Bupati Sergai Darma Wijaya Masuk Nominasi 10 Penerima Anugerah Kebudayaan PWI 2023

Editor: AgioDeli.id author photo

Anugerah Kebudayaan PWI 2023
Bupati Sergai H Darma Wijaya

BUPATI
Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya masuk nominasi 10 kepala daerah se-Indonesia yang akan menerima Anugerah Kebudayaan (AK) PWI 2023.

Anugerah Kebudayaan tersebut rencananya diserahkan langsung Presiden RI Jokowi Dodo pada puncak Hari Pers Nasional (HPN), 9 Februari 2023 di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Daftar nominatif penerima penghargaan tersebut diketahui berdasarkan Berita Acara Anugerah Kebudayaan PWI Pusat 2023 Nomor 12/PWI-P/HPN/2023/XII, tanggal 14 Desember 2022.

Ke-10 kepala daerah nominator penerima penghargaan telah melaui pengujian 5 angota Tim Juri AK-PWI. Kelima juri tersebut adalah Agus Dermawan, Atal S Depari, Ninok Leksono, Nungki Kusumomastuti dan Yusup Sosilo Hartono.

Bupati  H. Darma Wijaya sendiri masuk nominasi penerima AK PWI 2023 dengan proposal berjudul “Inovasi Gerakan Cetak Sawah Mandiri”. Sementara, Bupati Halmahera Selatan Usman Sidik meraihnya dengan judul proposal Inovasi Kopra Putih di Halmahera Selatan”.

Selanjutnya, Bupati Sleman Hj. Kustini Sri Purnomo (Inovasi Batik Sinon Salak Sleman Berbasis Kearifan local), Bupati Kuningan H Acap Purnama (Ngarumat Budaya Kuningan, Ngariksa Alammapag Swasembada Pangan), dan Walikota Surabaya Eri Cahyadi (Dandan Omah, Ben Apik Rek).

Wali Kota Medan Bobby Nasution juga masuk nominasi penerima penghargaan. Menantu Presiden Jokowi ini mengajukann proposal inovasi berjudul Digitalisasi Produk Sandang.

Selanjutnya, Bupati Malang Moh. Sanusi (Inovasi Pangan Berbasis Kearifal Lokal), Bupati Pesawaran H Dendi Ramdhona K (Sulam Jelujur dari Pesawaran Untuk Manca Negara), Bupati Indragiri Hilir HM Wardan (Kelapa yang Membudaya), dan Bupati Agam Adri Warman (Strategi Kebudayaan dalam Menjaga Hutan sebagai Ketahanan Pangan).

 
Kolaborasi

Ditemui di Komplek Kantor Bupati Sergai, Senin (19/12/2022), Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Sergai, Drs. Akmal AP, M.Si. menyebutkan pengajuan proposal dan video tentang Gerakan Cetak Sawah Mandiri untuk Mewujudkan Pertanian Kabupaten Sergai yang Mandiri dan Berkelanjutan melibatkan Dinas Pertanian, Dinas Perindag dan Dinas Ketahanan Pangan serta PWI Kabupaten Sergai.

Dia bersyukur kolaborasi tersebut berhasil mengantarkan Bupati Sergai H Darma Wijaya menjadi nominator penerima AK PWI 2023. Pihaknya pun sudah menerima salinan keputusan Juri AK PWI 2023 yang menempatkan Bupati Sergai menjadi satu dari sepuluh kepala daerah penerima AK PWI 2023.

Sesuai jadwal dari dewan juri, Bupati Sergai akan menyampaikan presentasi terbuka dengan menggunakan pakaian adat di hadapan Tim Juri, 3-4 Januari 2023 mendatang. Presentasi berlangsung di Kantor PWI Pusat di Jakarta.

"Masuk 10 besar Bupati Sergai penerima Anugerah Kebudayaan, maka selain mempromosikan Kabupaten Sergai di tingkat nasional pada puncak HPN 2023, juga mengembangkan potensi objek wisata yang ada di Tanah Bertuah Negeri Beradat,” papar Akmal.

Ketua Panitia AK PWI Pusat 2023, Yusuf Sosilo Hartono saat zoom meeting, Jumat (16/12/2022), mengatakan pihaknya selama dua bulan membuka pendaftaran AK PWI dalam rangka HPN 2023 bagi bupati/walikota se-Indonesia. Selain itu, juga menerima proposal dan video yang masuk untuk dilakukan penilaian.

Bagi 10 kepala daerah yang terpilih akan mempersentasikan masing-masing judul pada 3-4 januari 2023 di Kantor PWI Pusat. Kemudian, akan dilakukan penilaian oleh Tim Juri untuk dilanjutkan ke tahap berikutnya, hingga pada akhirnya menerima AK PWI Pusat di HPN 2023 di Medan, Sumut, 7-9 Februari 2023 mendatang.

Ketua PWI Sergai Edi Saputra mengaku sangat bersyukur program cetak sawah mandiri mengantarkan Bupati Sergai H. Darma Wijaya masuk 10 besar penerima anugerah tersebut.

"Ini adalah prestasi dalam mewujudkan visi-misi Kabupaten Sergai yang Mandiri, Sejahtera dan Religius, hingga program cetak sawah itu mampu menarik perhatian para dewan juri, selamat untuk Bupati Sergai H. Darma Wijaya atas kerja keras sekaligus prestasinya, ungkap Edi Saputra. (*)


Pengolahan data dan penyajian informasi ini merupakan hasil kerjasama AgioDeli.ID dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Serdang Bedagai, penulis: Sari Mahdini.

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com