3 Poin Jadi Pembahasan Dalam Rakernas XXI APSI di Sumut

Editor: Donny author photo

 

Ketua APSI Pusat Abdul Azis Said (kanan) didampingi Sekjen Djarot Soeprianto membuka Rakernas Internal APSI ke XXI (ist)

AgioDeli.id- Asosiasi Profesi Satpam Indonesia (APSI) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XXI di Kota Medan. Sumatera Utara dipercaya menjadi tuan rumah dalam agenda Rakernas 2022 kali ini.

Berlangsung di Hotel Santika Dyandra Medan, Rakernas tahun ini tak hanya mengevaluasi program yang telah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya.

Namun, ada tiga poin penting yang akan menjadi pembahasan dalam agenda rapat nantinya.

"Yang pertama yaitu tentang sistem aplikasi pendaftaran anggota APSI di seluruh Indonesia dengan sistem android sehingga Satpam itu bisa mendaftar sebagai anggota APSI dari manapun secara pribadi dengan menggunakan handphone. Targetnya agar keanggotaan lebih banyak dari tahun lalu," ujar Ketua APSI Pusat, Abdul Azis Said didampingi Sekjen, Djarot Soeprianto saat memberikan keterangan di acara Rakernas Internal, Selasa, (1/11/2022).

Yang kedua sambung Abdul Azis, mengenai pelatihan Satpam di Indonesia.

"Karena Satpam itu sekarang sudah menjadi profesi dibanding yang lalu hanya sekedar petugas. Maka pelatihannya harus lebih baik dari Satpam yang lalu," ujarnya.

"Nah kita nanti akan merekomendasikan kepada Polri tentang pelatihan Satpam ini," ucapnya melanjutkan.

Yang ketiga bilang Abdul Azis, mengenai implementasi Perpol no 4 tahun 2020.

Di mana di situ banyak sekali yang belum dieksekusi oleh Polri maupun komunitas atau stakeholder.

"Contohnya dengan perpol no 4 tahun 2020 itu kan jelas Satpam dibedakan dengan satuan keamanan lingkungan (Satkamling) yang seragamnya berwarna biru muda celananya biru tua. itu belum dieksekusi," katanya.

"Itu agar segera dieksekusi, karena Perpol no 4 tahun 2020 sendiri sudah diundangkan pada tanggal 5 Agustus 2020. Kenapa gak dieksekusi untuk Satkamling-nya karena Satkamling itu bukan Satpam lagi seperti dulu. Yang benar-benar Satpam yang menjadi profesi itu harus dibedakan," ujarnya lagi.

Kemudian hal yang lain bilang Abdul Azis yakni mengenai kepangkatan Satpam.

"Itu jelas dalam Perpol sudah ada. Ini jangan sampai tidak jadi dilaksanakan karena pada dasarnya Satpam sampai dengan saat ini kan tidak menghargai kompetensi dan masa kerja sehingga Satpam yang muda yang belum punya pengalaman gaji UMP. Yang sudah lebih 20 tahun bekerja dan kompeten UMP juga. Jadi yang lama dengan yang baru sama saja. Ini bagaimana?" ujar Abdul Azis.

Padahal bilang Abdul Azis, UU Perpol telah mengatur kepangkatan yang menghargai kompetensi, namun belum juga dieksekusi.

"Nah kenapa gak dieksekusi? Itu mudah dan saya rasa tidak sulit. Kemudian ada satu lagi tentang pengukuhan dalam Perpol jelas ada Satpam yang sudah selesai dilatih dikukuhkan oleh Polri, itu juga hal yang mudah untuk dieksekusi," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPD APSI Sumut, Ibrahim Tarigan menyambut baik tiga poin penting yang menjadi pembahasan dalam Rakernas itu nantinya.

Dan sebagai pengurus provinsi, dirinya siap mengaplikasikan apa yang telah menjadi program APSI Pusat ke depannya.

"Kita siap melaksanakan apa yang telah diprogramkan oleh APSI Pusat dan akan kita laksanakan secara bertahap dengan kondisi yang ada," ujar Ibrahim.

Untuk sosialisasi, pihaknya akan melibatkan institusi kepolisian serta dibantu rekan pengurus lainnya.

"Mudah-mudahan nanti hasilnya akan baik sesuai dengan program yang direncanakan," tuturnya mengakhiri.

Rakernas yang dihadiri langsung Dewan Penasehat APSI, Komjen Pol (Purn) Ahwil Lutan ini rencananya akan berlangsung pada 1 hingga 4 November 2022 mendatang.

Di mana nantinya, Rakernas hari ketiga dan keempat akan dilaksanakan di Parapat, Kabupaten Simalungun tepatnya Hotel Niagara Danau Toba.

Sementara pembukaan Rakernas secara resmi akan dilaksanakan pada Rabu, 2 November 2022 yang rencananya akan dihadiri oleh Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi beserta Kapolda Sumut, Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak. (Ramadhan)
Share:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com