Gubernur 3 Provinsi Baru Papua Dilantik Besok

Editor: AgioDeli.id author photo

Undangan peresmian tiga provinsi baru Papua sekaligus pelantikan tiga penjabat gubernur yang beredar di media sosial.

AgioDeli.ID
Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengagendakan peresmian sekaligus pelantikan penjabat gubernur 3 provinsi baru, yakni Papua Selatan, Papua Tengah dan Papua Pegunungan berlangsung besok, Jumat (11/11/2022).

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri, Benni Irwan mengatakan, peresmian berlangsung di Kantor Pusat Kemendagri Republik Indonesia. Khusus untuk pelantikan penjabat gubernur untuk ketiga provinsi baru itu, pihaknya masih menunggu Keputusan Presiden (Kepres).

Meski begitu, di media sosial telah beredar undangan dari Kemendagri untuk para pihak menghadiri pelantikan Penjabat Gubernur Papua Selatan, Papua Tengah dan Papua Pegunungan. Undangan itu diteken Sekretaris Jenderal Kemendagri, Dr. H. Suhajar Diantoro, M.Si.

Pada undangan, tertera peresmian tiga provinsi baru sekaligus pelantikan 3 penjabat gubernur akan dilangsungkan di Plaza Gedung A Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

Sebelumnya, Benni Irwan sempat menyebut nama penjabat gubernur untuk memimpin 3 daerah otonomi baru (DOB) di Kepulauan Papua. Mereka adalah Ribka Haluk (Papua Tengah), Nikolaus Kondomo (Papua Pegunungan) dan Dr. Ir. Apolo Safanpo (Papua Selatan).

"Ya, itu nama-nama yang disebut-sebut. Untuk pastinya, kita tunggu Keppres ya," ucapnya.

Diketahui, tiga undang-undang terkait pembentukan tiga provinsi baru di Papua itu sah diteken Presiden Jokowi pada 25 Juli 2022 lalu. Ketiganya adalah UU Nomor 14 Tahun 2022 tentang Pembentukan Provinsi Papua Selatan, UU Nomor 15 Tahun 2022 tentang Pembentukan Provinsi Papua Tengah, dan UU Nomor 16 Tahun 2022 tentang Pembentukan Provinsi Papua Pegunungan. (indra)

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com