Mitra Pemerintah, TP PKK Sergai Berperan Aktif Wujudkan Visi “Maju Terus”

Editor: AgioDeli.id author photo

Wujudkan Visi Sergai Maju Terus
TP PKK Sergai menerima sejumlah penghargaan tingkat provinsi. Dalam mendukung visi Sergai "Maju Terus", TP PKK telah menunjukkan kemitraan yang apik dengan perangkat daerah di Kabupaten Sergai, Sumatera Utara.

AgioDeli.ID
Sebagai mitra pemerintah, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Kabupaten Serdang Bedagai (TP PKK Sergai) menjadi bagian tak terpisahkan dari perjalanan pembangunan.

Tahun 2022 lalu, boleh dibilang merupakan tahun eksistensi TP PKK Sergai. Dipimpin Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya, TP PKK Sergai menjalankan fungsi sebagai komunikator pembangunan hingga ke lingkup paling kecil, yakni keluarga.

Sepanjang 2022, TP PKK Sergai tanpa henti menyosialisasikan program pembangunan. Hasilnya, visi Kabupaten Sergai sebagai daerah di Provinsi Sumatera Utara yang “Maju Terus: Mandiri, Sejahtera dan Riligius” mendapat respons positif, serta upaya mewujudkannya mendulang partisipasi aktif masyarakat.

Selain sebagai komunikator pembangunan, peran paling menonjol atas kiprah TP PKK Sergai adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di lingkungan masyarakat. Ini ditandai dengan berkurangnya angka kemiskinan dan kasus stunting.

Sosialisasi terus menerus yang dilakukan, akhirnya membangkitkan kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup bersih dan sehat.

Undang-Undang Nomor 23/2014 tentang Pemerintah Daerah mengamanatkan bahwa suatu daerah akan menjadi kuat dan efektif jika didukung seluruh stakeholder.

Kemitraan pemerintah dengan lembaga kemasyarakatan menjadi poin penting yang digariskan undang-undang tersebut. Dan, PKK merupakan lembaga kemasyarakatan yang manfaatnya diakui masyarakat.

Ketua TP PKK Sergai Hj Rosmaida Darma Wijaya
Ketua TP PKK Sergai, Hj Rosmaida Darma Wijaya memastikan seluruh kader PKK berkomitmen menjadi mitra pemerintah dalam perjalanan pembangunan di Kabupaten Sergai.


Eksistensi, Prestasi dan Bubur Anjeli

TP PKK Sergai semakin menunjukkan eksistensinya dengan beragam prestasi yang telah diraih.

Ditemui disela-sela rutinitasnya di Kompleks Kantor Bupati Sergai, Rabu, 1 Maret 2023, Hj Rosmaida Darma Wijaya memastikan, seluruh kader PKK Sergai sepenuhnya mendukung perwujudan visi yang dicanangkan Bupati H. Darma Wijaya dan Wakil Bupati H. Adlin Umar Yusri Tambunan.

“Kami siap berkomitmen untuk terus berkontribusi dan berkiprah dalam pembanguanan di Sergai. Kepada para pengurus, agar dapat terus menjaga semangat pembangunan dengan kepedulian dan tulus untuk berbagi dan saling membantu,” kata Rosmaida.

Kiprah PKK lewat Program Kampung KB di Desa Pon telah berhasil menjuarai kompetisi menu sarapan bergizi berupa “Bubur Anjeli” (Anak Jelas Suka Sekali).

Bubur Anjeli dipersiapkan sebagai salah satu menu untuk menekan angka balita penderita stunting di Sergai. Bubur bergizi ini secara berkesinambungan diproduksi oleh Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) Tahun 2022 yang digagas TP PKK Sergai.

Penghargaan atas keberhasilan TP PKK Sergai meningkatkan kualitas gizi masyarakat itu diberikan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Penyerahannya berlangsung di Medan pada 6 Juli 2022.

“Menu sarapan Bubur Anjeli ini dipersiapkan dalam rangka program percepatan penurunan stunting Kabupaten Sergai. Oleh karenanya, kami akan terus melakukan sosialisasi terkait informasi stunting melalui berbagai media, juga Posyandu,” ungkap Hj Rosmaida Darma Wijaya.

“Selain itu, juga dilakukan penyerahan makanan bagi balita dan ibu hamil, pemberian albumin dan melakukan pelatihan bagi seluruh kader dalam mengolah makanan menjadi lebih bergizi," tambahnya.

Ketua TP PKK Sergai Hj Rosmaida Darma Wijaya
Duta Stunting TP PKK Sergai, Hj Rosmaida Darma Wijaya dan Aini Zetara Adlin Tambunan terus turun ke masyarakat dalam upaya menekan kasus stunting di Kabupaten Sergai.

 

Gempur Stunting

Tahun lalu, Kabupaten Sergai juga mencanangkan Program Gempur Stunting. Program ini dirancang bersama TP PKK Sergai sebagai wujud komitmen menurunkan angka stunting.

Sebagai Duta Stunting Kabupaten Sergai, Hj Rosmaida Darma Wijaya kerap turun meninjau masyarakat dan turut memberikan makanan bergizi kepada balita.

Aksi turun langsung ke lingkungan masyarakat ini dua kader utama PKK Sergai yang juga menyandang predikat Duta Stunting, yakni Aini Zetara Adlin Tambunan dan Uke Retno Faisal Hasrimy.

Sembari memastikan balita-balita yang ditemui dalam kondisi sehat, Hj Rosmaida juga mengimbau kalangan ibu untuk membawa balitanya ke Posyandu terdekat. Sehingga, ibu-ibu muda di Sergai dapat mengecek tumbuh kembang anak agar terbebas dari stuntuing.

“Kami juga menggandeng stakeholder terkait untuk berkegiatan yang berhubungan dengan pemberdayaan masyarakat, terutama kaum perempuan. Selain itu, rutin melakukan sosialisasi pencegahan stunting,” ujarnya.

Di beberapa kesempatan, Bupati Darma Wijaya menyebut bahwa kasus stunting di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat berada di angka 20 persen. Artinya, prevalensi kasus sudah di bawah rata-rata nasional.

Namun, sosok pemimpin yang akrab disapa Bang Wiwiek ini berharap angka stunting di daerahnya terus melandai. Dan, harapan itu amat bergantung pada peran aktif TP PKK serta lapisan masyarakat.

Dijelaskannya, pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi saat ini juga tengah gencar mengimbau masyarakat agar berperan aktif menurunkan kasus stunting.


Bubur Anjeli, salah satu resep produksi TP PKK Sergai dalam upaya pencegahan dan penekanan angka stunting di Kabupaten Sergai.

 
Sinergi

Berkat arahan dan bimbingan Bupati Sergai H Darma Wijaya dan Wabup H Adlin Tambunan, saat ini TP PKK Sergai kian bersinergi dengan perangkat daerah untuk memulihkan ekonomi masyarakat pasca Pandemi Covid-19.

Salah satu sinergi yang berjalan api, menurut Hj Rosmaida, ditunjukkan bersama Dinas Tenaga Kerja dan Koperasi (Disnakerkop).

Tahun 2022 lalu, TP PKK Sergai menyerahkan bantuan berupa alat produksi bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Juga didistribusikan bantuan sarana kelembagaan koperasi untuk penguatan koperasi yang modern berbasis digital.

Bantuan-bantuan tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai modal usaha dalam upaya peningkatan produksi dan menjangkau pasar modern berbasis digital.

“Pemkab Sergai terus berupaya membangkitkan kembali perekonomian masyarakat yang sempat terpuruk akibat pandemi. Melalui bantuan yang diberikan kepada UMKM ini, kita berharap ekonomi Sergai akan bangkit Kembali,” beber Hj Rosmaida.

“Hal ini juga merupakan implementasi Sapta Dambaan (Sapda) Sergai, yaitu mewujudkan ekonomi masyarakat yang berdaya saing," tambah wanita yang juga Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kabupaten Sergai ini.

Melalui kelembagaan dan penguatan koperasi sebagai langkah pemulihan ekonomi, menurutnya telah menunjukkan hasil baik. Hal ini ditandai dengan pertumbuhan perekonomian masyarakat ke arah positif.

TP PKK Sergai meraih beragam penghargaan tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2022.

 

Tiga Penghargaan Tingkat Provinsi

Kerja keras tak kenal lelah akhirnya berbuah manis. TP PKK Sergai meraih tiga penghargaan dalam Lomba Tertib Administrasi PKK, Pola Asuh Anak Remaja (PAAR) dengan Cinta Kasih, Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK, Hatinya PKK dan IVA Test Tahun 2022 tingkat Sumatera Utara.

Ketiga penghargaan yang diserahkan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) pada 18 Nopember 2022 di Medan itu adalah Juara II Pelaksana Terbaik UP2K, Harapan I Pelaksana Terbaik Tertib Administrasi PKK, serta Harapan II Pelaksana Terbaik Pemanfaatan Halaman Pekarangan (Hatinya PKK).

"Penghargaan diraih berkat kerja keras seluruh TP PKK dan seluruh desa. Keberhasilan ini sebagai bukti kerja keras serta soliditas tim yang terus memperbaiki diri dari kesalahan. Kami terus berupaya menjadi mitra terbaik dan terus berkolaborasi dengan pemerintah daerah guna peningkatan pembangunan di Kabupaten Sergai,” kata Hj Rosmaida.

Saat ini, Hj Rosmaida terus melakukan pembinaan kader dalam rangka persiapan Lomba Desa Percontohan PKK Tahun 2023.

“Terdapat 5 kategori yang diperlombakan, yakni Tertib Administrasi, PAAR, UP2K, Hatinya PKK dan IVA Test. Kami turun ke desa-desa untuk melakukan penilaian desa,” ujarnya.

Tak hanya aktif di TP PKK, Hj Rosmaida juga mengaku aktif di YKI Sergai. Menurutnya, dua lembaga tersebut memiliki peran penting dalam mendukung pembangunan di Sergai.

 

Wakil Ketua TP PKK Sergai Aini Zetara Adlin Tambunan mendampingi Wakil Bupati Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan dalam menghadiri Perayaan Natal 2022 lalu. Ini merupakan salah satu upaya mewujudkan Sergai sebagai daerah religius. 

Sergai yang Religius

Dalam beberapa kesempatan, TP PKK Sergai juga terlihat aktif dalam beragam kegiatan keagamaan, semisal pada kegiatan Pengajian Muslimah, Pengajian Dambaan, dan Tabligh Akbar.

Lebih dari itu, TP PKK Sergai juga aktif mendampingi Bupati dan Wakil Bupati pada Safari Natal di 17 kecamatan se-Kabupaten Sergai.

“Tentu kegiatan keagamaan seperti ini diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi, meningkatkan kebersamaan, serta kekompakkan masyarakat di Kabupaten Sergai,” tutup Hj. Rosmaida.

Begitulah, betapa TP PKK Sergai berperan aktif mendukung visi Kabupaten Sergai yang “Maju Terus: Mandiri, Sejahtera dan Religius”. Peran aktif dalam pengertian bersentuhan langsung dengan masyarakat yang diharap menjadi ujung tombak pembangunan. ***

 

Pengolahan data dan penyajian informasi ini merupakan hasil kerjasama AgioDeli.ID dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Serdang Bedagai, penulis: Sari Mahdini.

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com