UINSU Golden Investment Festival Sukses Jadi Ajang Edukasi Skala Nasional

Editor: AgioDeli.id author photo

Edukasi Pasar Modal Syariah
Sesi penutup seminar nasional yang menjadi bagian dari UINSU Golden Investment Festival. FOTO: ISTIMEWA

AgioDeli.ID
Golden Investment Festival bertajuk “Youth Capital Market Evolution” sukses dihelat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) sebagai ajang edukasi skala nasional.

Predikat kegiatan skala nasional ditandai dengan keberhasilan penyelenggara menarik partisipasi sejumlah kampus di luar Sumatera Utara.

Golden Investment Festival kali ini merupakan yang kedua diselenggarakan mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (FEBI) UINSU.

Berlangsung dua hari di Kampus UINSU, Medan Estate, Senin-Selasa (14-15/11/2022), kegiatan yang mengusung misi edukasi soal investasi dan pasar modal syariah ini pun berhasil meraih dukungan penuh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan sejumlah sponsor kualifikasi nasional.

Ketua Panitia Pelaksana, Zikri Habibi Djunaidi kepada AgioDeli.ID, Sabtu (19/11/2022), mengaku amat bersyukur perhelatan Golden Investment Festival berlangsung lancar dan mendapat apresiasi positif pihak kampus maupun sponsor.

“Sebagai penanggungjawab pelaksana kegiatan, saya dan teman-teman mahasiswa FEBI yang berada di kepanitiaan mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada semua pendukung kegiatan, terutama pihak kampus. Secara khusus, kami juga menaruh hormat dan apresiasi tak terhingga kepada Dekan FEBI Bapak Dr. Muhammad Yafiz, M.Ag. yang memberi kepercayaan penuh kepada kami sebagai pelaksana kegiatan,” ungkapnya.

Terpisah, Dekan FEBI Dr. Muhammad Yafiz, M.Ag. juga mengutarakan apresiasi positif kepada mahasiswanya yang menjadi penyelenggara kegiatan. Menurut dia, kegiatan skala nasional tersebut sukses mencapai tujuannya, yakni mengedukasi generasi muda mengenai investasi dan pasar modal, terutama pasar modal syariah.

Selain diisi dengan seminar nasional, Golden Investment Festival juga menyiapkan beragam perlombaan. Sesuai dengan temanya, beragam perlombaan dikemas untuk menguji wawasan peserta mengenai perkembangan dunia investasi dan pasar modal. Di lain sisi, perlombaan tersebut bertujuan menstimulus pengetahuan anak-anak muda yang berkesempatan menjadi pengunjung.

Beragam perlombaan dimaksud adalah penulisan essay, poster infografis, cerdas cermat dan stocklab games. Stocklab games sendiri merupakan permainan kartu ciptaan OJK. Saat ini, stocklab dinilai sebagai cara paling efektif menstimulus pengetahuan para pemula di dunia pasar modal.

Berdasar lansiran laman www.stocklab.co.id, dengan permainan stocklab akan terlihat apakah seseorang lebih cocok menjadi investor atau trader/pedagang. Setiap pemain berlomba-lomba mengumpulkan aset dengan berinvestasi di beberapa sektor saham dan reksadana. Pemain dengan uang terbanyak di akhir permainanlah yang dinyatakan sebagai pemenang.

 
Para Juara

Dalam perhelatan Golden Investment Festival, predikat juara 1 hingga 3 seluruhnya diraih mahasiswa UINSU. Mereka adalah Muhammad Iqbal Suharno (1), Nurul Fadhillah (2) dan Taufik Arnanda Marpaung (3).

Untuk lomba penulisan essay, Devia Nataliani Br Sitepu juga menyabet gelar Terbaik 1. Sementara, terbaik kedua diraih Alvito Abimanyu dari Universitas Gadjah Mada (UGM) dan ketiga Mutiara Fathullaili Putri dari UPN Veteran Yogyakarta.

Juara 1 lomba desain poster infografis disabet Ridho Surya Saputra dari Upn Veteran Jakarta. Sementara, Angga Laksana dari UINSU meraih posisi kedua dan Fitria dari IAIN Langsa di posisi ketiga.

Cerdas cermat menjadi perlombaan paling diminati pengunjung. Ini lantaran penonton dapat melihat langsung keseruan peserta cerdas cermat menjawab pertanyaan dengan cepat untuk mengalahkan lawan-lawannya.

Juara pertama cerdas cermat diraih Tim Rencong dari IAIN Langsa. Juara kedua diraih Tim Arunika dari UINSU dan juara tiga Tim Sawiwid juga dari UINSU. (habib yasin)
Share:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com