Demi Kesehatan Masyarakat Sergai, RSUD Sultan Sulaiman Terus Tingkatkan Fasilitas dan Layanan

Editor: AgioDeli.id author photo

RSUD Sultan Sulaiman Sergai
Bupati H. Darma Wijaya dan Wakil Bupati Adlin Tambunan meninjau fasilitas baru di RSUD Sultan Sulaiman, yakni Gedung Poliklinik. Fasilitas baru ini disiapkan demi meningkatkan kualitas layanan kesehatan masyarakat.

 

AgioDeli.IDRSUD Sultan Sulaiman di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara, terus berbenah guna meningkatkan layanan kesehatan bagi masyarakat.

Visi pelayanan RSUD Sultan Sulaiman diusung dengan motto “SERASI”, yang berarti Senyum, Empati, Ramah, Amanah, Sigap dan Ikhlas. Meningkatkan kualifikasi kesehatan masyarakat Sergai merupakan tanggungjawab yang diemban rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sergai ini.

Pemkab Sergai sendiri meyakini, partisipasi masyarakat terhadap pembangunan hanya bisa optimal jika masyarakatnya sehat. Karenanya, keberadaan dan fungsi RSUD Sultan Sulaiman menjadi sangat penting.

Barangkali tak ada yang menyangkal bahwa kesehatan adalah faktor sangat berharga dalam hidup. Dengan tubuh yang sehat, kita dapat melakukan segala aktivitas sehari-hari. Memiliki tubuh yang sehat tentu akan menghasilkan jiwa yang sehat pula.

Instalasi Gawat Darurat RSUD Sultan Sulaiman Sergai. Rumah sakit ini menjadi ujung tombak Pemkab Sergai dalam menjaga kualitas kesehatan warga.

Orang bijak mengatakan, masing-masing kita hendaknya jangan lupa untuk terus memperhatikan kesehatan tubuh. Sebab, kesuksesan akan indah dirasa jika dibarengi fisik dan jiwa yang sehat.

Pun begitu, fakta menunjukkan tak sedikit orang menyepelekan pentingnya menjaga  kesehatan tubuh. Banyak yang memaksakan raga bergerak tanpa henti.

Terkadang tubuh terlihat baik-baik saja, namun bisa tiba-tiba mengalami penurunan kesehatan secara drastis (drop), akibat banyaknya melakukan aktivitas.

Istirahat cukup termasuk salah satu cara memelihara kesehatan. Mengendalikan pikiran agar tidak stress pun tergolong bagian dari memperhatikan kesehatan.

Berbicara tentang kesehatan, khususnya dalam tatanan pemerintahan, pastinya semua menginginkan masyarakatnya sehat. Begitupun Pemkab Sergai.

Pemkab Sergai menyadari, mewujudkan visi Kabupaten Sergai yang “Maju Terus: Mandiri, Sejahera dan Religius” membutuhkan partisipasi aktif masyarakat betubuh dan jiwa yang sehat.

Strategi mencapai visi “Maju Terus” telah dirumuskan ke dalam Rencana Pembangunan  Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Sergai. Program-program strategis yang dirumuskan dalam RPJMD Sergai dikenal dengan sebutan “SAPDA” atau Sapta Dambaan.

Salah satu dari perwujudan SAPDA adalah menjadikan masyarakat yang sehat. Oleh karenanya, kesehatan tetap menjadi target sekaligus prioritas bagi kepemimpinan Bupati SErgai Darma Wijaya dan Wabup Adlin Tambunan.

Wakil Bupati Sergai Adlin Tambunan
Wakil Bupati Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan meresmikan gedung baru Poliklinik RSUD Sultan Sulaiman.

Fasilitas Kesehatan RSUD Sultan Sulaiman

Memasuki 2023, RSUD Sultan Sulaiman semakin berbenah meningkatkan fasilitas kesehatan bagi masyarakat. Terbaru, 12 Januari lalu, diresmikan Gedung Poliklinik RSUD Sultan Sulaiman di Sei Rampah.

”Bukan hanya pembangunan jalan yang genjot, akan tetapi pelayanan di bidang kesehatan juga terus kami lakukan. Setiap pelayanan yang diberikan kepada masyarakat harus maksimal guna mewujudkan masyarakat yang sehat,” terang Wabup Adlin Tambunan, usai meresmikan gedung tersebut.

Peningkatan fasilitas itu, harapnya, equivalent dengan pelayanan. Masyarakat harus merasa semakin dilayani oleh aparatur di RSUD Sultan Sulaiman. Sehingga rumah sakit tersebut bisa menjadi kebanggaan masyarakat Tanah Bertuah Negeri Beradat.

“Harapan kita bersama, kehadiran fasilitas berupa gedung baru ini dapat di manfaatkan sebaik-baiknya. Sehingga, mampu menambah penghasilan asli daerah (PAD) Kabupaten Sergai,” tutupnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Sultan Sulaiman dr Ahmad Idris Daulay, di ruang kerjanya, Kamis, 2 Maret 2023, menyampaikan bahwa gedung baru poliklinik yang diresmikan beberapa waktu lalu itu ditujukan untuk memaksimalkan pelayanan. Dari sisi kenyamanan, gedung itu jauh lebih baik.

Ia pun mengatakan, peningkatan fasilitas kesehatan dilakukan seiring membludaknya pasien di RSUD Sultan Sulaiman. Dengan jumlah ruang yang terbatas, tentu kurang maksimal dalam melakukan pelayanan kepada pasien.

“Berdasarkan data dari RSUD Sultan Silaiman tahun 2021-2022, peningkatan pasien yang berobat cukup meningkat. Pada tahun 2021, jumlah pasien rawat inap mencapai 2.500 orang lebih. Sedangkan tahun 2022 mengalami peningkatan mencapai 5.000 orang lebih yang menginap,” bebernya.

Mengingat kondisi itu, tambah dia, tahun 2023 ini fasilitas ruangan bagi pasien rawat inap akan ditambah. Pengusulan penambahan ruangan cukup realistis lantaran peningkatan kunjungan pasien. Ruangan yang ada selama ini dirasakan sudah tidak memadai lagi.

“Saat ini RSUD Sultan Sulaiman hanya memiliki 137 tempat tidur di ruang rawat. Periode Januari-Februari 2023 ini, ruangan rawat inap sering penuh. Maka dari itu, perlu dilakukan penambahan fasilitas ruangan dan diharapkan pada September-Oktober tahun 2023 bisa segera difungsikan,” harapnya.

“Kepada masyarakat Sergai kami pesankan agar jangan ragu untuk berobat ke rumah sakit. Kami akan berikan pelayanan maksimal,” tukasnya pula.

Dia pun memastikan, masyarakat Sergai yang kurang beruntung dalam hal perekonomian tetap mendapat pelayanan yang setara. Masyarakat yang seperti ini akan didaftarkan sebagai pasien non register.

“Termasuk masyarakat yang belum pernah terdaftar sebagai peserta BPJS, kami akan upayakan membantu untuk masyarakat yang bertempat tinggal di Sergai,” tutupnya.

Bupati Sergai H. Darma Wijaya
Bupati Sergai H. Darma Wijaya memberi pengarahan langsung kepada aparatur RSUD Sultan Sulaiman untuk terus meningkatkan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat. 

Sekilas tentang RSUD Sultan Sulaiman

Sejak diberlakukannya Peraturan Bupati Serdang Bedagai Nomor 37/2022 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Sulaiman, maka berubah pula status RSUD Sultan Sulaiman menjadi Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) dan naungannya menjadi di bawah Dinas Kesehatan.

Atas perubahan tersebut, Bupati Sergai H Darma Wijaya melalui Sekdakab H M Faisal Hasrimy, A.P., M.A.P. melantik pejabat di lingkungan UPTD RSUD Sultan Sulaiman di Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah pada 12 Agustus 2022 lalu.

Dalam kesempatan itu, Bupati berharap perubahan status ini membuat petugas rumah sakit, baik dokter, perawat maupun tenaga kesehatan lainnya, menjadi lebih termotivasi dan bersemangat dalam menjalankan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Kamaluddin Saragih, 44 tahun, warga Kecamatan Perbaungan, Sergai saat dirawat di RSUD Sultan Sulaiman beberapa waktu lalu menuturkan jika pelayanan yang diberikan tenaga medis di rumah sakit ini sangat prima. Selain ramah, mereka juga cukup sigap dan sangat baik.

Pria yang bertugas sebagai Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik (PIKP) Dinas Kominfo Sergai ini berharap, jajaran di RSUD Sultan Sulaiman tetap mempertahankan kualitas pelayanannya. Sehingga, para pasien merasa betah dan nyaman berobat.

RSUD Sultan Sulaiman mempunyai visi dan misi yang berorientasi pada rencana pembangunan nasional, pembangunan kesehatan indonesia, dan rencana pembangunan serta kebijakan daerah Kabupaten Sergai. Sebagaimana disebut di awal tulisan ini, visi tersebut diimplementasikan lewat motto “SERASI”.

Petugas medis RSUD Sultan Sulaiman menangani pasien. Respons cepat menjadi tugas penting mereka dalam menjaga fungsi layanan rumah sakit demi kesehatan masyarakat.

RSUD Sultan Sulaiman juga memberikan pelayanan kesehatan rawat jalan. Layanan rawat jalan ini juga melibatkan dokter spesialisas.

Layanan rawat jalan dikelompokkan pada beberapa kategori penyakit, yang masing-masing menjadi satuan layanan klini, yakni Klinik Spesialis Penyakit Dalam, Spesialis Penyakit Anak, Spesialis Penyakit Bedah, Spesialis Penyakit Obstetri dan Kandungan, Spesialis Penyakit Kulit dan Kelamin, Spesialis Penyakit Mata, Spesialis Penyakit Paru, Spesialis THT, Spesialis Jiwa, Spesialis Anasthesi, Spesialis Umum, Spesialis Gigi dan Mulut, Spesialis Forensik, Spesialis Cardiologi, Spesialis Syaraf, Spesialis Orthoped, dan Spesialis Griyatri.

Sedangkan untuk sarana penunjang, RSUD Sultan Sulaiman juga memiliki Instalasi Farmasi, Instalasi Patologi Klinis (laboratorium), Instalasi Gizi, Instalasi Radiologi, Instalasi Rehabilitasi Medis, Unit Tranfusi Darah (UTD), Instalasi Pemeliharaan Rumah Sakit (IPSRS), Instalasi Kamar Jenazah, Laundry, Unit Rekam Medis, Instalasi Pengolahan Air Limbah, Pelayanan Bedah Sentral, Pelayanan ICU dan Instalasi Rumah Sakit.

Seluruh instalasi tersebut merupakan bagian tak terpisahkan dari RSUD Sultan Sulaiman, tempat penyelenggaraan semua kegiatan medis yang ditujukan untuk keperluan rumah sakit itu sendiri.

Sebagai unit pelayanan masyarakat, RSUD Sultan Sulaiman juga menyediakan fasilitas layanan umum. Hal ini tentunya dapat dinikmati masyarakat, baik pasien maupun keluarga yang datang berkunjung.

Transportasi rujukan pasien (ambulan) merupakan salah satu dari layanan umum dimaksud. Ini tentunya sangat membantu, terutama dalam hal mendapatkan pelayanan kesehatan di rumah sakit rujukan. Sedangkan bentuk lain pelayanan umum di RSUD Sultan Sulaiman antara lain sarana parkir, musala, dan kantin.

Terkait sumber daya manusia (SDM), RSUD Sultan Sulaiman di Kabupaten Sergai tak hanya memiliki sejumlah dokter spesialis, dokter umum dan perawat. Lebih dari itu, rumah sakit ini juga memiliki sejumlah tenaga ahli lainnya, yakni apoteker, bidan, analis kesehatan, asisten apoteker, ahli gizi, fisiotherapi, radiographer, dan rekam medis.  ***

 

Pengolahan data dan penyajian informasi ini merupakan hasil kerjasama AgioDeli.ID dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Serdang Bedagai, penulis: Sari Mahdini.

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com