Ingin Petani Lokal Lebih Sejahtera, Bupati Sergai Ajak ASN Konsumsi Beras Organik

Editor: AgioDeli.id author photo

Bupati Sergai H Darma Wijaya
Bupati Sergai H Darma Wijaya (dua dari kiri) menyerahkan beras organik kepada ASN di jajarannya. Bupati mendorong ASN mengkonsumsi beras organik untuk lebih mensejahterakan petani lokal.

AgioDeli.ID
Bupati Sergai H. Darma Wijaya mengajak aparatur sipili negara (ASN) mengkonsumsi beras organik, agar petani lokal lebih sejahtera.

Bupati Sergai juga menegaskan, beras organik kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh. Karenanya, penting dikonsumsi tiap hari.

“Jika kita ingin menerapkan pola hidup sehat, tentunya bisa beralih dengan mengkonsumsi beras organik. Pilihan ini juga otomatis akan lebih mensejahterakan petani lokal,” pesan Bupati Sergai H Darma Wijaya kepada ASN jajarannya, dalam berbagai kesempatan.

Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) merupakan salah satu sentra produksi padi di Sumatera Utara. Banyak petaninya yang kini mengembangkan tanaman padi organik.

Seperti diketahui, belakangan ini masyarakat banyak yang mengubah pola hidup dengan mengkonsumsi produk-produk organik.

Bupati Sergai Darma Wijaya
Banyak yang sudah memahami produk organik lebih sehat. Akan halnya beras organik, yang telah dipahami mengandung nutrisi sangat bermanfaat.

Melansir sejumlah referensi, beralihnya masyarakat pada produk organik, khususnya beras, didasari cukup alasan. Beras organik, baik yang coklat maupun yang putih, sama-sama bergizi karena mengandung sejumlah besar mineral, vitamin, dan senyawa bermanfaat.

Residu pestisida pada beras non-organik sangat berbahaya bagi kesehatan, berdasarkan jenis dan tingkat paparannya.

Beras organik lebih aman, lebih bergizi dan bahkan rasanya lebih enak dari pada makanan non-organik. Berikut beberapa manfaat beras organik bagi kesehatan tubuh:

  • Membantu menurunkan berat badan

Kita ketahui jika beras organik khususnya beras organik merah kaya akan serat, protein, magnesium, tiamin, kalsium, dan potasium.

Sudah pasti kandungan tersebut dapat membantu meningkatkan metabolisme dan membuang kelebihan lemak.

Untuk masyarakat yang ingin menurunkan berat badan, sangat disarankan mengkonsumsi beras organik merah. Mengapa?

Beras organik merah memiliki kandungan selenium dan mangan. Kedua senyawa ini dapat membantu menurunkan berat badan.


Bupati Sergai Darma Wijaya

  • Mengontrol diabetes

Bagi penderita diabetes, tentu bisa mencobanya dan dapat melihat hasil yang lebih baik setelah mengonsumsi beras organik merah.

Indeks glikemik yang rendah membantu mengurangi lonjakan insulin.

  • Mengontrol kolesterol sehat

Satu mug beras organik dapat memenuhi 80 persen kebutuhan mangan harian bagi tubuh.

Asupan ini membantu tubuh manusia menghasilkan asam lemak sehat (kolesterol sehat).

  • Mengontrol penyakit jantung

Anda dapat melihat peningkatan fungsi jantung setelah mengonsumsi beras organik secara rutin.

Dikarenakan mengandung selenium yang merupakan mineral penting, beras organik diketahui dapat mengurangi kemungkinan resiko penyakit jantung dan jenis kanker tertentu.

Studi juga menunjukkan bahwa beras organik dikenal dapat mengobati rheumatoid arthritis.

Bupati Sergai Darma Wijaya


  • Kaya antioksidan

Beras organik kaya akan antioksidan yang membantu dalam mengobati stres oksidatif.

Konsumsi semangkuk nasi organik setiap hari dapat mencegah atau memperlambat kerusakan sel akibat radikal bebas.

Hasilnya adalah perlambatan proses penuaan, diabetes terkontrol, dan penyakit jantung.

  • Atasi gangguan pencernaan

Beras organik putih dikenal dapat memperlancar pencernaan.

Makanan ini membantu membakar kalori dan meningkatkan metabolisme, karenanya baik untuk diet penurunan berat badan.

  • Tingkatkan sistem kekebalan tubuh

Dengan penggunaan bahan kimia atau pestisida yang sangat sedikit, beras organik kaya akan protein dan vitamin alami, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Hal tersebut juga membantu melindungi tubuh dari kanker, disentri dan penyakit jantung.

Bupati Sergai Darma Wijaya
Lahan pertanian padi di Sergai. Bupati Darma Wijaya mendorong petani menggalakkan komoditas padi organik.

 

Implementasi

Kabupaten Sergai merupakan salah satu lumbung padi terbesar di Sumatera Utara. Karenanya, terkait dengan ketersediaan pangan, kabupaten hasil pemekaran Kabupaten Deli Serdang ini tentunya mampu berswasembada pangan.

Program Cetak Sawah Mandiri yang digagas Bupati H Darma Wijaya pun mampu mengharumkan nama Sergai di level nasional, lewat pencapaian Anugerah Kebudayaan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat.

Kini, Pemkab Sergai lebih fokus dalam swasembada pangan, khususnya ketersediaan beras. Dan, seiring perubahan tren penerapan pola hidup sehat mengkonsumsi produk organik, maka Pemkab Sergai juga mendorong petani lokal untuk mengembangkan budidaya padi organik.

Seiring itu, untuk upaya meningkatkan produksi beras organik sekaligus mensejahterakan petaninya, Bupati Sergai H. Darma Wijaya meluncurkan program “ASN Konsumsi Beras Organik” di Pendopo Kerajaan Bedagai, Komplek Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, 14 Februari 2023.

Darma Wijaya mengimbau para petani tidak ikut-ikutan menanam tanaman yang sedang viral dengan harga tinggi. Sebab, jika tak ada pabrik pengolahannya di daerah, saat panen tiba petani akan kesulitan dalam pemasarannya.

Ia pun berharap petani memahami potensi yang ada di daerah. Dijelaskan oleh Bupati, Kabupaten Sergai memiliki komoditas potensial seperti padi dan ubi kayu.

Kedua produk pertanian itu juga mudah dipasarkan, mengingat pabrik pengolahannya banyak terdapat di Sergai.

Lewat program ini, Bupati Sergai mengajak seluruh ASN mengkonsumsi minimal 10 Kg beras organik dalam sebulan. Sehingga, ini memotivasi petani untuk menanam padi organik dan meningkatkan hasil produksi.

“Beras organik yang dijual Rp15.000/kg ini kaya akan manfaat. Kabupaten Sergai menjadi salah satu lumbung padi di Sumatera Utara. Untuk meningkatkan produksi padi organik, harus dikombinasi dengan penggunaan pupuk organik. Harapannya, dengan adanya program “ASN Konsumsi Beras Organik”, beras organik dapat tersedia dan terjangkau masyarakat luas,” tukas Bupati.

Selain mengajak aparaturnya mengkonsumsi beras organik, Bang Wiwik juga mengatakan dinas terkait sudah mendorong petani untuk mengakses pasar melalui media sosial.

Kepala Dinas Pertanian Dedy Iskandar, melalui Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH), Kamis, 16 Februari 2023, menyampaikan ASN dapat membeli beras organik melalui Dinas Pertanian Kabupaten Sergai.

“Kepada ASN yang ingin mengkonsumsi beras organik dapat membelinya melalui Dinas Pertanian Kabupaten Sergai. Namun, untuk bulan Maret mendatang beras organik sudah bisa didapat di Koperasi Konsumen Korpri Sergai Maju Terus yang berada di Komplek Kantor Bupati Sergai,” pungkas Chairul. ***

 

Pengolahan data dan penyajian informasi ini merupakan hasil kerjasama AgioDeli.ID dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Serdang Bedagai, penulis: Sari Mahdini. 

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com