Disdik Siap Jadikan Taman Pendidikan Islam Pilot Project Pengembangan SLB di Sumut

Editor: Donny author photo

Ketua Umum Pimpinan Pusat Taman Pendidikan Islam  Prof. H. Ismet Danial Nasution drg., Ph.D., Sp. Prost (K)., FICD, bersama unsur pengurus dan Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Utara, Ir. Abdul Haris Lubis M.Si seusai acara syukuran dan upah-upah

 


AgioDeli.id
- Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumatera Utara bisa memberi ruang lebih bagi Sekolah Luar Biasa (SLB) yang ada di Sumatera Utara. Ruang lebih yang dibuka untuk SLB-SLB di Sumut ini nantinya diyakini bakal memunculkan berbagai program-program yang berguna bagi kemajuan pendidikan di Sumatera Utara.

Hal ini disampaikan Ketua Umum Pimpinan Pusat Taman Pendidikan Islam (TPI) Prof. H. Ismet Danial Nasution drg., Ph.D., Sp. Prost (K)., FICD, dalam acara Syukuran dan Upah-Upah Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, Ir. Abdul Haris Lubis, M.Si, di Aula SLB ABC TPI, Jalan SM. Raja No 5 Medan, Sabtu, 9 Maret 2024.

"Saya sedikit menjelaskan Taman Pendidikan Islam ini menjadi cikal bakal berdirinya SLB ABC TPI yang didirikan oleh almarhum H. Rivai Abdul Manaf Nasution. Beliau sendiri memiliki pola fikir yang menurut kita cukup visioner dengan mengembangkan pendidikan yang sedikit diluar kebiasaan yakni dengan mengedepankan anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus," ujar Prof Ismet yang juga bergelar Datuk Cendikia Darmalaksana Raja ini.

Menurut Prof Ismet, sebelum TPI didirikan sudah banyak organisasi massa maupun organisasi Islam yang concern pada dunia pendidikan, namun Almarhum H. Rivai Abdul Manaf Nasution justru memilih mengembangkan sistem pendidikan untuk orang berkebutuhan khusus.

"Ada dalam buku panduan pendirian TPI yang menyebutkan Jangan Bermain di Lapangan yang sempit. Ini lah yang mendasari TPI mengembangkan sistem pendidikan dengan mendirikan SLB ABC yang bertahan hingga saat ini," paparnya.

Untuk itu, Prof Ismet berharap jalinan silaturahmi dengan Disdik Provsu khususnya Kepala Dinas, Ir. Abdul Haris Lubis, M.Si bisa memunculkan berbagai program yang bisa menjadi pedoman dan panduan buat SLB lainnya di Sumatera Utara.

"Harapan kita dengan jalinan silaturahmi ini bisa tercapai berbagai program yang mampu memberikan banyak manfaat bagi masyarakat kedepan," harapnya.

Sementara itu, Ir. Abdul Haris Lubis, M.Si dalam sambutannya menjelaskan acara dan syukuran yang dilaksanakan Taman Pendidikan Islam untuk dirinya ini merupakan satu kehormatan penting dan menjadi satu dorongan untuk bekerja lebih baik dalam memajukan dunia pendidikan di Sumut kedepan.

"Guna memajukan pendidikan di Sumut, kami dari Dinas Pendidikan akan terus berkoordinasi dengan lembaga-lembaga yang concern pada dunia pendidikan. Di hari pertama berkantor sebagai Kadisdik, saya sudah melakukan berbagai koordinasi guna pengembangan pendidikan," jelasnya.

Selain itu, Abdul Haris Lubis juga menegaskan bakal menyiapkan program khusus bagi Sekolah Luar Biasa TPI dan diharapkan, program tersebut bisa menjadi pilot project guna pengembangan SLB yang ada di Sumatera Utara.

"Dengan kemauan dan kerja keras semua pihak, diharapkan program yang akan dirancang nanti bisa berguna bagi dunia pendidikan di Sumut," pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Sekolah SLB TPI Lindayani, sedikit memaparkan jika saat ini di SLB ABC TPI ada sebanyak 218 siswa/i dari berbagai tingkatan baik SD, SMP dan SMA menuntut ilmu di sekolah tersebut.

Setelahnya, Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Utara menjalani Upah-Upah yang dipimpin oleh H. Ikrom Helmi Nasution SH, yang juga menjadi Ketua Panitia kegiatan.

Acara Syukuran dan Upah-Upah ini sendiri akhirnya ditutup dengan doa serta makan siang bersama para undangan. (Donny)

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com