Perlindungan Taman Budaya Tengku Amir Hamzah, Robert Situmorang: Parpol Harus Tunjukkan Respons

Editor: AgioDeli.id author photo

Mantan Ketum Badko HMI Sumatera Utara
Budayawan Tengku Zainuddin (kiri) berdiskusi intens untuk perlindungan Taman Budaya Tengku Amir Hamzah bersama mantan Ketum Badko HMI Sumatera Utara, Robert Situmorang dalam sebuah kesempatan di Medan, Kamis, 11 Mei 2023. FOTO: AgioDeli.ID/istimewa

AgioDeli.ID
Upaya perlindungan atas eksistensi dan fungsi sosial Taman Budaya Tengku Amir Hamzah menuai respons positif dari aktivis ’98 yang juga mantan Ketua Umum Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (Badko HMI) Sumatera Utara, Robert Situmorang.

“Ini tahun politik. Semestinya, partai politik di Langkat menggunakan kepekaannya untuk ikut merespons upaya perlindungan atas eksistensi dan fungsi sosial Taman Budaya Tengku Amir Hamzah, yang kini tengah diseriusi teman-teman aktivis kebudayaan,” ungkap Robert dalam perbincangan di Medan, Kamis, 11 Mei 2023.

Robert mengaku intens berkomunikasi dengan Budayawan Tengku Zainuddin yang menginisiasi gerakan perlindungan atas taman yang berada di Kota Stabat, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara tersebut.

Sebagai sebuah aset kebudayaan yang penamaannya dihubungkan dengan pahlawan nasional Tengku Amir Hamzah, menurutnya, keberadaan Taman Budaya Tengku Amir Hamzah harus mendapat perlindungan komprehensif.

“Sehingga fungsinya terjaga. Tak sekadar ada, tanpa fungsi terarah. Sekali lagi, partai politik dan juga pemerintah harus peka,” tambah Robert.

Perlindungan atas Taman Budaya Tengku Amir Hamzah, lanjut dia, sejalan dengan amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Merujuk itu, dia pun menegaskan perlindungan terhadap taman tersebut merupakan sebuah keharusan.

“Saya kenal Bang Tengku. Jauh sebelum Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 terbit dan diundangkan, Bang Tengku sudah konsisten dengan gerakan menabur nilai untuk pemajuan kebudayaan,” pungkasnya.

Di kesempatan sama, Tengku Zainuddin membeber progres upaya yang dilakukan pihaknya terkait perlindungan Taman Budaya Tengku Amir Hamzah. Didukung Yayasan Kompak Langkat, komunikasi dengan perpanjangan tangan partai di lembaga legislatif menurutnya sedang berjalan.

“Studi pustaka juga sedang berjalan. Ke depan, kita berharap dukungan kalangan legislatif untuk melahirkan produk hukum yang relevan untuk perlindungan Taman Budaya Tengku Amir Hamzah,” tegasnya. ***

 

Penulis: Indra Gunawan

E-Mail: indragunawanku@gmail.com

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com