Konflik PRSU Ke-49, Dirut PPSU Refly Yuner: Kami Mengacu Realita

Editor: AgioDeli.id author photo

PRSU Ke-49 Dirut PPSU Refly Yuner
Dirut PT PPSU Refly Yuner mengatakan pihaknya memutus kontrak dengan PT HMI atas penyelenggaraan PRSU Ke-49 berdasarkan realita.

AgioDeli.ID
Direktur Utama PT Pembangunan Prasarana Sumatera Utara (PPSU), Refly Yuner menolak istilah keputusan sepihak atas pemutusan kontrak dengan PT Harmoni Muda Inovasi (HMI) dalam penyelenggaraan Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) Ke-49.

“Apa yang kami lakukan itu mengacu pada realita di lapangan. Kalau dibilang kami memutus kontrak sepihak, tidak. Kami melihat ke belakang,” ujar Refly kepada wartawan, Kamis malam, 13 Juli 2023.

Menurut dia, ada kewajiban PT HMI memberikan down payment (DP) atas kontribusi atau profit sharing penyelenggaraan Sumut Fair 2020. DP Kontribusi itu wajib disetorkan ke rekening perusahaan.

“Itu tidak terbukti. Dalam kontrak, pembayaran itu baru dianggap sah jika ditransferkan ke rekening PT PPSU,” tegasnya.

Refly mengakui, dirinya sempat menjalani beberpa pertemuan dengan Dirut PT HMI, Pemiga Orba Yusra. Sempat pula dirinya menyarankan agar PT HMI membuat penawaran agar tetap bisa menjadi penyelenggara PRSU Ke-49, yang direncanakan pada Juni-Juli 2023.

Dalam sebuah kesempatan, kata Refly, PT HMI malah meminta agar PT PPSU berinvestasi untuk kelanjutan pelaksanaan PRSU Ke-49. Itu yang menurutnya tidak tepat.

“Masak kami sudah memberikan pekerjaan, terus kami diminta investasi. Kan gak cocok, lebih bagus kami kerjakan sendiri,” tegasnya.

Soal kerugian PT HMI, Refly mengakui sudah dilakukan proses audit. Namun, audit dilakukan sebatas untuk meluruskan persoalan.

“Audit ini untuk meluruskan masalahnya, bukan bagaimana diskusi hukum selanjutnya,” tambahnya pula.

Lebih dari itu, lanjut dia, PT HMI ada meminjam dana PT PPSU senilai Rp1 miliar lebih. Sebelumnya, Refly sempat berpikir untuk menegosiasikan untuk mengkomparasi pinjaman PT HMI dengan nilai kerugian yang diderita atas penundaan pelaksanaan Sumut Fair 2020. (*)

 

Penulis: Indra Gunawan

Email: indragunawanku@gmail.com

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com