Bank Sumut Raih Dua Penghargaan Top CSR Award

Editor: Donny author photo

Unsur Pimpinan Bank Sumut seusai menerima penghargaan Tops CSR Award 2023

AgioDeli.id
- PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Utara (Bank Sumut) berhasil meraih dua penghargaan yang antara lain sebagai TOP CSR 2023 #Stars 4 dan Top Leader on  Commitment untuk Plt Direktur Utama Hadi Sucipto pada Acara tahunan  penghargaan CSR yang terbesar di Indonesia, yakni Top CSR Awards 2023, yang dilangsungkan, Rabu, 7 Juni 2023, di Hotel Rafless Jakarta. 

Acara tersebut dihadiri oleh lebih dari 600 orang dari berbagai kalangan, termasuk para CEO/pimpinan perusahaan dari berbagai sektor yang memenangkan penghargaan tersebut. Turut hadir pada acara tersebut Plt Dirut Bank Sumut Hadi Sucipto didampingi Corporate Secretary Agus Condro Wibowo dan Pimpinan Unit CSR Bank Sumut Abdul Hamid.

Penghargaan Top CSR Awards 2023 diraih Bank Sumut karena perusahaan dinilai memiliki komitmen tinggi dalam menjalankan CSR yang tak hanya  mendukung tujuan pembangunan yang berkelanjutan namun juga mendukung Pembangunan Daerah di Sumatera Utara. 

Plt Dirut Bank Sumut Hadi Sucipto menyampaikan apresiasi dan ucapan terima Kasih atas penghargaan yang diberikan oleh TOP Bussines tersebut. Hadi menyampaikan Melalui program CSR Bank Sumut berharap mampu mendukung tujuan pembangunan yang berkelanjutan. “Ini karena program CSR dapat mendukung strategi perusahaan untuk mendukung produk – produk Bank Sumut seperti Kredit, Simpanan dan organisasi Bank Sumut,” Ujarnya

 “Selain itu program CSR yang dijalankan oleh kami di Bank Sumut diharapkan membantu meningkatkan perekonomian bagi masyarakat yang pada akhirnya berkontribusi dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah. Yang mana ini sesuai dengan visi dan misi serta tujuan dari perusahaan itu sendiri,” sambungnya

Dalam wawancara penjurian Top CSR Awards 2023 yang diselenggarakan Majalah Top Business secara virtual pada Jumat (12/05/2023) lalu. Corporate Secretary Bank Sumut Agus Condro Wibowo didampingi Asistem Manajer Unit CSR M Ekky Yudhistira menuturkan dalam pelaksanaan program CSR, Bank Sumut telah memiliki motto dan pilar CSR agar program yang dijalankan tepat sasaran dan sesuai dengan visi dari perusahaan. Motto CSR Bank Sumut yaitu berlandas pada konsep “EARTH’ atau Empathy, Awareness, Responsibility, Transparency dan Harmony.

“Kami juga memiliki empat pilar CSR yakni Pilar Ekonomi (Economic), Pilar Pendidikan (Education), Pilar Lingkungan (Environment) dan Pilar Sosial (Social). Keempat pilar ini merupakan landasan dimana program CSR kami difokuskan.,” papar Agus.  Lebih lanjut, M Ekky Yudhistira menjelaskan program CSR yang nantinya dijalankan berdasar pada motto dan pilar CSR diatas selain bertujuan mendukung pembangunan berkelanjutan juga diharapkan mampu membangun harmonisasi antara Bank dengan masyarakat dan lingkungan dalam konsep keseimbangan 3P (Profit, People, Planet).

“Selain itu kami berharap CSR juga mampu meningkatkan persepsi (citra/image) positif masyarakat terhadap eksistensi dan reputasi perusahaan. Serta menjaga keberlangsungan eksistensi perusahaan dengan menumbuhkan sikap penerimaan dan dukungan masyarakat terhadap perusahaan,” jelas dia. 

Ketua Penyelenggara Top CSR Awards 2023, M. Lutfi Handayani yang sekaligus Pemimpin Redaksi majalah Top Business, mengatakan bahwa tema tahun 2023 ini “CSR Innovation Programs for Sustainable Business Growth”, penting untuk perusahaan yang mengimplementasikan CSR di Indonesia. “CSR harus selaras dengan strategi bisnis perusahaan dan kesinambungan perusahaan,” kata Lutfi yang juga pemimpin redaksi Majalah TopBusiness tersebut.

Lutfi mengatakan bahwa, “Kegiatan TOP CSR Awards 2023 ini diikuti oleh 900 perusahaan di Indonesia (long list kandidat pemenang). Sebanyak 188 perusahaan yang mendaftar, dan 174 perusahaan yang mengikuti penilaian secara lengkap. Jumlah ini meningkat 17,2% dibanding tahun 2022 yang lalu.

Ketua Dewan Juri Top CSR Awards 2023, Mas Achmad Daniri, memaparkan sejumlah hal penting mengenai proses penilaian dan penjurian di Top CSR Awards. Pertama, ia menjelaskan bahwa kategori penghargaan Top CSR Awards 2022 untuk perusahaan/organisasi, diklasifikasikan dalam lima tingkatan Level  Bintang, yakni Bintang 1 hingga Bintang 5. 

“Penentuan level tersebut, ditentukan berdasarkan sejumlah kriteria,” kata Daniri, Pertama, keselarasan inisiatif CSR (atau dukungan program CSR) terhadap strategi pertumbuhan bisnis perusahaan yang berkelanjutan, termasuk bagaimana CSR dijalankan oleh perusahaan.

Kemudian yang kedua, tingkat adopsi kebijakan dan program CSR terhadap ketentuan ISO 26000:2010 Social Responsibility (baik yang dilakukan divisi CSR maupun klaim/pengakuan dari divisi lain di luar CSR yang terkait klausa-klausa/ subyek inti di ISO 26000 SR). 

Sedangkan kriteria yang ketiga adalah sistem tata kelola CSR (terkait perencanaan, pelaksanaan, monitoring, pelaporan, dll). Dan terakhir, yang keempat adalah inovasi program CSR unggulan, yang dapat menjadi contoh/dapat direkomendasikan kepada perusahaan lain.

Selain itu ada penghargaan kategori Top Leader on CSR Commitment 2023. Ini adalah penghargaan yang diberikan kepada pimpinan perusahaan yang dinilai berkomitmen tinggi dalam mendukung kebijakan dan implementasi CSR di perusahaannya. ***

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com