Tim PPK Ormawa BEM FP UTU Selenggarakan Penebaran Bibit Ikan Lele Sangkuriang di Gampong Meureubo

Editor: Donny author photo

Penebaran bibit Lele Sangkuriang oleh Tim Ormawa BEM FP UTU di Gampong Meureubo 

AgioDeli.id
- Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) dari Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Teuku Umar bersama masyarakat Gampong Meureubo menyelenggarakan kegiatan "Penebaran Bibit Ikan Lele Sangkuriang" Kamis, 14 September 2023 kemarin.

Dalam kegiatan ini turut hadir Wakil Dekan I Fakultas Pertanian Universitas Teuku Umar (UTU), Ketua Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Ketua Program Studi Sumber Daya Akuatik, Camat Meureubo, Geuchik & Perangkat Gampong Meureubo, POKDAKAN Gampong Meureubo, Dinas Kelautan & Perikanan Kab. Aceh Barat, BEM FP UTU, PT MIFA Bersaudara Kab. Aceh Barat dan PT Tani Bakti Fulan Mandiri (Rumoh Lele).

Kegiatan ini sendiri terlaksana atas komitmen Tim PPK Ormawa BEM FP UTU bersama masyarakat untuk pengembangan potensi Gampong Meureubo guna peningkatan kualitas perekonomian masyarakat melalui program smart farming melalui pembuatan Bioflol, LEISA, Aquaponik, Rumah Bibit Sederhana, Produk Turunan Ikan Asap dan Pemasaran Melalui Digital Marketing.

"Melalui program ini, kami tim PPK Ormawa BEM FP UTU ingin ikut serta berperan mendorong masyarakat Gampong Meureubo dalam mengembangkan potensi yang dimilik dengan memaksimalkan pemanfaatan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusianya, sehingga adanya kegiatan produksi untuk meningkatkan produktivitas Gampong Meureubo dan harapan kami kegiatan ini bersifat keberlanjutan serta mendapatkan dukungan dari instansi yang hadir agar harapan kita dapat terwujud," ujar Cut Linda Nazhari, Ketua Tim Pelaksana PPK Ormawa BEM FP UTU. 

Sementara itu, Dedy Darmansyah, SP., MSi selaku dosen pendamping lapangan menyampaikan bahwa Tim PPK Ormawa BEM FP UTU sudah sepakat dan berkomitmen hingga kegiatan tuntas untuk menfasilitasi masyarakat baik dalam kegiatan pelatihan ataupun sebagai narasumber. 

Sedangkan Keuchik Gampong Meureubo, Rusli mengaku, masyarakat berkeinginan meningkatkan potensi baik sumber daya alam dan sumber daya manusia, namun masyarakat belum memiliki pemahaman dan tidak adanya yang memfasilitasi untuk mengembangkan usahanya. Maka dari itu, ia sangat mengapresiasi dan sangat terbantu dengan adanya program mahasiswa PPK Ormawa BEM FP UTU. 

"Selama kegiatan PPK Ormawa BEM FP UTU ini kami sudah sering berdiskusi bersama adik-adik mahasiswa, jujur kami sendiri masih sangat minim dalam pemahaman bidang akademik dan lainnya, dengan adanya dukungan dari mahasiswa maupun dosen UTU diharapkan usaha masyarakat akan ada media pengembangan dan juga masyarakat sangat antusias berpartisipasi dalam setiap kegiatan dan dengan adanya kegiatan penebaran bibit ikan ini juga menjadi wadah silaturahmi antara gampong dengan beberapa instansi. Kami memohon untuk dari pihak-pihak instansi yang hadir untuk dapat ikut serta membantu dalam kegiatan peningkatan pertumbuhan perekonomian masyarakat kami di Gampong Meureubo baik dari PT Mifa, Dinas Kelautan & Perikanan, UTU, Camat, Dan lainnya agar terus berkelanjutan kegiatan ini kedepannya," ujar Muhammad Daud selaku Sekretaris Desa di Gampong Meureubo.

Camat Kecamatan Meureubo yang juga hadir dalam kegiatan penebaran bibit ikan lele sangkuriang merasa bangga dan salut dengan mahasiswa UTU yang sangat peduli kepada masyarakat. 

Sedangkan Kepala Dinas Keluatan & Perikanan Kab Aceh Barat, Erni Wanti, S.H., MSi  juga turut hadir dalam kegiatan ini berharap agar kegiatan seperti ini bisa terus berlanjut dan memunculkan manfaat bagi warga Gampong Meureubo

Terakhir, dari PT MIFA Bersaudara Kab. Aceh Barat yang ikut berpartisipasi hadir dalam kegiatan penebaran bibit ikan Lele Sangkuriang memberikan apresiasi atas apa yang sudah dilakukan Tim PPK Ormawa BEM FP UTU.

"Kami berharap kedepan UTU bisa bersinergi dengan program One Village One Product (OVOP) CSR PT Mifa dan Dinas Perikanan dan Dinas Pertanian, khususnya di gampong-gampong binaan kami," ujar Azizon Nurza selaku Pimpinan (Group Head CSR, External Realtions dan Corporate Communication) PT MIFA Bersaudara Kab. Aceh Barat. (habib)


Share:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com