Sergai Jadi Lokasi Kemah Wisata Menulis & YouTuber Nusantara

Editor: AgioDeli.id author photo

YouTuber Nusantara
Pimpinan Pena Writing School Ahmad Bahar (kiri) bersama tim saat berarung jeram di Sungai Bahbolon, Kec.Sipispis, Kabupaten Sergai, baru-baru ini. FOTO: ISTIMEWA

AgioDeli.ID
Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menjadi lokasi Kemah Wisata Menulis & YouTuber Nusantara.

Para peserta Kemah Wisata Menulis & YouTuber Nusantara akan berkreasi di sejumlah objek wisata viral di kabupaten berjuluk Tanah Bertuah Negeri Beradat. Utamanya, objek wisata arung jeram di Kecamatan Sipispis.

Perhelatan Kemah Wisata Menulis & YouTuber Nusantara ini dipersiapkan berlangsung tiga hari, yakni 7 hingga 9 Januari 2023. Kegiatan ini merupakan persembahan Pena Writing School, bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Sergai.

Pimpinan Pena Writing School Ahmad Bahar, Minggu (18/12/2022), menuturkan kegiatan Kemah Wisata Menulis & Youtuber Nusantara itu dirajut dengan tema "Aku Penulis dan Yautuber Cilik Cinta Tanah Air".

Lapangan Desa Wisata Buluh Duri, Kecamatan Sipispis, akan menjadi lokasi berkemah para peserta. Selain akan berkreasi mengeksplorasi objek wisata arung jeram, menurut Ahmad Bahar, para peserta juga akan menjadikan tempat-tempat bersejarah di Sergai, perkebunan/persawahan, Kantor Bupati, Polres dan DPRD Sergai sebagai objek belajar untuk menghasilkan karya tulis dan konten-konten kreatif.

“Kegiatan ini menyasar peserta pelajar SD dan SMP serta SMA sederajat, baik yang berasal dariSergai maupun dari kabupaten/kota lainnnya di Indonesia. Mereka akan berkemah, bermain, berwisata sekaligus belajar,” ungkap Ahmad Bahar.

“Adapun materi pendidikan dalam bidang menulis, di antaranya mengenal dunia penulis dan wartawan cilik, belajar wawancara dengan para tokoh, belajar membuat berita dan menulis buku,” lanjutnya.

Sedangkan di bidang konten kratif, ungkapnya pula, para peserta akan mendapatkan pendidikan dasar menjadi konten kreator, menemukan ide, menghasilkan konten unik dan menarik serta dimotivasi menjadu YouTuber nomor wahid.

"Rencananya, dalam kegiatan ini akan digelar praktik wawancara dengan sejumlah nara sumber berkaliber nasional. Para nara sumber yang dipersiapkan adalah Kapolri, Menpakeraf, penulis cilik nusantara, YouTuber cilik nusantara, Bupati Sergai, Kapolres Sergai, Ketua DPRD Sergai dan Wali Kota Medan," sebut Ahmad Bahar.

Kegiatan ini menurutnya bertujuan meningkatkan life skill anak dalam menulis dan menghasilkan konten-konten kreatif sejak dini. Dia meyakini wisata menulis merupakan sarana yang dapat mewadahi bakat, minat serta mengasah potensi anak.

"Untuk informasi lebih lanjut bisa dilihat pada akun media sosial Twitter @kemahwisata, Instagram @kemahwisata menulis, Facebook kemahwisatamenulis, email kemahwisatamenulis@gmail.com, Tiktok kemahwisata123 atau dapat menghubungi nomor kontak 082163185396 dan 0819 9153 7833," pungkas Ahmad Bahar. (sarimahdini)

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com