Pastikan RSI Komit Jaga Lingkungan, Bupati Sergai Kunjungi Lokasi Budidaya Ikan Tilapia di Danau Toba

Editor: AgioDeli.id author photo


Bupati Sergai Darma Wijaya memberi pakan bagi ikan tilapia di areal penggemukan yang dioperasikan RSI di perairan Danau Toba.

AqioDeli.ID
Regal Springs Indonesia (RSI) atau PT Aqua Farm Nusantara tengah mengembangkan budidaya ikan tilapia berkelanjutan di perairan Danau Toba, Sumatera Utara.

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya pada Sabtu, 18 Maret 2023, menyempatkan diri mengunjungi lokasi budidaya ikan tilapia yang dioperasikan RSI.

Kunjungan dilakukan Darma Wijaya untuk melihat langsung seberapa jauh RSI berkomitmen meminimalir dampak terhadap lingkungan pada ekosistem Danau Toba.

Diketahui, RSI memulai proses budidaya tilapia di lokasi pembenihan yang tercatat berada di daerah administratif Kabupaten Sergai.

RSI menegaskan telah optimal mengurangi jejak ekologi atas budidaya ikan tilapia. Itu ditandai dengan hasil pengujian kualitas air melalui laboratorium.

Upaya mengurangi jejak ekologi dimulai dengan pemberian pakan terapung rendah fosfor hingga proses panen ramah lingkungan.

Lake Manager RSI Friska S Saragih menjelaskan, program-program aquakultur berkelanjutan dan terintegrasi dilakukan pihaknya dengan keterlacakan optimal.

“Sebagai bagian dari pemenuhan standar lingkungan di wilayah operasional perusahaan serta melindungi ekosistem, kami memiliki inisiatif dan inovasi cara budidaya ikan yang bertanggungjawab,” ujar Friska.

“Di antaranya pembenihan ikan tilapia unggul di lokasi yang kami miliki sendiri, produksi ikan tilapia dengan kualitas premium dan tertinggi dengan memerhatikan dampak dan jejak ekologi. Program uji sampling kualitas air dan endapan di Danau Toba rutin kami lakukan secara berkala.”

Bupati Sergai  Darma Wijaya menyikapi keseriusan RSI dengan memberi dukungan kepada perusahaan tersebut untuk menjalankan operasional berkelanjutan dan terintegrasi.

“Dengan adanya pembenihan serta pabrik pengolahan PT Aqua Farm Nusantara di Sergai, kami berharap ke depannya dapat lebih baik lagi, khususnya dalam peningkatan kapasitas produksi,” ungkap Darma Wijaya.

“Sehingga dampak positifnya adalah membuka lebih banyak lapangan kerja, menjaga rantai pasokan pangan dan iklim investasi yang lebih kondusif terutama di Sumatera Utara,” tambahnya pula.

Atas komitmennya memenuhi dan mematuhi persyaratan serta standar yang berlaku pada industri akuakultur, RSI telah mendapatkan sertifikasi tertinggi, baik secara nasional maupun dari badan sertifikasi independen skala internasional.

RSI tercatat sebagai peraih Sertifikat Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB), Best Aquaculture Practices (BAP), Aquaculture Stewardship Council (ASC), dan BRCGS Global Food Safety Standard.

Dalam kunjungannya, Bupati Sergai turut didampingi oleh Wabup Sergai Adlin Tambunan, Sekda Kab  Sergai M Faisal Hasrimy, Ketua TP PKK Rosmaida Saragih, Ketua GOPTKI  Aini Zetara, serta Kepala Dinas Lingkungan Hidup Hedi Novria. (Sarimahdini)

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com