PC Pemuda Muhammadiyah di Pantai Barat Madina Tidak Dukung Mora Harahap Sebagai Caleg

Editor: dicky irawan author photo


AgioDeli.ID: Setelah Mora Harahap menyampaikan rilis pers didepan media massa terkait persoalan Pemuda Muhammadiyah Sumatera Utara, reaksi Pemuda Muhammadiyah di akar rumput semakin melebar.

"Cara-cara yang dilakukan Mora Harahap sangat jauh dari keadaban berpemuda Muhammadiyah," kata Malvinas mewakili ketua PC Pemuda Muhammadiyah se-Pantai Barat, Kamis (25/5/2023).

"Pemuda Muhammadiyah yang merupakan bagian dari gerakan dakwah Islam memiliki tradisi menyelesaikan segala persoalannya didalam organisasi, tidak harus mengumbar kepublik. Kami menilai ini upaya merusak nama besar pemuda Muhammadiyah," sambungnya.

Mereka menilai, Mora Harahap justru sangat banyak melanggar aturan organisasi. 

"Pertama adalah statusnya sebagai ketua BM PAN Sumatera Utara yang bertentangan dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Pemuda Muhammadiyah pasal 18 ayat 9 dimana salah satu syarat untuk menjadi pimpinan adalah tidak merangkap jabatan dengan Organisasi Masyarakat dan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) lain yang sejenis," paparnya.

Kedua, penolakan Mora Harahap terhadap terpilihnya Amrizal sebagai salah seorang Ketua Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah yang sejatinya adalah otoritas formatur muktamar.

Hal ini tentunya sudah melewati pertimbangan termasuk kesuksesan Amrizal dalam memimpin Pemuda Muhammadiyah Sumatera Utara.

Sehingga penolakan dimaksud merupakan bentuk pembangkangan terhadap keputusan pimpinan tertinggi dan upaya mengumbar hal tersebut ke media massa berindikasi merusak nama besar Pemuda Muhammadiyah. 

Ketiga, bahwa keputusan Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Sumatera Utara yang melakukan reshuffle kepengurusan dan pengambilalihan Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Tapanuli Selatan merupakan  bagian dari bentuk konsolidasi untuk menjaga martabat Pemuda Muhammadiyah. 

"Dan kami yakin keputusan itu memiliki alasan kuat dan bisa dipertanggungjawabkan oleh PWPM Sumatera Utara dan sikap penolakan oleh Saudara Mora Harahap tidak etis jika diumbar di media massa," ujarnya.

Keempat, Mora Harahap ini juga sudah pernah dipecat dari kepengurusan PP Pemuda Muhammadiyah masa Dahnil Anzar Simanjuntak. 

Maka dari perilakunya saat ini menunjukkan bahwa sama sekali tidak ada itikad untuk membesarkan nama Pemuda Muhammadiyah setelah diterima di PWPM Sumatera Utara. Namun justru yang terjadi adalah sebaliknya. 

"Terakhir, kami akan sampaikan perilaku menyimpang Mora Harahap tersebut kepada Institusi PAN. Jangan sampai komponen Pemuda Muhammadiyah menjauh dari PAN di wilayah Pantai Barat karena perilaku Mora tersebut," paparnya. (red)


Share:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com