PLN UID Sumut Siap Jaga Keandalan Listrik di Malam Pergantian Tahun

Editor: Donny author photo

Senior Manager Komunikasi, Keuangan dan Umum PLN UID Sumut, Rizal Sirait (tengah) didampingi Manager Sub Bidang Operasi Distribusi, Henko Zuhriyadi (kanan) dan Ass Manager Komunikasi dan Management Stakeholder, Yudhistira

AgioDeli.id
- PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumut menegaskan kesiapan untuk keandalan listrik di perayaan malam pergantian tahun 2024 mendatang.

Hal ini ditegaskan, Senior Manager Komunikasi, Keuangan dan Umum PLN UID Sumatera Utara, Rizal Sirait kepada wartawan dalam pertemuan di Ruang Rapat Sibayak, PLN UID Sumut, Kamis, 28 Desember 2023.

"Untuk kesiapannya, kita sudah menyiagakan berbagai aspek untuk keandalan listrik di 659 gereja serta 30 venue pada perayaan Malam Tahun Baru 2024 nanti," jelasnya didampingi Assistant Manager Komunikasi dan Management Stakeholder, Yudhistira, serta Manager Sub Bidang Operasi Distribusi Henko Zuhriyadi.

Dijelaskan Rizal, selama Nataru tahun ini, PLN UID Sumut sendiri sudah menyiagakan, 10 UP3, 67 UPL, 53 Gardu Induk serta 2.734 personel pelayanan teknis (Yantek) dalam menjaga keandalan listrik pada Nataru. "Selain itu juga disiagakan 3 unit UKB, 5 tim PDKB dan 72 Unit UGB," terangnya.

Sedangkan terkait berbagai kerusakan yang terjadi akibat bencana alam yang belakangan ini terjadi di wilayah Sumatera Utara, Rizal Sirait melalui Henko Zuhriyadi menjelaskan, seluruh kerusakan yang terjadi sudah dipulihkan 100%.

"Untuk kerusakan seperti yang terjadi di Mandailing Natal dengan tumbangnya 8 tiang, saat ini seluruhnya sudah dipulihkan mencapai 100%," jelasnya.

Selain itu, untuk antisipasi kejadian serupa, PLN menurut Henko juga sudah melakukan berbagai tindakan dengan menyiapkan personel dan alat-alat antisipasi di daerah-daerah rawan bencana tersebut.

Sementara itu, dijelaskan Rizal Sirait, saat ini PLN juga terus meningkatkan koordinasi dengan Polda Sumut, terkait penambangan Bitcoin yang belakangan bermunculan dan mengakibatkan kerugian miliaran rupiah dialami PLN.

"Selain dengan Polda Sumut, kita juga sedang melakukan koordinasi dengan POM TNI dalam penanganan masalah Bitcoin ini. Untuk kerugian totalnya belum bisa dijelaskan karena saat ini petugas P2TL masih bekerja di lapangan untuk terus mengecek apakah ada penambangan Bitcoin lain," jelasnya.

Terakhir, Rizal menegaskan, PLN UID Sumut juga sedang mempersiapkan diri menjaga keandalan listrik untuk penyelenggaraan PON Sumut-Aceh 2024 mendatang. Menurutnya, PLN sudah menyiapkan berbagai berbagai sarana, khususnya jaringan bagi venue 34 cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Sumut.

"Kita sudah siap, hanya menunggu dari penyelenggara venue-venue mana saya yang kita bangunan jaringan listriknya," tutupnya. (donny)

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com