Pemilu Adalah Event Rakyat, Pentingnya Praktisi Event Dilibatkan

Editor: dicky irawan author photo
Muhammad Aulia ST selaku Owner Anak Deli Organizer.


AgioDeli.id: Bicara event pastilah terkait dengan pelaksana dan penyelenggara acara sehingga keterlibatan dengan praktisi event/Event Organizer (EO) sangatlah penting. 

Terlebih lagi bicara soal strategi promosi dan teknis, karena ini sudah menjadi profesi para EO. Para praktisi EO ini juga bagian dari akademisi dikarenakan beberapa diantaranya adalah sebagai pengajar atau dosen di beberapa universitas, mengajar matakuliah tentang EO. 

Selama perjalanannya, para praktisi hukum dan akademisi di bidang hukumlah yang dominan memprakarsai setiap momen pelaksanaannya. 

Apalagi tim seleksi kepanitiaannya, tidak salah, namun kalau dikaji ke belakang permasalahan yang muncul yang mengakibatkan delik hukum sebagian besar diakibatkan masalah teknis. Masalah teknis muncul jika dirunut lagi ke belakang akibat persiapan penyelenggara dan pelaksana acara. 

Tidak ada yang disalahkan dalam hal ini karena di dalam tim yang terbentuk tidak terlibat yang memang benar spesialis teknis dalam perancangan suatu acara. 

Kemungkinan diakibatkan kajian- kajian yang dominan dibahas adalah aspek hukumnya saja. Namun kurang begitu detail dalam kajian pelaksanaan acaranya. Wajar saja karena yang mengkaji pelaksanaan Pemilu tersebut praktisi atau akademisi yang bukan penyelenggara acara. 

Padahal jika diantara komisioner tersebut terselip 1 orang praktisi event pastilah ada ruang untuk bicara teknis event yang lebih detail. 


Menghilangkan dan Memperkecil Masalah 

Ada beberapa hal yang sering dikaji dalam pelaksanaan event yaitu : 


1.Perizinan 

Terkait dengan Pemilu, pastilah izin yang dimaksud SK pelaksana, waktu dan tempat pelaksanaan (Hulu ke hilir, mulai dari pusat sampai dengan kpps dan Bawaslu kelurahan) sehingga waktu dan tempat pelaksanaannya sampai dengan tingkat KPPS sudah sesuai. Sehingga tidak ada bilik suara yang menyempil di teras rumah warga seadanya dan lainnya. Hal itu sebagai gambaran garis besarnya. 


2. Produksi Event 

Dalam hal Pemilu, pastilah terkait dengan; surat suara, kertas plano perhitungan alat pencoblos/pena, tinta, DPT pemilih, kertas plano perhitungan suara, form rekap, papan informasi, jalur masuk dan keluar pemilih, kursi dan tenda, pengeras suara dan lainnya. Bahkan web untuk lapor cepat. 

Apakah sudah terkondisi dengan baik?. Bicara teknis pendistribusiannya, sampai dengan kajian kualitas produksinya, tim penyelenggara dan pelaksana event, tallent, mulai dari Komisioner KPU pusat, provinsi, kabupaten/kota, PPK, PPS, KPPS, begitu juga dengan Bawaslu, apakah sudah terbentuk dan paham soal teknis pelaksanaan,. 

Jika perlu ada pelatihan di tingkat kecamatan sampai petugas KPPS, sehingga memperkecil ruang untuk salah dalam teknis pelaksanaannya. 


3. Rundown Event atau Susunan Acara 

Susunan acara ini haruslah detail dan tepat waktu untuk menghindari molornya pelaksanaan yang berakhir dengan kelelahan. 

Sehingga dianggap sangatlah penting sekali orang- orang yang terlibat, haruslah punya kapasitas dan kapabilitas dalam pelaksanaannya. 


Penulis : Muhammad Aulia ST.

Owner : Anak Deli Organizer

Member : Asosiasi Perusahaan Penyelenggara dan Pelaksana Acara Indonesia  (Appara Indonesia)

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com