Ratusan Nelayan Sergai Terima Konverter Kit BBM-BBG

Editor: AgioDeli.id author photo

Program Konversi Bahan Bakar
Rakorda penyerahan konverter kit BBM-BBG di Pemkab Sergai. FOTO: ISTIMEWA

AgioDeli.ID
Ratusan nelayan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara menerima alat pengubah (konverter kit) penggunaan bahan bakar untuk sampan mesin mereka.

Pemberian bantuan konverter kepada nelaya ini sejalan dengan program pemerintah mengalihkan penggunaan bahan bakar minyak (BBM) menjadi bahan bakar gas (BBG).

Penyerahan konverter kit bahan bakar itu berlangsung di Pantai Romantis, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Sergai, Jumat (18/11/2022).

Sebelumnya, keputusan menyerahkan konverter bahan bakar tahun anggaran (TA) 2022 itu diputuskan dalam rapat koordinasi daerah (rakorda) yang dihadiri Bupati Sergai H. Darma Wijaya. Rakorda berlangsung di Ruang Kerja Sekdakab Sergai, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Kecamatan Sei Rampah, Kamis (17/11/2022).

Dalam rakorda tersebut, Darma Wijaya mengatakan kegiatan konversi BBM ke BBG bagi nelayan sasaran TA 2022 adalah program Kementerian ESDM. Program ini merupakan wujud ketahanan energi bagi masyarakat Indonesia.

Sosok yang akrab disapa Bang Wiwiek ini mengapresiasi rencana penyerahan bantuan konverter BBM ke BBG kepada kelompok nelayan. “Seperti kita ketahui, biaya operasional penangkapan ikan hampir 70%-nya adalah BBM. Biaya produksi tentu akan sulit mengikuti fluktuasi harga BBM,” sebutnya.

Menurutnya, rakorda kali ini merupakan tindak lanjut rakorda sebelumnya, yang telah berlangsung 26 s/d 29 Oktober lalu. Dalam hal ini, Dinas Kelautan dan Perikanan (Diskanla) Kabupaten Sergai kembali menggelar rakor dalam rangka Sosialisasi dan Launching Kegiatan Konversi BBM bagi 804 nelayan sasaran di Kabupaten Sergai.

Rakorda kali ini, ungkap dia, merupakan hal menggembirakan. Sebab, perwakilan Kementerian ESDM, DPR-RI, PT Pertamina, Konsultan Pengawasan dan konsultan penyedia serta pihak penyedia dalam hal ini PT. Hondaberkesempatan hadir.

“Dengan adanya koordinasi antara Kementerian ESDM, PT. Pertamina, pihak penyedia dan Pemkab Sergai sebagai penerima manfaat, maka kegiatan penyerahan converter kit BBM-BBG dan kelengkapannya di Pantai Romantis dapat berjalan baik,” harapnya.

Adapun konverter kit BBM ke BBG diserahkan kepada 804 nelayan di 5 kecamatan. Ada tiga varian konverter kit yang dibagi, sesuai spesifikasi mesin (PK), yakni 5-7.5 (v1), 8-10 (v2), dan 13 (v3).

Rincian penerima bantuan, dari Kecamatan Pantai Cermin sebanyak 259 nelayan, Teluk Mengkudu 307 nelayan, Tanjung Beringin 42 nelayan, Perbaungan 79  nelayan, dan Bandar Khalifah 117 nelayan. (sarimahdini)

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com