Wujudkan Masyarakat Sehat, Pemkab Sergai Dorong Layanan Prima Puskesmas

Editor: AgioDeli.id author photo

Wakil Bupati Sergai H. Adlin Yusri Tambunan (berkalung bunga) meresmikan gedung baru Poliklinik RSUD Sultan Sulaiman. Wujudkan masyarakat sehat, Pemkab Sergai dorong layanan prima hingga tingkat puskesmas.

AgioDeli.ID
Pelayanan prima puskesmas merupakan langkah utama bagi Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai), Sumatera Utara, untuk menjamin kualitas kesehatan masyarakatnya.

Pemkab Sergai menyadari tanggungjawab memenuhi layanan kesehatan bagi masyarakat, sebagai urusan wajib yang bersifat mendasar. Sama halnya dengan layanan pendidikan, pekerjaan umum dan tata ruang, ketertiban umum, serta perlindungan sosial kemasyarakatan.

Visi-misi yang diemban Bupati Sergai H Darma Wijaya dan Wakil Bupati H Adlin Umar Yusri Tambunan juga dipersiapkan untuk pemenuhan aspek kesehatan masyarakat. Karenanya, pemenuhan aspek kesehatan menjadi salah satu dari 7 Program Dambaan yang diperkenalkan dengan istilah Sapta Dambaan (SAPDA).

Adapun program SAPDA melingkupi: Pertama; Sekolah Mandiri, Terampil, Asri dan Berkualitas (Sekolah Mantab). Kedua; Masyarakat Sehat dan Religius. Ketiga; Pertanian Mandiri dan Berkelanjutan.

Keempat; Infrastruktur Terintegrasi. Kelima; Ekonomi Berdaya Saing. Keenam; Wisata Maju Terus. Dan, ketujuh; Birokrasi Dambaan.

Pemkab Sergai terus menggenjot sarana dan prasarana kesehatan, yang tentunya dimaksudkan untuk mewujudkan masyarakat Tanah Bertuah Negeri Beradat yang sehat.

Berdasarkan keterangan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sergai Selamet Hartono, SKM., M.Kes., melalui Sekretaris Dinkes Liagustina Simamora, SKM., hingga Selasa, 28 Maret 2023, puskesmas di Kabupaten Sergai berjumlah 20 unit.

Fungsi layanan ke-20 puskesmas tersebut, ditopang pula dengan keberadaan 76 puskesmas pembantu (pustu). Baik puskesmas maupun pustu berada di bawah naungan Dinkes Sergai.

Dinkes Sergai menjamin, puskesmas maupun pustu sama-sama dipersiapkan untuk secara permanen memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Peningkatan jumlah ruangan rawat inap di RSUD Sultan Sulaiman Sergai dilakukan seiring meningkatnya jumlah masyarakat yang mengakses layanan rawat inap.

Disampaikan pula, saat ini Pemkab Sergai terus berpacu meningkatkan sarana dan prasarana kesehatan bagi masyarakat.

Pada tingkatan lanjut, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Sulaiman juga dipersiapkan menjalankan fungsi primanya dengan terus-menerus mendapatkan peningkatan fasilitas.

Pada awal 2023, RSUD Sultan Sulaiman di Sei Rampah berbenah dengan diresmikannya Gedung Poliklinik. Gedung Poliklinik tersebut mulai dioperasikan pada 12 Januari 2023.

“Bukan hanya pembangunan jalan yang genjot, akan tetapi pelayanan bidang kesehatan juga terus kami lakukan. Setiap pelayanan yang diberikan kepada masyarakat harus maksimal, guna mewujudkan masyarakat sehat,” terang Wabup Adlin Tambunan, usai meresmikan gedung tersebut.

Ia pun berharap, pelayanan kesehatan di RSUD Sultan Sulaiman ini terus ditingkatkan. Sehingga, rumah sakit ini bisa menjadi kebanggaan masyarakat Tanah Bertuah Negeri Beradat.

“Harapan kita bersama, kehadiran fasilitas berupa gedung baru ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Sehingga, sekaligus mampu menambah penghasilan asli daerah (PAD) Kabupaten Sergai,” tutup Wabup.

Mengutip keterangan Direktur RSUD Sultan Sulaiman dr Ahmad Idris Daulay pada 2 Maret 2023 lalu, gedung baru poliklinik itu dipersiapkan untuk lebih memaksimalkan fungsinya. Dengan gedung baru itu, masyarakat akan lebih merasa nyaman dalam mengakses layanan kesehatan.

Ia mengatakan, peningkatan fasilitas kesehatan dilakukan seiring dengan membludaknya pasien di RSUD Sultan Sulaiman. Dengan jumlah ruang yang terbatas, tentu kurang maksimal dalam melakukan pelayanan kepada pasien.

“Berdasarkan data dari RSUD Sultan Sulaiman tahun 2021-2022, pasien yang berobat cukup meningkat. Pada tahun 2021 jumlah pasien rawat inap sudah mencapai lebih 2.500 orang. Tahun 2022 mengalami peningkatan menjadi 5.000 lebih pasien rawat inap,” bebernya.

Nah, untuk tetap bisa menampung lonjakan pasien, maka jumlah ruangan rawat inap di RSUD Sultan Sulaiman ditambah di tahun 2023 ini.

 

Petugas medis Puskesmas Sialang Buah melakukan upaya jemput bola dengan mendatangi rumah-rumah masyarakat. Tampak dilakukan pemberian imunisasi pada bayi yang baru dilahirkan.

Layanan Prima Puskesmas

Sadar akan pentingnya kesehatan bagi masyarakat, Pemkab Sergai terus berupaya memberikan pelayanan prima di garde depan, yakni puskesmas.

Contoh konkret adalah Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Puskesmas Sialang Buah, Kecamatan Teluk Mengkudu. Sejak diresmikan Wabup Sergai H Adlin Umar Yusri Tambunan pada 11 Januari 2022, Puskesmas Sialang Buah masyarakat setempat menjadi lebih nyaman mengakses layanan kesehatan.

“Dengan adanya bangunan baru UPT Puskesmas Sialang Buah, pelayanan kesehatan kepada masyarakat bisa lebih maksimal dan prima. Tenaga medis juga dapat menjalankan tugas pelayanan, yang saat ini tak hanya diakses warga Kecamatan Teluk Mengkudu, tetapi juga masyarakat Sergai secara umum,” kata Wabup, usai peresmian gedung baru Puskesmas Sialang Buah, awal Januari lalu.

Adlin Tambunan berharap, peningkatan fasilitas ini dapat memotivasi tenaga medis untuk terus meningkatkan kualitas layanan.

“Terpenting, kita melayani dengan adil tanpa membedakan status warga yang datang. Semua orang harus diperlakukan sama dan adil,” pungkasnya.

Ibu rumah tangga di Kecamatan Teluk Mengkudu mendaftarkan diri untuk pemeriksaan kondisi leher rahim secara gratis di Puskesmas Sialang Buah guna mencegah timbulnya kanker serviks. 

Pada 13 Februari 2023, Puskesmas Sialang Buah menggelar Gebyar Iva Test yang dihadiri Ketua TP PKK Sergai Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya, didampingi Ketua GOPTKI Ny Aini Zetara Adlin Tambunan serta jajaran Pemerintah Kecamatan Teluk Mengkudu.

IVA test sendiri merupakan metode untuk mencegah penyakit kanker serviks pada wanita. Di sela kegiatan itu, Hj Rosmaida Darma Wijaya menyampaikan bahwa kegitan ini dimaksudkan untuk memperluas cakupan peserta IVA test. Sehingga, derajat kesehatan masyarakat di Kecamatan Teluk Mengkudu akan semakin meningkat.

Kepala UPT Puskesmas Sialang Buah, dr. Sri Eva Purba menyebut respons masyarakat sangat baik. Hal ini terlihat dari antusias warga yang mendaftar untuk memeriksakan kondisi kesehatan leher rahimnya (serviks) secara gratis.

Kegiatan pengobatan gratis di puskesmas tersebut juga diminati masyarakat. Kegiatan ini akan terus berjalan dengan target memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat Teluk Mengkudu.

“Program pelayanan kesehatan ini tentu untuk menghadirkan pemerintah di tengah-tengah masyarakat, dalam bentuk pelayanan kesehatan prima,” kata dr. Sri Eva Purba.

“Sebagai petugas medis, kami diberi amanah memberikan pelayanan kesehatan masyarakat, khususnya masyarakat Teluk Mengkudu, mulai dari pencegahan hingga pengobatan,” tukasnya.


Dengan layanan pencegahan penyakit yang intensif, dia yakin masyarakat Sergai khususnya di Kecamatan Teluk Mengkudu akan menjadi masyarakat sehat.

Puskesmas Sialang Buah menurutnya juga kerap melakukan kunjungan kesehatan lingkungan dari rumah ke rumah dan memberikan layanan pengobatan gratis.

Pemeriksaan kesehatan dengan metode “jemput bola” ini mencakup pemeriksaan PTM (cek gulah darah, kolesterol dan asam urat), sekaligus menyediakan obat-obatan yang dibutuhkan masyarakat.

Puskesmas Sialang Buah juga memberikan pelayanan pasien partus serta melakukan sweeping SUB PIN polio di wilayah kerjanya. Seluruh kegiatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran dan kemampuan hidup sehat bagi setiap warga. ***

Petugas medis tingkat puskesmas di Sergai melakukan pengecekan kesehatan masyarakat secara gratis langsung ke wilayah pemukiman.


Pengolahan data dan penyajian informasi ini merupakan hasil kerjasama AgioDeli.ID dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Serdang Bedagai, penulis: Sari Mahdini.

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com