74 Tahun Berdiri, TPI Terus Tingkatkan Mutu Pendidikan di Sumut

Editor: Donny author photo

Pengurus Yayasan Taman Pendidikan Islam memperingati HUT TPI ke-74

AgioDeli.id
- Meningkatkan mutu pendidikan anak-anak yang tinggal di lingkungan perkebunan, menjadi salah satu tekad besar yang diusung almarhum Drs. KH. Rivai Abdul Manaf Nasution, saat mendirikan Taman Pendidikan Islam (TPI) pada 1 Mei 1950 silam.

Hal ini disampaikan Ketua Umum Yayasan Taman Pendidikan Islam, Prof, H. Ismet Daniel Nasution, drg, Ph.D, Sp.Pros(K), FIND saat membuka kegiatan HUT TPI ke-74, Rabu 1 Mei 2024, di Aula Ar Rivai Gedung TPI, Jalan SM Raja Medan.

"Semua ini dimulai atas keprihatinan seorang tokoh muda bernama Drs. KH. Rivai Abdul Manaf Nasution yang melihat tidak adanya sarana pendidikan di lingkungan perkebunan negara di Sumatera Utara. Sebagai komoditas penghasil devisa besar bagi negara, para pekerja yang tinggal di areal pemukiman tidak bisa menyekelohkan anak anak mereka karena tidak adanya fasilitas pendidikan," jelasnya.

Ditambahkan Prof Ismet yang juga bergelar Datuk Cendikia Darmalaksana Raja ini, karena hal ini, KH. Rivai Abdul Manaf bersama beberapa saudara dan sahabatnya bertekad mendirikan sekolah di pemukiman para pekerja perkebunan. 

"Namun, semangat juang dalam mencerdaskan anak bangsa tidaklah semudah yang dibayangkan, karena harus menghadapi sikap feodal pejabat negara pada masa itu dan ketiadaan biaya dalam membangun sarana dan prasarana menjadi faktor utama yang yang harus mereka jalani," jelasnya.

Berbekal tekad yang kuat dan prinsipi teguh yang dipegang KH Rivai Abdul Manaf Nasution, usaha mencerdaskan bangsa ini bisa terwujud dan mampu bertahan hingga sekarang, bahkan menjadi barometer bagi lembaga pendidikan lainnya di Sumatera Utara.

"Beliau memiliki prinsip yang sedikit berbeda dengan yang lain yakni melebarkan pengembangan pendidikan ke berbagai sektor. 'Jangan Bermain di tempat sempit' itu yang selalu diusungnya dalam setiap kegiatan," terangnya.

Terakhir, Prof Ismet menjelaskan, selama 74 tahu berdiri, saat ini Yayasan Taman Pendidikan Islam sudah memiliki beberapa unit pendidikan diantaranya, SD Islam Terpadu, Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA), Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, SLB ABC dan Pesantren Darul Hikmah TPI.

Sementara itu, Yuliandi, Kabag Kesra Provsu yang mewakili Pj Gubernur Sumatera Utara, Hasanuddin dalam sambutannya mengaku Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, siap mendukung program pendidikan yang ada di lingkungan TPI.

"Kita ucapkan selamat atas TPI yang sudah banyak memberi kontribusi dalam dunia pendidikan di Sumatera Utara dalam 74 tahun ini. Kita harapkan TPI bisa terus berkembang dan meenjadi contoh bagi lembaga pendidikan lainnya," pungkasnya.

Sedangkan Ketua Panitia HUT TPI ke-74, H. Ikrom Helmi Nasution dalam laporannya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang hadir dan membantu pelaksanaan halal bi halal serta zikir akbar pada perayaan HUT TPI ke-74 ini.

Kegiatan ini sendiri diisi dengan zikir akbar yang yang dipimpin Prof. DR. KH. Amiruddin, MS, MA, MBA, Ph.D. yang dikuti secara khidmat oleh seluruh tamu undangan yang hadir. (Donny)

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com