Bobby Nasution: Porkot Medan 2023 Ajang Penting Persiapan Atlet Medan untuk PON 2024

Editor: Redaksi AgioDeli.id author photo
Porkot Medan 2023


AgioDeli.id - Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution mengatakan, ajang Pekan Olahraga Kota (Porkot) Medan 2023 merupakan ajang penting dalam rangka persiapan atlet Kota Medan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang akan digelar di Aceh dan Sumatera Utara tahun 2024.

Hal itu Bobby sampaikan dalam amanatnya pada pembukaan perhelatan Pekan Olahraga Kota (Porkot) Medan XIII tahun 2023, di Stadion Teladan Medan, Sabtu (19/08/2023) yang berlangsung semarak.

"Yang paling penting, Porkot Medan 2023 ini merupakan upaya, cara agar atlet Kota Medan mempersiapkan dirinya untuk mengikuti PON 2024. Atlet lain harapannya ke depan bisa mengikuti kejuaraan tingkat provinsi, tingkat nasional, bahkan internasional," kata Bobby.

Dengan cukup banyaknya atlet Sumut yang akan berlaga di PON 2024 mendatang serta beberapa venue pertandingan juga berada di Kota Medan, Wali Kota mengatakan, saat ini Pemprovsu maupun Pemko Medan sedang melakukan persiapan infrastruktur, termasuk mempersiapkan atlet.

Selain itu kata Bobby, yang tak kalah penting pada Porkot Medan 2023, para atlet dan juri yang terlibat tetap menjunjung tinggi sportifitas demi pelaksanaan Porkot Medan yang baik dan berkualitas.

"Menjadi atlet bukan terlahir dari bakat, namun perlu ditekuni, disiapkan. Fundamentalnya hari bisa terbentuk baik dalam lapangan maupun di luar lapangan. kekompakan pemain dan pelatih, saling support jadi modal penting. Selain itu, kami ingatkan, kerjasama atlet dan wasit tidak diperbolehkan," katanya.

Sementara itu Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Medan, Eddy H Sibarani dalam sambutannya menyebutkan, sebanyak 3.545 atlet bersaing di Porkot Medan ke -13. Dia juga menyebut, dari jumlah itu, 400 atlet di antaranya tergabung di tim Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) PON 2024.

"Porkot Medan ke-13 ini kita harapkan menjadi Porkot berkualitas," ujar Eddy H Sibarani.

Kendati hadir sejak siang hari, ribuan atlet dan ofisial tampak bersemangat mengikuti rangkaian pembukaan Porkot Medan oleh Wali Kota Medan.

Kegiatan diawali pembacaan doa oleh Kepala kantor Kemenag (Kakan Kemenag kota Medan H Impun Siregar, MA dan sambutan Ketua Umum Komite Nasional Indonesia (KONI) Kota Medan, Eddy H Sibarani.

Selanjutnya digelar upacara pembukaan dengan Wali Kota Medan sebagai pembina upacara. 

Usai Wali Kota Medan membuka resmi Porkot Kota Medan,  kegiatan dilanjutkan dengan penyalaaan obor Porkot Medan ke-13 dilakukan Haryanto, atlet Wushu Medan peraih medali emas SEA Games dan Nurmala Deli, atlet Medan peraih medali emas tinju di PON Riau 2012 lalu. 

Kegiatan dilanjutkan dengan memencet sirine tanda pembukaan Porkot Medan ke-13, menerbangkan balon udara, defile kontingen Porkot Medan dari 21 kecamatan, serta atraksi sejumlah atlet bela diri dengan disiplin berbeda.

Hiburan serta lucky draw semakin memeriahkan pembukaan Porkot yang berlangsung sejak 19 hingga 26 Agustus mendatang. Ke-24 Cabor digelar di berbagai wilayah di Kota Medan.(AMAL)

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com