Jaga Stabilitas Inflasi, Pemkab DS Jalankan Strategi 4K

Editor: Redaksi AgioDeli.id author photo
strategi 4k

AgioDeli.id - Pemerintah Kabupaten Deli Serdang (Pemkab DS) telah melakukan langkah-langkah penting dalam menjaga stabilitas harga dan pasokan bahan pangan strategis melalui strategi 4K, yaitu keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, dan komunikasi efektif. Hal ini dilakukan untuk menjaga stabilitas inflasi di daerah tersebut.

Berdasarkan Roadmap Pengendalian Inflasi Daerah Kabupaten Deli Serdang No.182 Tahun 2022 tentang Peta Jalan Rencana Aksi Penyelenggaraan Pengendalian Inflasi Daerah Kabupaten Deli Serdang Tahun 2022-2024, Pemkab DS telah mengimplementasikan langkah-langkah tersebut. Hingga bulan Juni 2023, inflasi di Kabupaten Deli Serdang tercatat sebesar 2,47 persen year on year (yoy), yang masih mengacu pada Kota Medan sebagai kota Indeks Harga Konsumen (IHK).

Sekretaris Daerah Kabupaten Deli Serdang, H. Timur Tumanggor SSos MAP, menyampaikan bahwa inflasi pada bulan Juni 2023 dipengaruhi oleh momen Idul Adha 1444 Hijriah dan dinamika harga komoditas pangan. Daging ayam ras dan cabai merah menjadi komoditas yang berkontribusi besar terhadap inflasi dengan masing-masing andil sebesar 0,14 persen.

Sekda menyatakan bahwa menjaga stabilitas harga bahan pokok yang dapat memicu inflasi di Kabupaten Deli Serdang merupakan tanggung jawab kita bersama. Ia mengharapkan seluruh perangkat daerah bekerja keras dalam memantau, mengawasi, dan menjaga stabilitas harga agar inflasi tetap terkendali. Sekda juga mengajak semua perangkat daerah terkait untuk berkolaborasi dan berinovasi guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Deli Serdang, sesuai dengan prinsip 4K yang tertuang dalam Roadmap Pengendalian Inflasi Daerah Kabupaten Deli Serdang.

High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Deli Serdang diadakan untuk membahas realisasi peta jalan TPID Kabupaten Deli Serdang Semester I Tahun 2023 dalam menjaga stabilisasi harga bahan pangan pokok. Pertemuan tersebut dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk perwakilan Biro Perekonomian Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Utara, serta pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) yang tergabung dalam TPID Kabupaten Deli Serdang.

Dengan adanya koordinasi dan kerja sama yang baik antara semua pihak terkait, diharapkan stabilitas inflasi di Kabupaten Deli Serdang dapat terus terjaga. Pemkab DS siap berupaya maksimal untuk mencapai pemulihan ekonomi dan memberikan manfaat besar bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat, sesuai dengan visi yang telah ditetapkan.(AMAL)

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com