Produk Unggulan UMKM Kota Medan Masuk Ke Pasar Modern

Editor: Donny author photo

Walikota Medan melihat salah satu produk UMKM 

AgioDeli.id
- Pemberdayaan produk UMKM terus dilakukan Pemerintah Kota (Pemko) Medan dengan target awal menembus dan masuk ke dalam pasar modern. Berbagai produk unggulan pun kompetitif terbukti mampu bersaing dengan produk lainnya yang ada di pasar modern.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan Benny Iskandar Nasution, mengatakan masuknya produk UMKM ke pasar modern merupakan komitmen Walikota Medan Bobby Nasution agar UMKM di Kota Medan dapat bangkit dan berkembang serta naik kelas. "Atas komitmen Pak Bobby Nasution itu kita terus berupaya agar produk UMKM dapat menembus pasar modern, dan saat ini Produk UMKM telah berhasil masuk ke dalam pasar modern," katanya.

Benny Iskandar Nasution menambahkan ada sepuluh jenis produk UMKM yang telah masuk ke dalam pasar modern. Produk UMKM ini berupa makanan ringan atau cemilan diantaranya keripik pisang balado, keripik pisang ori, keripik talas, rempeyek ikan teri, rempeyek kacang, tape ubi, sambel emping, rengginang, brownies dan sambal teri kacang (Sartika).

"Produk UMKM ini sebelum masuk ke pasar modern telah kita bina dan beri pendampingan baik itu terkait dengan kualitas produknya sampai dengan packagingnya. Artinya produk UMKM yang masuk ke pasar modern sesuai dengan standard dan siap bersaing dengan produk lainnya," kata Benny Iskandar Nasution, kemarin.

Dijelaskan Benny, produk UMKM ini telah masuk ke pasar modern sejak bulan November tahun 2021 sampai dengan saat ini di berbagai pasar modern baik itu modern besar maupun  menengah. Di awal masuknya, jumlah produk yang diletakkan di gerai pasar modern mencapai 939 kemasan produk, dengan keuntungan awal mencapai 2 juta rupiah.

"Hampir di setiap bulannya produk UMKM yang dijual di pasar modern ini menghasilkan laba bersih sekitar Rp1 juta sampai Rp2 jutaan. Meskipun ada beberapa bulan laba bersih hanya mencapai ratusan ribu, namun di bulan- bulan berikutnya laba bersih kembali naik," sebutnya.

Dari kesepuluh jenis produk UMKM yang masuk ke pasar modern, Benny Iskandar mengungkapkan produk berjeniskan keripik yang paling banyak diminati pembeli. Bahkan Total produk UMKM yang masuk ke pasar modern perbulannya bisa mencapai 1.000 kemasan. (donny)

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com