Bazar Kampung Ramadhan Sergai, Akselerasi UMKM di Momen Ramadhan 2023

Editor: AgioDeli.id author photo

Bupati Sergai H Darma Wijaya mengunjungi salah atu stand di Bazar Kampung Ramadhan. Kegiatan di Kompleks Masjid Agung Sergai ini dipersiapkan untuk mengakselerasi geliat UMKM di momenturm Ramadhan 2023.

AgioDeli.ID
Akselerasi momentum Ramadhan 2023 dengan geliat usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) hadirkan Bazar Kampung Ramadhan.

Bagi umat Islam, momen Ramadhan begitu dinanti. Pasalnya, Ramadhan merupakan bulan kebaikan. Terbuka pintu taubat dan penghapusan dosa, sementara amal ibadah dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT.

Dalam hadist yang diriwayatkan oleh An Nasa’i dinyatakan, "Barang siapa yang bergembira akan hadirnya bulan Ramadhan, jasadnya tidak akan tersentuh sedikit pun oleh api neraka."

Artinya, bergembira menyambut Ramadhan saja sudah mendapat ganjaran yang besar, yaitu dijauhkan dari api neraka.

Amalan istimewa yang datang bersamaan dengan Ramadhan adalah puasa. Puasa wajib di Bulan Ramadhan merupakan salah satu rukun Islam.

Dalam Surat Al Baqarah ayat 183, Allah SWT berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Di lain sisi, Ramadhan juga menghadirkan dampak positif secara ekonomis. Selama Ramadhan, permintaan akan beberapa produk menjadi sangat tinggi.

Setiap Ramadhan tiba, permintaan akan sembako meningkat tajam. Begitu juga dengan busana muslim dan perlengkapan sholat, kurma, buah-buahan, kue-kue kudapan berbuka hingga kue-kue khas lebaran.

 

Pengunjung Bazar Kampung Ramadhan tampak antusias menyaksikan Pentas Seni Remaja Islami Dambaan.

Ramadhan Penuh Berkah

Tak dapat dipungkiri, kedatangan Ramadhan menjadi momen kebangkitan UMKM. Masyarakat pelaku UMKM pun berupaya meningkatkan produksi untuk meraih keuntungan.

Seiring itu, pedagang takjil dadakan juga tumbuh di mana-mana. Banyak pekerja informal beralih menjadi pedagang takjil (makanan berbuka puasa) hingga menjelang Idul Fitri.

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemkab Sergai mencatat, UMKM yang mendapatkan momentum meningkatkan produksi di Bulan Ramadhan umumnya adalah UMKM kuliner, kerajinan dan konveksi yang selaras dengan kebutuhan Ramadhan serta Idul Fitri.

Dalam upaya mendukung aktivitas pelaku UMKM meningkatkan pendapatan, Pemkab Sergai menggelar Bazar Kampung Ramadhan yang dipusatkan di Kompleks Masjid Agung Sergai.

Bazar Kampung Ramadhan dibuka pada puasa kedua, Jumat, 24 Maret 2023 oleh Bupati Sergai Darma Wijaya. Sontak ini menambah kemeriahan Ramadahan di kabupaten berjuluk “Tanah Bertuah Negeri Beradat”.

Sejak dibuka, Bazar Kampung Ramadhan langsung disambut antusias masyarakat. Mereka ramai-ramai ngabuburit di Kompleks Masjid Agung Sergai, menunggu bedug dan menikmati ragam takjil yang tersaji dengan harga terjangkau.

Tak hanya warga Sergai yang datang, tetapi juga warga dari luar. Sebagian dari mereka mengkhususkan diri untuk datang, sebagian lagi singgah menunggu waktu berbuka puasa, sebelum melanjutkan perjalanan.

Bazar Kampung Ramadhan sukses menjadi lokasi persinggahan menunggu bedug Maghrib lantaran posisi strategis Kompleks Masjid Agung Sergai. Betapa tidak, masjid ini persis berada di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) dan berseberangan dengan pintu Tol Teluk Mengkudu.

"Pelaksanaan Bazar Kampung Ramadhan ini dimulai 24 Maret hingga 17 April 2023, dengan melibatkan pelaku UMKM Sergai,” kata Bupati Darma Wijaya saat hadir meresmikan kegiatan tersebut.

“Hal ini merupakan salah satu bentuk dukungan Pemkab Sergai terhadap kebangkitan UMKM yang bertujuan meningkatkan pendapatan sekaligus menyemarakkan Bulan Suci Ramadhan," tambahnya.


Bupati Sergai H Darma Wijaya menekankan agar Ramadhan 2023 betul-betul menjadi momentum kebangkitan UMKM, setelah dua tahun berturut dilanda kelesuan akibat pandemi Covid-19.

Tak sekadar menyediakan lokasi berdagang bagi UMKM di Bazar Kampung Ramadhan, Pemkab Sergai juga menyelenggarakan Tarawih berjamaah di Masjid Agung Sergai yang melibatkan seluruh aparatur sipil negara (ASN) lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Sergai.

Hal tersebut tentu menjadi garansi bahwa Bazar Kampung Ramadhan akan selalu ramai pengunjung. Harapannya, UMKM yang terlibat di kegiatan itu mendapat manfaat untuk pengembangan usahanya ke depan.

“Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang ikut andil menyukseskan Bazar Kampung Ramadhan. Harapan kita bersama, semoga UMKM terus bangkit dan masyarakat makin sejahtera," ungkap Bupati Sergai.

Momen Ramadhan 2023 ini menurutnya harus benar-benar dimanfaatkan untuk kebangkitan UMKM. Sebelumnya, selama dua tahun berturut, masyarakat harus melewati Ramadhan dengan pembatasan ketat akibat pandemi Covid-19.

Tahun ini, masyarakat kembali bisa menjalani Ramadhan dengan seperti sedia kala, termasuk dalam kegiatan di luar peribadahan. Tentu, ini menambah gairah masyarakat dalam menjalankan ibadah dan menyambut datangnya Idul Fitri.

Dilihat sepintas dari Jalinsum, kemeriahan Bazar Kampung Ramadhan tidaklah kentara. Itu lantaran luasnya areal pekarangan Masjid Agung Sergai yang dilengkapi miniatur Ka’bah.

Jika memasuki kompleks masjid, barulah tampak tenda-tenda berjajar rapi. Tak tenda-tenda pelaku UMKM yang dapat menarik perhatian, tetapi ada pula panggung yang diisi “Pentas Seni Islami Remaja Dambaan”.

Pentas seni yang menghadirkan ragam perlombaan bernuansa Islami cukup menyita perhatian pengunjung Bazar Kampung Ramadhan. Peserta lomba berasal dari pelajar se-Kabupaten Sergai.

Fira dan Ardi, warga Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah yang turut serta mengisi stand bazar menyampaikan rasa syukur lantaran omset dagangannya sangat memuaskan.

“Alhamdulillah, sejak dibuka Bazar Kampung Ramadhan cukup ramai. Apalagi, akhir-akhir ini cuaca sangat terik, jadi jualan kami sangat diminati pembeli,” Fira, yang bersama Ardi menyajikan “Chatime”, salah satu jenis minuman kekinian yang digandrungi remaja.

Tak lupa keduanya menyampaikan terimakasih kepada Pemkab Sergai yang telah memfasilitasi tempat untuk pelaku UMKM, khususnya kuliner untuk berjualan selama Ramadhan. Akhirnya, momen Ramadhan 2023 ini membuka kesempatan bagi mereka untuk meningkatkan pendapatan keluarga. ***

 

Pengolahan data dan penyajian informasi ini merupakan hasil kerjasama AgioDeli.ID dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Serdang Bedagai, penulis: Sari Mahdini.

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com