Kemenaker Sertakan Sergai dalam Program Perluasan Kesempatan Kerja

Editor: AgioDeli.id author photo

Kemenaker
Wakil Bupati Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, S.T., M.S.P. (kanan) menerima SK Penetapan Lokasi Perluasan Kesempatan Kerja Tahun 2022 dari Menaker Dr. Hj. Ida Fauziah, M.Si. FOTO: ISTIMEWA

Agio
Deli.ID Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) menyertakan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) sebagai salah satu dari 16 daerah perluasan kesempatan kerja.

Penyertaan Kabupaten Sergai dalam Program Perluasan Kesempatan Kerja itu secara resmi berlangsung bersamaan dengan Rembuk Nasional. Bersama 15 kepala daerah lainnya, Wakil Bupati Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, S.T., M.S.P. menerima SK Penetapan Lokasi Perluasan Kesempatan Kerja Tahun 2022 dari Menaker Dr. Hj. Ida Fauziah, M.Si. di Pullman Hotel Central Park, Jakarta, Jumat (11/11/2022).

Sesuai pernyataan Menaker Ida Fauziah, ujar Adlin Umar Yusri Tambunan dalam kesempatan tersebut, penentuan lokasi Kegiatan Perluasan Kesempatan Kerja Berbasis Kawasan dilakukan berdasarkan beberapa kriteria. Kriteria dimaksud tercantum dalam Keputusan Menteri Nomor 38 Tahun 2022.

Adapun kriteria dimaksud adalah kawasan wisata super prioritas, daerah terluar, terdepan, dan tertinggal (3T), kawasan perkotaan, kawasan berbasis potensi unggulan daerah, berbasis afirmasi, daerah kantong pekerja migran Indonesia, daerah dengan tingkat pengangguran tinggi dan kemiskinan ekstrim, dan daerah rawan bencana. 

Dirinya menjelaskan, kegiatan perluasan kesempatan kerja berbasis kawasan ini sudah dimulai sejak 2021 di beberapa daerah lain. Pemilihan Kabupaten Sergai dan 15 daerah lainnya didasarkan pada karakteristik dan kekhasan masing-masing. Ini, sebutnya, merupakan tolok ukur dan model pengembangan perluasan kesempatan kerja pada rentang tiga tahun mendatang hingga tahun 2024.

“Ibu Menteri menyampaikan kalau program tersebut memiliki bermacam manfaat yang sangat baik. Utamanya dalam pembangunan ketenagakerjaan dan menciptakan alternatif peluang untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kerakyatan di masing-masing kawasan,” terang Wakil Bupati yang hadir didampingi Kadis Nakerkop Sergai, Drs. Fajar Simbolon, M.Si.

 

Bekerjasama dengan Tim IPB

Dalam hal ini, lanjut Adlin,  Kemenaker bekerjasama dengan Tim Institut Pertanian Bogor (IPB) dan didampingi Dinas Ketenagakerjaan Koperasi dan Usaha Mikro (Disnakerkop) Sergai telah melakukan survei di Sergai, tepatnya di Kawasan Sungai Bahbolon pada 2-5 Juni 2022. Setelah itu, Sergai dinilai representatif untuk turut serta dalam Program Perluasan Kesempatan Kerja.

Implementasi program ini, menurutnya sangat membutuhkan kolaborasi, baik dari pemerintah daerah, akademisi maupun stakeholder lainnya. “Program baik ini wajib dijalankan dengan sinergi dan kolaborasi seluruh pihak terait,” tandas dia.

Selain Sergai, 15 kabupaten/kota yang masuk dalam program ini adalah Kabupaten Bener Meriah, Kabupaten Lebak, Kota Pangkal Pinang, Kabupaten Pringsewu, Kota Jakarta Timur dan Kota Jakarta Selatan, Kabupaten Katingan, Kabupaten Nunukan, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kabupaten Gianyar, Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Morowali Utara, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Teluk Bintuni. (sarimahdini)

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com