Loloskan Penyandang Disabilitas, Timsel Zona III Bawaslu Sumut Tuai Apresiasi

Editor: Donny author photo

Ifrizal salah seorang penyandang disabilitas yang mengikuti seleksi calon komisioner Bawaslu Kabupaten Serdang Bedagai

AgioDeli.id
- Tim Seleksi (Timsel) Bawaslu Kabupaten Kota di Sumut Zona III meliputi Kota Medan, Kabupaten Deliserdang, Kabupaten Serdang Bedagai, Kota Tebingtinggi dan Kabupaten Labuhan Batu, telah mengumumkan nama-nama calon anggota Bawaslu. Pengumuman yang dirilis tercantum pada nomor 013/Sumut Zona III/07/2023. Berdasarkan pengumuman tertanggal 13 Juli 2023 yang ditandatangani oleh ketua Tim Seleksi Prof Dr Madin Gultom dan sekretarisnya Anwar Saragih, terdapat nama Ifrizal yang merupakan penyandang disabilitas. 

“Saya tentu mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan oleh timsel untuk saya. Dengan kondisi saya saat ini, tentu ini menjadi penyemangat buat saya,” kata Ifrizal, Kamis, 20 Juli 2023. 

Ifrizal yang pernah menjadi anggota Panwaslu Kabupaten Serdang Bedagai pada Pileg dan Pilpres 2014 ini berharap kelompok disabilitas akan mendapatkan kepercayaan dari timsel dan Bawaslu RI untuk ikut berperan menjadi penyelenggara Pemilu.

“Saya yakin akan mampu walaupun saya harus berjalan dengan alat bantu. Tapi saya yakin akan bisa bekerja dengan baik dan menjadi penyelenggara pemilu yang berintegritas. Semoga timsel dan Bawaslu memberi kepercayaan,” kata Ifrizal lagi. 

Sebelumnya Ketua Bawaslu Rahmat Bagja menyatakan Pemilu 2024 mendatang tidak menutup kemungkinan penyelenggara pemilu ada dari penyandang disabilitas. Maka itu, dia menyampaikan menjadi tugas Bawaslu untuk memastikan sarana prasarana yang baik untuk penyandang disabilitas.

"Saya kira dengan situasi sekarang kita bisa membantu mewujudkan lingkungan yang teman-teman disabilitas bisa melakukan tugas dan fungsi sebagai penyelenggara pemilu," jelasnya dalam Kuliah Umum Universitas Diponegoro secara daring, Kamis (26/5/2023) lalu . 

Bagja menyadari banyak rintangan dan keterbatasan bagi para penyandang disabilitas untuk menjadi penyelenggara pemilu. Meski demikian, dia menyatakan Bawaslu akan mempersiapkan lingkungan yang aman dan nyaman untuk para penyandang disabilitas.

"Ada disabilitas netra, teman Tuli masing-masing teman-teman disabilitas itu kan treatment-nya akan berbeda. Ini sedang kita persiapkan karena ada yang lingkungan sudah siap menerima penyelenggara disabilitas ada yang belum ini sedang kita kembangkan," terang magister lulusan Utrecht University, Belanda itu.

Berikut 20 nama calon anggota Bawaslu Kabupaten Serdangbedagai yang dinyatakan lulus.

1. Bambang Dena Sastra

2. Rico Ari Hartanta Munthe

3. Christopel Budianto gultom

4. Erwin Syahputra Saragih

5. Handi Gunawan

6. Apner Sinaga

7. Susanti Gultom

8. Sarwo Edi Subowo

9. Hendra Prasetyo Hutajulu

10. Agus Syahputra

11. Indra Gunawan

12. Try Indra Maulana

13. Dedi Hermawan

14. Bahrum Siregar

15. Syamsul Bahri

16. Ifrizal

17. Ahmat

18. Badrun

19. Agusli Matondang

20. Adi Syahputra Purba

Nama-nama peserta yang lulus tersebut akan mengikuti Tes Kesehatan pada 14-18 Juli 2023. Kemudian mereka akan mengikuti tes wawancara pada 17-21 Juli 2023. Selama proses ini, tim seleksi juga membuka kesempatan bagi masyarakat untuk memberikan tanggapan tertulis terkait para calon tersebut. (donny)

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com