PUD Pasar Kota Medan.

Untuk tiba di Pasar Titi Papan, Suwarno dan timnya menerobos banjir sepinggang orang dewasa dengan berjalan kaki dari Jalan Platina Raya. Sesampainya di Pasar Titi Papan, Suwarno menemui pedagang yang sedang menyelamatkan barang-barang dagangannya.

"Silakan dinaikkan di kantor saja bapak ibu barang-barang yang masih bisa diselamatkan," ungkap Suwarno kepada pedagang.



Di kesempatan tersebut, Suwarno menuturkan selain Pasar Titi Papan, air juga merendam Pasar Medan Deli di Jalan Palapa. Suwarno mengungkapkan, Wali Kota Medan Bobby Nasution telah melakukan normalisasi drainase mulai dari pengorekan rutin hingga pemasangan U-Ditch untuk mengatasi genangan air di musim penghujan.

Akan tetapi, lanjut dia, hal tersebut memang tidak bisa serta-merta menuntaskan masalah banjir di Kota Medan. Apalagi jika di wilayah pegunungan terjadi hujan deras dan mengirimkan air dengan debit cukup besar ke wilayah Kota Medan dan sekitar.

Pemko Medan bahkan menurutnya sudah berkolaborasi dengan pemerintah provinsi dan Badan Wilayah Sungai (BWS) untuk melakukan normalisasi sungai. Tujuannya, jika di gunung hujan dan di perkotaan hujan, secara bersamaan ketinggian air tidak meningkat.

"Mari kita kolaborasi untuk mengatasi persoalan ini. Salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan," ujar Suwarno.

Eri, salah seorang pedagang, mengapresiasi Dirut PUD Pasar Medan Suwarno yang terjun langsung meninjau Pasar Titi Papan saat air merendam. "Terima kasih atas kedatangan Pak Dirut yang memberikan dukungan moril kepada kami. Sikap peduli seperti inilah yang membangun hubungan antara PUD Pasar dengan pedagang menjadi lebih erat," pungkasnya. (donny)

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com