Pembangunan Sertakan Lansia dan Penyandang Disabilitas, Bobby Nasution Dorong Semangat untuk Tetap Produktif

Editor: AgioDeli.id author photo

Walikota Medan Bobby Nasution hadir dalam Peringatan Hari Lanjut Usia (HLUN) Ke-27 di Hotel Madani, Medan, Kamis, 3 Agustus 2023. Menantu Presiden Jokowi menyebut pembangunan di Kota Medan menyertakan lansia dan penyandang disabilitas sebagai penerima manfaat.

AgioDeli.ID
Pembangunan di Kota Medan dipastikan tetap menyertakan warga lanjut usia (lansia) dan penyandang disabilitas. Walikota Medan Bobby Nasution pun mendorong mereka untuk bersemangat dan tetap produktif.

Kamis, 3 Agustus 2023, Bobby Nasution hadir dalam Peringatan Hari Lanjut Usia (HLUN) Ke-27 di Hotel Madani, Jalan Sisingamangaraja, Medan.

Menantu Presiden Jokowi itu pun memanfaatkan momentum tersebut untuk berbagi. Dia menyerahkan sejumlah bantuan berupa kursi roda dan tongkat.

Dengan senyum penuh bahagia, para lansia dan penyandang disabilitas berucap terima kasih. Keceriaan terpancar dari wajah-wajah mereka.

Dalam kesempatan tersebut, orang nomor satu di Pemko Medan itu juga melantik Pengurus Lembaga Lanjut Usia Indonesia (LLI) Kota Medan Periode 2023-2028 yang diketuai Renward Parapat.

Di hadapan ratusan lansia yang hadir, Bobby Nasution menyampaikan harapannya agar orang-orang tua yang masuk dalam kategori lansia tetap bisa produktif. Artinya, produktivitas dapat dimulai dari pola pikir (mindset) yang menganggap jika lansia pun bisa aktif berkegiatan.

"Terkhusus bagi pengurus yang baru dilantik, saran dan masukan saya, kalau bisa hadirkan program-program yang mampu mengubah mindset orang tua kita bahwa lansia pun bisa produktif,” ujar Bobby.

“Maksudnya, program yang ada haruslah bisa mengakar. Sehingga, manfaatnya bisa dirasakan hari ini dan hingga nanti, " jelasnya lagi.

Di beberapa negara, sambung dia, ada program khusus untuk lansia seperti magang. Sementara di negeri ini kegiatan magang identik dengan kaum muda atau anak-anak kuliah yang akan memasuki masa akhir pendidikan.

Selanjutnya, Bobby menuturkan saat ini pembangunan Kota Medan juga menyertakan lansia sebagai penerima manfaat. Salah satunya tergambar dengan pembangunan trotoar yang mengadopsi universal design. Jika selama ini terbilang cukup tinggi, diubah menjadi lebih rendah.

"Jadi, kita ingin pembangunan yang dilakukan bisa dinikmati semua kalangan. Sehingga, kaum lansia maupun difabel dapat merasakan pembangunan ini secara bersama-sama, " tutupnya. (*)

 

Sumber: Dinas Kominfo Kota Medan

Penulis: Donny

Editor: Indra Gunawan

Email: indragunawanku@gmail.com

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com