Sambut Ramadhan, Pemkab Sergai Pastikan Harga Bahan Pokok Stabil dan Terjangkau Rakyat

Editor: AgioDeli.id author photo

Bupati Sergai H Darma Wijaya dan Wakil Bupati Sergai Adlin Tambunan meninjau langsung pasar guna memastikan harga-harga kebutuhan pokok jelang Ramadhan 1444 Hijriah.

AgioDeli.ID
Ramadhan tiba. Seiring suka cita umat menyambut bulan penuh berkah ini, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai), Sumatera Utara, merangkai beragam kegiatan.

Hal pertama yang dilakukan Pemkab Sergai adalah mengendalikan inflasi. Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Sergai menggelar High Level Meeting Triwulan I Tahun 2023.

Rapat pengendalian inflasi ini dipimpin Wakil Bupati Adlin Umar Yusri Tambunan di Kompleks Kantor Bupati Sergai Sei Rampah, pada 17 Februari 2023.

Saat memimpin rapat, Adlin Tambunan menyampaikan bahwa saat ini sedang berlangsung situasi yang sangat sulit. Tengah terjadi krisis pangan, krisis energi dan krisis keuangan.

Mengingat itu, ia meminta agar semua pihak tidak lagi bekerja dalam ukuran standar atau sekadar memenuhi rutinitas.

“Berdasarkan survey pemantauan harga pada minggu pertama di bulan Februari 2023, komoditas penyumbang utama inflasi adalah beras. Komoditas ini menyumbang nilai inflasi sebesar 0,10 persen,” urainya.

Selain beras, komuditas utama penyumbang inflasi adalah minyak goring, yakni 0,06 persen. Kemudian, daging ayam ras 0,06 persen dan bawang merah 0,06 persen.

“Sementara komoditas yang menyumbang deflasi pada periode ini adalah sawi hijau 0,08 persen, bensin 0,06 persen, ikan dencis 0,06 persen, dan jeruk 0,02 persen,” jelasnya pula.

Wakil Bupati Sergai Adlin Tambunan memimpin High Level Meeting Triwulan I Tahun 2023 untuk mengendalikan inflasi selama Ramadhan. 

Menyambut Ramadhan yang jatuh pada bulan Maret 2023, kondisi tersebut menurut Adlin harus menjadi perhatian bersama TPID Kabupaten Sergai.

Dia menekankan agar TPID fokus pada program pengendalian inflasi dengan menyiapkan langkah-langkah tepat, cepat dan akurat.

Operasi pasar murah dan monitoring pasokan bahan pangan, tambahnya, dapat disegerakan untuk menjaga stabilitas harga di pasaran. Ia juga meminta agar antar stakeholder terus bersinergi dan berkoordinasi.

Terakhir, dia mengapresiasi Bank Indonesia (BI) perwakilan Sumut atas dukungan yang diberikan selama ini. Dirinya berharap rapat koordinasi ini berjalan efektif. Sehingga, upaya mengendalikan inflasi bisa sesuai rencana.

“Apresiasi juga saya sampaikan kepada semua tim yang tergabung dalam TPID Sergai, serta seluruh undangan. Semoga upaya kita mengendalikan inflasi dan rangkaian ketersediaan kebutuhan pokok bagi masyarakat berjalan dengan baik,” tandasnya.

 

Peninjauan ke pasar rakyat (pasar tradisional) rutin dilakukan Bupati Sergai H Darma Wijaya dan Ketua Tim Penggerak PKK Sergai untuk memastikan bahan pokok terjangkau daya beli masyarakat.

Cegah Kelangkaan BBM

Sebagai upaya menjamin pasokan bahan bakar minyak (BBM) selama Ramadhan, Pemkab Sergai menggelar rapat koordinasi (rakor) di ruang kerja Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sergai di Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Selasa, 7 Maret 2023.

Bupati Sergai H Darma Wijaya, lewat Sekdakab H M Faisal Hasrimy, memaparkan serangkaian langkah untuk menjamin pasokan BBM tersedia di Bulan Suci Ramadhan. Dia menyebut, langkah yang bisa diambil adalah mendata mata rantai distribusi BBM sampai tingkat desa.

“Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendata setiap kios yang menjual BBM sampai ke tingkat desa. Hal ini penting untuk mengetahui jumlah kios yang ada, lokasi kios, dan pemilik kios. Dengan begitu, akan lebih mudah memantau stok BBM dan mengawasi penyalurannya,” ujar Sekda yang didampingi Asisten Ekbang.

Selanjutnya, dia menyebut perlu dilakukan pengawasan terhadap stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) agar menyalurkan BBM kepada yang berhak. Pihak SPBU harus memastikan bahwa bahan bakar disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan dengan harga wajar.

“Para Camat dan aparat pemerintahan setempat perlu dilibatkan dalam pengawasan stok bahan bakar. Mereka harus memastikan bahwa stok bahan bakar tersedia di setiap kios dan tidak ada penimbunan yang dilakukan pihak-pihak tidak bertanggungjawab,” katanya lagi.

Dalam menjaga ketersediaan stok minyak, Sekda menyebut perlu koordinasi yang baik antarpihak terkait. Koordinasi antara pemerintah, SPBU, dan kios penjual harus dilakukan terus-menerus untuk memastikan ketersediaan stok memadai.

“Tidak boleh ada penimbunan yang dilakukan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengawasan dan penegakan hukum terhadap pelaku penimbunan agar dapat mencegah terjadinya kelangkaan,” tegasnya lagi.

Di bulan Ramadhan, kebutuhan masyarakat terhadap BBM menurutnya akan meningkat. Karena itu, perlu dilakukan peningkatan pengawasan dan penyaluran bahan bakar agar tidak terjadi kelangkaan.

“Tak kalah penting adalah diperlukan pembinaan, sosialisasi, dan penertiban, agar masyarakat memahami pentingnya menjaga ketersediaan stok bahan bakar. Hal ini harus dilakukan,” tandasnya.

 

High Level Meeting Triwulan I 2023 dipimpin Wakil Bupati Sergai Adlin Tambunan dalam rangka mengendalikan inflasi jelang Ramadhan 1444 Hijriah. 

Pasar Rakyat

Dua hari jelang Ramadhan, tepatnya 21 Maret 2023, Pemkab Sergai juga meninjau Pasar Rakyat Perbaungan guna memantau harga kebutuhan pokok. Peninjauan pasar kali ini dipimpin Wakil Bupati (Wabup) Adlin Umar Yusri Tambunan, didampingi kepala organisasi perangkat daerah (OPD).

Di sela peninjauan, Wabup menyampaikan hal ini merupakan kegiatan rutin untuk memastikan ketersediaan barang dan stabilnya harga serta daya jangkau masyarakat.

“Jelang Ramadhan, peninjauan ke pasar rakyat seperti ini dilakukan untuk memastikan ketersediaan dan harga stabil pada barang-barang kebutuhan pokok yang banyak dibutuhkan masyarakat, seperti beras, daging, sayur-sayuran, buah-buahan, dan bahan-bahan makanan lainnya,” ujarnya.

Salah satu tantangan yang dihadapi dalam momen hari besar, jelasnya, adalah pengendalian inflasi harga-harga komoditas utama. Selain itu, dirinya menyebut peninjauan juga merupakan kesempatan baginya untuk berinteraksi dengan masyarakat dan pedagang di pasar.

Interaksi diperlukan untuk menyerap langsung aspirasi terkait kebutuhan dan masalah yang dihadapi masyarakat maupun pedagang.

Wakil Bupati Sergai Adlin Tambunan mencatat terjadi penurunan harga sejumlah komoditas pokok di Pasar Rakyat Perbaungan jelang Ramadhan.

Dari hasil pemantauan Adlin Tambunan di Pasar Rakyat Perbaungan, Ramadhan tahun ini stok sembako cenderung cukup. Bahkan, pada komodits tertentu jumlahnya melimpah.

Dari segi harga, dirinya juga memastikan trennya normal hampir di semua jenis bahan pangan.

“Semoga kondisi seperti ini bisa bertahan untuk seterusnya sehingga masyarakat dapat menjalankan ibadah puasa dengan nyaman dan tenang,” timpalnya.

Dia membeber, ada beberapa komoditas yang justru mengalami penurun harga, antara lain cabai rawit Rp18.000/kg dari sebelumnya Rp22.000. Kemudian, bawang putih yang turun menjadi Rp28.000/kg setelah sempat berada di angka Rp32.000/kg.

Ikan gembung pun harganya pun turun cukup signifikan, dari yang awalnya Rp45.000/kg menjadi Rp40.000/kg.

Sementara, komoditas yang tercatat naik hanyalah telur ayam boiler, yakni menjadi Rp1.600/butir atau naik Rp100 dari harga sebelumnya.

Bahan pokok lain, seperti daging sapi, daging ayam, beras, tepung, minyak makan dan susu masih tercatat stabil.

 

Harga telur ayam ras, berdasarkan pemantuan Wakil Bupati Sergai Adlin Tambunan merupakan satu-satunya bahan kebutuhan pokok yang mengalami sedikit kenaikan jelang Ramadhan.

Kampung Ramadhan

Selama sebulan pada Ramadhan kali ini, Pemkab Sergai menggelar Gebyar Kampung Ramadhan.

Banyak kegiatan yang dilaksanakan pada event tersebut, di antaranya bazar Ramadhan yang melibatkan UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah) di Sergai dan Pentas Seni Remaja Islami Dambaan.

Gelaran ini diresmikan Bupati Sergai Darma Wijaya, didampingi Wabup Adlin Tambunan bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Jumat, 24 Maret 2023. ***

Pengolahan data dan penyajian informasi ini merupakan hasil kerjasama AgioDeli.ID dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Serdang Bedagai, penulis: Sari Mahdini.

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com