Bupati Terima Rekomendasi LKPj TA 2022 dari Pansus DPRD Deli Serdang

Editor: Redaksi AgioDeli.id author photo
Rekomendasi LKPj TA 2022 DPRD Deli Serdang

AgioDeli - Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan telah menerima rekomendasi Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) TA 2022 dari Panitia Khusus (Pasnsus) DPRD Deli Serdang.

Penyerahan Rekomendasi  LKPj Tahun Anggaran (TA) 2022 diserahkan kepada  Bupati Deli Serdang pada sidang paripurna, Selasa (23/5/2023).

"Kami harapkan, catatan dan rekomendasi yang kami sampaikan ini bisa direalisasikan dan menjadi bahan pertimbangan untuk melakukan perbaikan kinerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang di masa akan datang," ungkap Ketua Pansus LKPj, Antonius Ginting.

Seperti diketahui, rekomendasi tersebut merupakan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan daerah. Rekomendasi diberikan setelah memperhatikan laporan hasil Panitia Khusus (Pansus) DPRD Deli Serdang untuk mencermati, membandingkan dan menelaah LKPj Bupati Deli Serdang TA 2022.

Sementara itu, atas rekomendasi yang diberikan itu, Bupati menjelaskan LKPj TA 2022 tersebut disampaikan sesuai amanat Pasal 69 ayat (1) Undang-Undang (UU) No.23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana telah diubah dengan UU No.9 Tahun 2015 Tentang Perubahan Kedua atas UU No.23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah, yang menyatakan kepala daerah mempunyai kewajiban menyampaikan laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah, laporan keterangan pertanggungjawaban, dan ringkasan laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Hal itu juga diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) No.13 Tahun 2019 Tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No.18 Tahun 2020 Tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah (PP) No.13 Tahun 2019 Tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, bahwa kepala daerah menyampaikan LKPj kepada DPRD dalam rapat paripurna yang dilakukan satu kali dalam satu tahun.

"Meskipun disadari, penyajian laporan yang telah disampaikan, mungkin dirasa masih adanya kekurangan, baik dalam muatan maupun hasil capaian kinerja yang diperoleh. Namun, kami berkeyakinan apa yang telah disampaikan, telah mencakup hal-hal yang diperlukan sebagai informasi pelaksanaan tugas-tugas penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, sesuai dengan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) yang telah ditetapkan," kata Bupati.

Atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang, Bupati memberi apresiasi dan penghargaan kepada pimpinan dan seluruh anggota DPRD atas rekomendasi yang telah diberikan.

"Berbagai tanggapan dan saran perbaikan yang dikemukakan panitia khusus sebagai catatan, tentu akan menjadi masukan sangat berharga bagi seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Deli Serdang sebagai bahan evaluasi dan tindak lanjut ke depan," sambung Bupati.

Bupati juga menjabarkan penyelenggaraan pemerintahan yang telah dilaksanakan selama tahun 2022, belum seluruhnya berjalan maksimal. Namun, dengan sinergitas eksekutif dan legislatif serta dukungan berbagai pihak, diyakini visi dan misi Kabupaten Deli Serdang bisa diwujudkan.

"Di samping belum tercapainya perolehan target pendapatan daerah, kita juga masih menyisakan berbagai tantangan yang harus diselesaikan lagi ke depannya, baik melalui dukungan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), maupun melalui pola sinergitas tiga pilar kekuatan pembangunan, yaitu kekuatan pemerintah, partisipasi masyarakat dan dukungan potensi sektor swasta," kata Bupati pada rapat yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Deli Serdang, Amit Damanik bersama Wakil Ketua DPRD Deli Serdang lainnya, Dr H Nusantara Tarigan Silangit SE MM MH;unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan dihadiri anggota DPRD Deli Serdang dan pejabat dari Pemkab Deli Serdang

Bupati yang turut didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Deli Serdang, H Timur Tumanggor Ssos MAP dan para pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) tersebut juga mengajak semua pihak untuk terus menumbuhkan semangat kebersamaan, diiringi dukungan dan kemauan yang kuat untuk membangun Kabupaten Deli Serdang menjadi lebih baik ke depannya.(AMAL)

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com