Safari Ramadhan 1444 Hijriah Pemkab Sergai; Program Religi sekaligus Atasi Inflasi

Editor: AgioDeli.id author photo

Bupati Sergai H Darma Wijaya turut melayani kaum ibu yang belanja kebutuhan pangan pokok di pasar murah. Pasar murah yang diselenggarakan di pelataran masjid-masjid di Kabupaten Sergai merupakan bagian dari Program Safari Ramadhan 1444 Hijriah Pemkab Sergai.

AgioDeli.ID
Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) menggelar Safari Ramadhan 1444 Hijriah. Ini merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya.

“Safari Ramadhan ini agenda tahunan untuk meningkatkan silaturahmi dan ukhuwah Islamiyah antara Pemkab Sergai dan masyarakat,” ujar Bupati Sergai Darma Wijaya, melalui Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) H. M. Faisal Hasrimy, A.P., M.A.P.

Ditemui di ruang kerjanya, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Rabu, 5 April 2023, Faisal menjelaskan Safari Ramadhan dilakukan dari masjid ke masjid yang tersebar di 17 kecamatan se-Kabupaten Sergai.

Safari Ramadhan 1444 ini, lanjut dia, diatur mekanismenya lewat Surat Keputusan (SK) Bupati Sergai No. 147/183/Tahun 2023 tentang “Penetapan Tim Safari Ramadhan 1444 H Kabupaten Sergai Tahun 2023”.

“Dalam SK tersebut, Bupati Sergai menyusun pelaksanaan Safari Ramadhan ke dalam 3 tim yang dipimpin oleh beliau sendiri, Pak Wakil Bupati, dan saya selaku Sekdakab,” jabarnya.

Safari Ramadhan 1444 Hijriah dijalankan Bupati Sergai H Darma Wijaya sekaligus untuk bersilaturahmi dengan masyarakat dan menyalurkan bantuan kepada kalangan yang membutuhkan.


Tim I yang dipandu langsung oleh Bupati Sergai H Darma Wijaya, dijadwalkan mengunjungi 6 masjid, dari tanggal 3-8 April.

Masjid Jami’ Pekan, Desa Dolok Masihul, Kecamatan Dolok Masihul merupakan masjid pertama yang dikunjungi. Selanjutnya, Masjid Taqwa di Dusun VII, Desa Pulau Gambar, Kecamatan Serbajadi.

Kemudian, secara berturut-turut, Masjid Nurul Yakin di Dusun V, Desa Binjai, Kecamatan Tebing Syahbandar; masjid di Dusun I, Desa Bogak Besar, Kecamatan Teluk Mengkudu; masjid di Dusun I, Desa Dolok Merawan, Kecamatan Dolok Merawan; dan terakhir Masjid Wahyu Aljihad, Dusun II, Desa Marjanji, Kecamatan Sipispis.

Sedangkan Tim II yang dipimpin Wakil Bupati H. Adlin Tambunan, hadir di Masjid Amaliatul Muttaqin, Dusun Pala, Desa Melati II, Kecamatan Perbaungan. Kemudian, Masjid Al Barokah, Dusun IV, Desa Besar II Terjun, Kcamatan Pantai Cermin.

Setelah itu, rombongan Wakil Bupati berturut mendatangi Masjid Besar Jami’, Dusun IVb, Desa Suka Sari, Kecamatan Pegajahan; Masjid Al Abrar, Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah; Masjid Baiturrahim, Desa Sei Birung, Kecamatan Bandar Khalifah; dan terakhir masjid di Desa Pekan Tanjung Beringin, Kecamatan Tanjung Beringin.

Wakil Bupati Sergai H Adlin Umar Yusri Tambunan juga memimpin tim Pemkab Sergai dalam rangkaian Safari Ramadhan 1444 Hijriah. Tampak Adlin bercengkrama dengan kaum ibu yang meramaikan pasar murah di masjid-masjid yang menjadi target kunjungan dalam Safari Ramadhan.


Tim III, yang dipimpin oleh Sekdakab Sergai, dijadwal hadir di 5 masjid, yakni di antaranya Masjid Al Muttaqin di Dusun I, Desa Naga Kesiangan, Kecamatan Tebing Tinggi dan Masjid Nurul Hidayah di Dusun V, Desa Penggalangan, Kecamatan Sei Bamban.

Selanjutnya, masjid di Desa Pegajahan Kahan, Kecamatan Bintang Bayu; masjid di Dusun I Desa Banjar Godang, Kecamatan Kotarih; dan terakhir masjid di Desa Sungai Buaya, Kecamatan Silinda.

Ada beberapa hal mendasar yang menurut Sekdakab menjadi agenda penting Safari Ramadhan. Selain memperkuat silaturahmi, kegiatan ini juga merupakan upaya sungguh-sungguh Pemkab Sergai untuk mewujudkan Kabupaten Sergai yang tak hanya mandiri dan sejahtera, namun juga religius.

“Peningkatan kualitas sumber daya manusia mesti dibarengi dengan peningkatan kualitas kerohanian masyarakat. Lewat Safari Ramadan ini, aspek religius masyarakat Sergai diharapkan bisa semakin meningkat,” lanjutnya.

Faisal Hasrimy juga menuturkan, Safari Ramadhan ini juga menjadi media bagi Pemkab Sergai menyampaikan informasi pembangunan di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat.

Ia berpendapat, masyarakat perlu mengetahui apa saja yang telah dikerjakan dan apa-apa pula hasil pembangunan yang sedang dilakukan pemerintah untuk kesejahteraan masyarakatnya.

“Kita ketahui bersama, pembangunan di Kabupaten Sergai, terutama sektor infrastruktur telah melaju cukup pesat dalam waktu 2 tahun sejak Pak Bupati dan Pak Wabup menjabat. Misalnya saja pembangunan ruas jalan yang pada 2020 ada di kisaran 52 persen, meningkat drastis hingga tercatat sekarang 85 persen,” bebernya.

“Tentu masyarakat perlu tahu soal ini. Harapannya, tingkat kepercayaan publik terhadap pemerintah meningkat. Sehingga, bisa ikut berkontribusi bagi pembangunan di kabupaten tercinta kita ini,” tambahnya pula.

Selai bersilaturahmi, Pemkab Sergai menyelenggarakan Safari Ramadhan 1444 Hijriah sekaligus untuk menyalurkan bingkisan bagi kalangan masyarakat yang berhak.


Solusi Atasi Inflasi

Sekdakab kemudian mengungkap, pelaksanaan Safari Ramadhan 1444 Hijriah dilaksanakan dengan format berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Tak hanya diisi dengan silaturahmi dan tausiyah oleh penceramah, namun juga diberengi pelaksanaan program pasar murah.

Lewat pasar murah, Pemkab Sergai memberi subsidi terhadap berbagai kebutuhan pokok masyarakat. Barang-barang kebutuhan pokok dijajakan dengan harga lebih terjangkau.

Kebutuhan pokok tersebut, rincinya, terdiri dari minyak goreng kemasan 2 liter seharga Rp20 ribu, telur 15 butir Rp18 ribu, gula pasir kemasan 2 Kg dibanderol Rp20 dan terakhir beras kemasan 5 Kg Rp48 ribu.

“Harga tersebut tentu lebih terjangkau dibanding harga pasaran. Pelaksanaan pasar murah ini diharapkan dapat menjangkau masyarakat yang membutuhkan, serta memberi rasa aman dan nyaman dalam menjalankan ibadah puasa,” tambahnya lagi.

Harga kebutuhan pokok yang ditawarkan pada pasar murah lebih terjangkau lantaran mendapat subsidi. Pemkab Sergai menyelenggarakan pasar murah untuk menjamin ketersediaan bahan pokok bagi kebutuhan masyarakat. Sehingga, masyarakat lebih tenang dalam menjalankan ibadah di Bulan Suci Ramadhan 1444 Hijriah ini.  


Pasar murah ini, jabarnya pula, merupakan salah satu upaya Pemkab Sergai mengendalikan inflasi. Ia berpendapat, inflasi merupakan tantangan besar di tengah perayaan hari besar nasional, termasuk Bulan Suci Ramadhan.

“Hal ini disebabkan meningkatnya permintaan terhadap produk kebutuhan yang sering tidak dibarengi dengan tersediannya stok di pasaran,” ungkap dia.

Dengan pasar murah, Pemkab Sergai menurutnya berharap besar bisa membantu tersedianya komoditas pangan pokok yang sekaligus bisa menekan laju inflasi.

“Masyarakat tidak perlu menjalani ibadah puasa dalam kondisi khawatir. Apalagi, saat ini adalah momentum nasional untuk memulihkan ekonomi pasca pandemi Covid-19,” tandasnya. ***

Sekda Kabupaten Sergai H. M. Faisal Hasrimy, A.P., M.A.P. menyalurkan santunan bagi anak yatim dan fakir dalam kegiatan Safari Ramadhan 1444 Hijriah Pemkab Sergai.

 

Pengolahan data dan penyajian informasi ini merupakan hasil kerjasama AgioDeli.ID dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Serdang Bedagai, penulis: Sari Mahdini.

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com